Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Reaksi Kimia

Apa itu Reaksi Kimia?

Dalam suatu reaksi kimia, molekul-molekul dari sebuah substansi terpecah dan bergandengan bersama dengan substansi lainnya membentuk suatu senyawa berbeda (kombinasi dari molekul-molekul). Banyak reaksi kimia adalah perubahan non-reversible. Kamu tidak membalikan kue kembali menjadi bahan mentahnya. Beberapa reaksi kimia dapat dibalikan (reversible), dan dibentuk ulang menjadi substansi aslinya. Hal ini disebut Perubahan Reversible.



2. Al Baqarah
255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. "Kursi" Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.



Ketika besi dan magnesium dalam sebuah kembang api dibakar, keduanya bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan abu serta asap. Dan juga akan menghasilkan panas, cahaya dan suara yang spektakuler. Kimia merubah dan menghasilkan materi baru. Reaksi kimia biasanya membutuhkan atau memberi energi seperti panas atau cahaya karena ikatan kimia telah dirusak dan dibentuk.
molekul dari sebuah substansi terpecah dan bergandengan bersama dengan substansi lainnya m Apa itu Reaksi Kimia
Ketika besi berkarat, besi bereaksi dengan oksigen dalam air atau udara membentuk senyawa baru yang disebut iron oksida(karat). Dalam reaksi kimia tidak ada massa yang dihilangkan atau diperoleh. Atom yang sama dari materi asli berada dalam materi baru, tetapi dalam tempat yang berbeda. Jika kamu menimbnag iron oksida dalam kapal yang berkarat, maka beratnya akan sama dengan berat besi dan okisgen aslinya.

Perubahan Fisika

Sebuah es loli yang meleleh dengan pelan adalah sebuah contoh dari perubahan fisika, bukan sebuah perubahan kimia. Cairan es loli bukanlah sebuah materi baru, hanya bentuk yang berbeda dari sebelumny. Perubahan fisika tidak membentuk substansi baru dan tidak ada ikatan kimia yang rusak atau terbentuk. Melelh, membeku, sobek, bengkok, dan pecah adalah perubahan kimia merubah rupa/wujud substansi tetapi tidak sifat kimianya.

Perubahan Non-Reversible

Kebanyakan reaksi kimia adalah perubahan non-reversible. artinya perubahannya permanen tidak dapat dibalikan ke bentuk semula. Kamu tidak dapat mengubah kembali materi baru menjadi materi aslinya lagi. Berkarat adalah perubahan non-reversible. Akan tetapi, jika karat dicampur dengan bubuk magnesium, reaksi kimia lain terjadi dan besi dapat diekstrak dari karat.

Decomposing(pembusukan) makanan adalah sebah reaksi non-reversible. Sesuatu yang kecil yang hidup yang disebut mikro-organisme menyantap/ berkembang dalam makanan dan merubahnya menjadi substansi lain, termasuk senyawa notrogen dan karbondioksida. Tidak mungkin untuk membuat ulang makanan segar dari makanan busuk, Proses ini desbut decomposision karena senyawa komplek terbagi menjadi senyawa sederhana.

Pembakaran

Pembakaran adalah perubahan kimia non-reversible. Ketika kamu membakar kayu, karbon dalam kayu berekasi dengan oksigen dalam udara membentuk abu dan asap, dan energi dalam bentuk cahaya dan panas. Ini adalah perubahan permanen yang tidak dapat dibalikan-kamu tidak bisa mengembalikan asap menjadi kayu.

Perubahan Reversible

Beberapa reaksi kimia dapat dibalikan- materi aslinya dapat dibentuk ulang dari materi baru. Reaksi ini disebut dengan perubahan revesible. Perubahan ini memiliki rekasi kedepan(maju) dan kebelakang(mundur). Kedua reaksi sebenarnya terkadi pada waktu yang sama, tetapi bergantung pada kondisi, salah satunya dapat lebih kuat dari lainnya.

Nitrogen Dioksida

Ketika gas nitrogen dioksida dipanaskan, reaksi kimia maju merubah nitrogen dioksida yang berwarna cokelat menjadi dua gas tidak berwarna yaitu nitrogen monoksida dan oksigen. Akan tetapi, bila gas-gas tidak berwarna ini didinginkan, mereka akan membentuk ulang gas nitrogen dioksida berwarna cokelat. Ini disebut dengan reaksi kimia mundur.

Posting Komentar untuk "Apa itu Reaksi Kimia"