Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faedah Mempelajari Ilmu Fiqih

Supaya lebih paham apa faedah mempelajari ilmu fiqih, maka kita mesti tahu dahulu apa itu fiqih. Kata fiqih secara etimologis berasal dari kata فقها yang merupakan masdar dari fiil madhi faqiha dan fiil mudhari yafqahu yang berarti paham.

Selain itu ada pandangan bahwa fiqih memiliki arti pengertian yang mendalam untuk hingga pada hal itu, perlu untuk mengerahkan ideijtihad (secara serius). Kedua makna fiqih ini digunakan oleh para ulama dan masing-masing mempunyai alasan berpengaruh.

Kata fiqih juga dipakai untuk memperlihatkan pengertian wacana sesuatu, baik zvahir maupun asumsi. Kata fiqih berkembang di kelompok ulama utamanya yang berarti pengertian yang mendalam.

Orang yang memiliki pengertian mendalam perihal fiqih disebut faaqih. Kata fuqaha atau yang seimbang dengannya timbul dalam Al Alquran 20 kali yang sebagian besar merujuk pada makna pemahaman yang mendalam.

Fiqih yaitu hasil kreativitas mujtahid dalam menggali argumen tentang dilema hukum baik yang terkandung dalam Al-Alquran dan Sunnah, jadi tidak diperoleh melalui taqlid. Di segi lain, tidak dibilang fiqih sewaktu mengetahui aturan Allah lewat ketentuan yang tergolong dalam pembagian terstruktur mengenai ma 'lum bi al-dharurah.

Umala Syaf'iyaah mendefinisikan bahwa fiqih yakni pengetahuan aturan syariah amaliyah diperoleh lewat argumen terang. Sedangkan Hanafiyah mendefinisikan fiqih adalah pengetahuan seseorang ihwal hak dan kewajibannya.

Ulama Syafi'iyah muta'akhirin seperti Imam al-Ghazali memperlihatkan definisi fiqih yaitu sumber pengetahuan wacana darul baka. Fiqih selaku hasil dari ijtihad mujtahid bisa diubah, beragam dan dikembangkan oleh para mujtahid selanjutnya.

Kemungkinan adanya perubahan dalam fiqih ini menggambarkan elastisitasnya. Fiqih mempunyai relativitas dari sisi terhadap siapa fiqih dikaitkan (dianggap berasal), apakah dari Imam Syafi'i, Abu Hanifah dan Imam Malik.

Relativitas dapat diperhatikan dari wilayah kawasan ilmu fiqih itu lahir, dari Madinah, Irak, Andalusia dan kawasan lainnya. Meskipun fiqih ialah zhan, namun itu mesti dipraktikkan oleh mujtahid yang melahirkannya dan yang meyakininya.



Mаnfааt Ilmu Fіԛіh

Manfaat utama fiqih yakni untuk bisa menerapkan aturan Syariah untuk semua perbuatan dan perkataan mukallaf. Fiqih ialah contoh bagi para hakim dalam memutuskan keputusan dan menjadi bimbingan bagi para mufti dalam mempublikasikan fatwa. Faktanya, fiqih merupakan panduan berguna bagi setiap orang yang beriman dan memutuskan aturan kata-kata dan perbuatannya saban hari.

Mаnfааt Mеmреlаjаrі Ilmu Fіԛіh

Menurut Irmаn Sіѕwаntо, mempelajari ilmu fiqih mampu berkhasiat dalam menawarkan pengertian ihwal berbagai aturan secara mendalam. Dengan itu kita mengetahui aturan secara rinci perihal keharusan dan tanggung jawab insan terhadap yang kuasa mereka, hak dan kewajiban dalam rumah tangga dan di penduduk untuk mengetahui bagaimana bersuci, sholat, zakat, puasa, naik haji, akad nikah, perceraian, rekonsiliasi, warisan dan yang lain.

Mempelajari ilmu fiqih juga berkhasiat selaku tolok ukur untuk bertindak dalam kehidupan dengan mengenali bahwa kita tahu mana langkah-langkah wajib, sunnah, mubah, makruh, haram, sah, tidak valid. Dengan mengetahui ilmu fiqih kita menjajal untuk bertingkah mendapat ridha Allah.


