Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Islam: Inilah Bapak Kedokteran Bedah

Lahir pada 938 Masehi di utara Córdoba di Al Zahra, kota kerajaan Abdulrahman III, Abu al-Qasim Khalaf ibn al-'Abbas dikenal sezaman dengan al-Zahrawi, dan nama Latinnya adalah Abulcasis. Meskipun sedikit yang diketahui secara pasti tentang kehidupan pribadinya, kecerdasan ilmu bedahnya belum pernah ada sebelumnya.

Al-Zahrawi hanya menulis satu buku, 'Ajizja' Kitab al-Tasrif li-man al-Ta'lif (Penataan [ Pengetahuan Kedokteran] bagi Siapa Yang Tidak dapat berKompilasi [Pedoman bagi diri-Nya]), Sebuah kompendium 30 volume pada obat-obatan, operasi, farmasi dan topik kesehatan lainnya dikumpulkan selama 50 tahun karirnya.

Volume terakhir nya, 300-halaman Pada Bedah, adalah buku pertama untuk pengobatan operasi sebagai subjek terpisah dan risalah ilustrasi bedah pertama . Meliputi ophthalmology, kebidanan, ginekologi, kedokteran militer, urologi, ortopedi dan banyak lagi, Buku itu tetap menjadi referensi standar bedah di Eropa sampai akhir abad ke-16.

Al-Zahrawi telah menggunakan tinta sebelum operasi untuk menandai sayatan pada kulit pasiennya ', sekarang menjadi prosedur standar di seluruh dunia. Dia adalah orang pertama yang menggunakan Catgut untuk menjahit luka internal, sutra untuk bedah kosmetik dan kapas sebagai pembalut operasi. Dia menggambarkan, dan mungkin menemukan, gips untuk patah-tulang yang tidak banyak diterapkan di Eropa sampai abad ke-19.
Dia menghasilkan diagram beranotasi lebih dari 200 instrumen bedah, banyak yang dirancang sendiri. Ilustrasi cermatnya, yang dimaksudkan baik sebagai alat pengajaran dan panduan manufaktur, yang paling awal dikenal dan mungkin yang pertama diterbitkan seperti diagram. Penemuannya yang paling terkenal adalah jarum suntik, tang kandungan, kait bedah dan jarum, tulang melihat dan pisau bedah lithotomy- semua item tersebut, sekarang digunakan dalam banyak bentuk yang sama.(muslimheritage.com)


 Meskipun sedikit yang diketahui secara pasti tentang kehidupan pribadinya Sejarah Islam: Inilah Bapak Kedokteran Bedah
Manuscript from the medical treatise of Al-Zahrawi in the General Library in Rabat, Marocco.

 Meskipun sedikit yang diketahui secara pasti tentang kehidupan pribadinya Sejarah Islam: Inilah Bapak Kedokteran Bedah
Surgical Instruments from the treatise Kitab al-tasrîf liman ajaza an al-talîf fi al-tibb by Abu al-Qasim Khalaf Ibn Al-Abbas Al Zahrawi (Abulcasis)

Posting Komentar untuk "Sejarah Islam: Inilah Bapak Kedokteran Bedah"