Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puasa Bulan Dzulhijjah

Dalil puasa 9 hari di bulan Dzulhijjah

أَخْبَرَنِي زَكَرِيَّا بْنُ يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ الْحُرِّ بْنِ صَيَّاحٍ عَنْ هُنَيْدَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ امْرَأَتِهِ قَالَتْ حَدَّثَتْنِي بَعْضُ نِسَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَتِسْعًا مِنْ ذِي الْحِجَّةِ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ الشَّهْرِ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنْ الشَّهْرِ وَخَمِيسَيْنِ


Telah mengabarkan kepadaku Zakaria bin Yahya dia berkata; telah menceritakan kepada kami Syaibah dia berkata; telah menceritakan kepada kami Abu 'Awanah dari Al Hurr bin Shayyah dari Hunaidah bin Khalid dari istrinya, dia berkata; telah menceritakan kepadaku sebagian istri-istri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau berpuasa pada hari Asyura, sembilan hari dari bulan Dzulhijjah dan tiga hari setiap bulan, hari Senin pertama tiap bulan dan dua hari Kamis."
(Sunan Nasai : 2010)




Dari dalil di atas, kita dianjurkan untuk berpuasa 9 hari pada bulan Dzulhijjah. Hadits ini tidak mengkhususkan kapan atau tanggal berapa kita berpuasa di bulan itu. Selama tidak bertepatan pada hari tasyriq, maka kita boleh melakukan puasa kapan saja di bulan Dzulhijjah. Bisa saja kita berpuasa dari tanggal 1-9 Dzulhijjah, bisa juga di selang seling sehingga puasa Nabi Daudnya terbawa dan bisa juga bertepatan dengan puasa Senin Kamis.

Namun sebagian ulama menganjurkan untuk berpuasa secara berurutan dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah, dan kita pun boleh untuk mengikuti ijtihad para ulama tersebut. Dan hal ini memang ada benarnya, karena kita tidak tahu umur kita sampai kapan. Kita tidak tahu apakah umur kita bisa sampai tanggal 30 Dzulhijjah ? Kalau tahu, mungkin kita bisa rencanakan puasa bulan Dzulhijjah di awal bulan 3 hari, pertengahan bulan 3 hari dan di akhir bulan 3 hari.  Namun karena ketidaktahuan kita, maka selayaknya gunakan kesempatan yang ada saat itu untuk berpuasa.

Posting Komentar untuk "Puasa Bulan Dzulhijjah"