Sementara itu, manfaat mempelajari ilmu fiqih berdasarkan Brаіnlу antara lain :
- selaku fondasi awal dalam melaksanakan ijtihad
- meningkatan pengetahuan ihwal Islam
- bisa menerapkan banyak sekali bentuk aturan Islam dengan benar
- bisa melaksanakan penerapan aturan sesuai dengan syariah
- mampu menghindari berbagai bentuk taqlid yang tidak benar
- menguatkan kepercayaan dalam banyak sekali bentuk aturan Syariah
- mengetahui metode yang dikerjakan mujtahid dalam membentuk aturan syariah
- mengenali perbandingan yang ada di antara madzhab fiqih

Sementara itu menurut Pоnреѕ Dаrul Hіjrаh, dibawah ini faedah mempelajari ilmu fiqih yaitu :

Mеmеnuhі Pеrіntаh-реrіntаh Allаh dаn Rаѕul
Allah Ta'ala lewat sabda Rasul-Nya telah memerintahkan kita untuk mencar ilmu dan utamanya untuk mempelajari ilmu-ilmu agama. Hal ini sesuai dengan ayat yang pertama kali diperkenalkan kepada Rasulillah dikala di gua Hira.

Rasulullah juga berdoa supaya beberapa sahabatnya secara khusus bisa memahami dalam mengeksplorasi pengetahuan agama. Beliau juga memberikan bahwa mempelajari pengetahuan yakni wajib bagi laki-laki dan perempuan muslim.

Mеnуеlеѕаіkаn dіlеmа аgаmа
Ilmu fiqih ialah studi ihwal bagaimana aturan dipraktikkan secara mudah. Di dalamnya ada juga aturan atau formula yang sudah disusun oleh para ulama sebelumnya untuk memudahkan penentuan hukum dan mencari penyelesaian.

Mеndараtkаn kеbаіkаn dаn dеrаjаt dаrі Allаh
Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan para imam Muslim mengatakan bahwa siapa pun yang diharapkan oleh Allah, maka ia akan mengerti dalam urusan agama. Jika teorinya dibalik, maka jikalau kita menjajal mempelajari ilmu agama, maka pada kesannya kita akan memahaminya dan kebaikan dariAllah akan turun terhadap kita.

Selain itu, Allah juga berjanji bahwa mereka yang mempunyai pengetahuan, maka derajatnya lebih tinggi dari mereka yang tak memiliki pengetahuan. Dan hal ini termasuk dalam kebaikan yang memudahkan kita menuju surga.

Sеlаmаt dаrі рrаktіk уаng tіdаk bеrgunа
Pekerjaan sia-sia bermakna amal yang tidak memiliki nilai, dan itu akan tidak berfaedah walaupun kita kesulitan dalam melakukannya. Utusan Allah sudah menyatakan bahwa setiap praktik yang tidak memiliki dasar aturan, maka praktik tersebut ditolak dan tidak mampu diterima.

Tetapi dengan mengetahui ilmu fiqih dan mengetahui dasar hukumnya, maka tindakan yang kita kerjakan akan bisa dipertanggungjawabkan.

Mеnсеgаh реrресаhаn
Perbedaan usulan wacana huku foqoh ini tidak dapat dihindari. Perbedaan ijtihad dan cara mengambil aturan mampu diambil mampu mengakibatkan perbedaan dalam menentukan aturan sebuah praktik.

Tetapi kalau kita mengerti aliran dalam ilmu fiqih, maka kita akan menghormati ajuan satu sama lain yang bertentangan dengan usulan kita dalam hal ibadah dan muamalah.

Mеnundа Qіуаmаh
Meskipun kehadiran malapetaka ini tidak dapat diprediksi dan tidak mungkin untuk diubah, tetapi dengan banyak orang yang mengetahui ilmu agama, maka setidaknya membuat kita sedikit lega bahwa hari akhir zaman Kubro tidak akan terjadi.

Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa di antara tanda-tanda Kiamat yakni hilangnya pengetahuan dan ketidaktahuan yang merajalela. Jadi, kalau ada dari keluarga kita yang tidak mengetahui ilmu agama, maka mesti khawatir, alasannya bisa jadi gejala Qiyamat sudah erat.

Mеnjаdі bеntеng реmаhаmаn уаng mеnуіmраng
Mereka yang lemah dalam ilmu agama akan simpel tergoda oleh dilema dan terpancing oleh gerakan dan pemahaman atas nama Islam, padahal bahu-membahu tidak. Kita akan menjadi boneka yang mudah dikendarai mereka alasannya kita tidak memiliki pegangan agama.

Dеmіkіаn реnjеlаѕаn tеntаng mаnfааt mеngkаjі іlmu fіԛіh bаіk іtu fаеdаh mеmреlаjаrі fіԛіh kоntеmроrеr аtаuрun klаѕіk.

Posting Komentar untuk "Faedah Mempelajari Ilmu Fiqih"