Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menangis Membatalkan Puasa ?


Benarkah menangis dapat membatalkan puasa?? jujur gw baru dengar hal ini, karena selama saya mengikuti pengajian selama ini #halah kami tidak pernah mendengar jikalau menangis bisa batal puasa. setau gw yang bisa membatalkan puasa itu hanya 3 masalah (bila salah mohon diralat)

Rasululloh SAW dah menyatakan bahwa HANYA 3 (TIGA) HAL YG MEMBATALKAN PUASA:

1. Makan dengan sengaja
2. Minum dengan sengaja
3. Berhubungan suami istri dengan sengaja

Ketiga hal di atas merupakan hal-hal yg MESTI DIHINDARI agar puasa kita tidak batal (berdasarkan rukun puasa)

Sementara itu, ada pula ada beberapa dilema lagi yg boleh jadi penyebab terbatalnya puasa apabila;

1. Murtad, adalah kembali dari agama Islam kepada kekufuran (kafir)
2. Haid
3. Nifas
4. Melahirkan
5. Hilang ingatan/Gila, meskipun cuma sebentar
6. Pengsan
7. Mabuk (minum minuman keras atau zat yg lain) dengan di sengaja
8. Muntah dengan sengaja

Dengan kata lain, hal-hal selain hal di atas itu BUKANLAH penyebab batalnya puasa. Berbohong, mencuri, korupsi, tidak akan membatalkan puasa. Akan tetapi, PERBUATAN2 BURUK ITU AKAN MENGURANGI/MENGGUGURKAN PAHALA PUASA.

Baca juga: Aраkаh Gоѕоk Gіgі Mеmbаtаlkаn Puаѕа?

Begitu juga  bila ada orang perempuan di bulan Ramadhan berpakaian menutup aurat sedangkan dibulan2 lain ehmm -_- , malah ada juga yg kata Ramadan kena tutup aurat takut nanti lelaki2 yg memandang akan terbatal puasa. Apa hubungan menutup aurat dengan membatalkan puasa?

Rasululloh SAW telah menyatakan dalam salah satu hadis yg cukup populer,“Berapa banyak diantara manusia yang berpuasa, tapi tidak menerima hasil dari puasanya kecuali lapar dan haus” (Riwayah Bukhari Muslim).

Dari hadits di atas, terlihat bahwa banyak orang mu’min yg berpuasa tetapi tidak mendapatkan apa2 kecuali lapar dan haus. Penyebabnya? Perhatikan hadits berikut, Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa yang tidak meninggalkan kata-kata dusta dan tindakan buruk, maka Allah tidak membutuhkan ia meninggalkan makan dan minumnya.’”

Menangis yang disebabkan oleh apa saja tidak membatalkan puasa. Jika Anda menangis terharu karena mengenang dosa-dosa Anda atau prihatin melihat penderitaan orang lain atau mengenang kebesaran Allah, maka yang demikian itu justru beroleh ganjaran atau pahala. kalau seseorang menangis lantaran membaca al-Quran, inilah menangis yang baik. Namun kalau seseorang menangis kemudian tidak dapat mengontrol diri, maka itupun bisa mengurangi kesempurnaan pahala berpuasa.

Nаh, udаh tеrреrіnсі kаn, kаlаu mеnаngіѕ іtu tіdаk mеmbаtаlkаn рuаѕа. уаh tарі kаlаu mеnаngіѕі hаl уаng ѕіа-ѕіа dаn mеnсаmраkkаn wаktu аkаn mеngurаngі раhаlа рuаѕа kіtа. соntоhnуа kіtа mеnаngіѕ kаrеnа bеrаntеm dеngаn аdіk аtаu kаlаh аbіѕ rеbutаn rеmоtе tv :р #рlаkk аtаu kіtа ѕеngаjа nаngіѕ tuk mіnum аіr mаtа #nаhlоh -__- *аbаіkаn*

Baca juga: 5 Amаlаn Pеlеbur dоѕа dі Bulаn Rаmаdhаn

tetapi jika nangis abis baca ff angst kira2 itu mengurangi pahala puasa gak ya?? ini neh yang perlu gw telusuri lebih lanjut .__. *digetok Saerim*

Posting Komentar untuk "Menangis Membatalkan Puasa ?"