Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Selesai Tahun Hijriyah

Sebentar lagi, bulan Dzulhijjah akan secepatnya rampung. Kalau pada umumnya orang, begitu simpulan tahun masehi rampung dan tahun gres datang, dengan cara niup terompet, maka selaku kaum muslimin, kita nggak usah ikut-ikutan melakukan ritual yang serupa sekali nggak bermanfaat tersebut.

Sebaliknya, jikalau selesai tahun tiba, sepatutnya kita instrospeksi diri terhadap berbagai kelemahan yang ada dalam diri kita terutama dengan kaitannya dalam berbhakti dan beribadah. Maka tidak ada salahnya kalau pada hari terakhir bulan Dzulhijjah kita membaca doa yang dimengerti dengan doa simpulan tahun.

Doa ini dibaca pada hari terakhir bulan Dzulhijjah, tepatnya sesudah ashar atau sebelum maghrib. Intinya kita memohon kepada Allah, untuk memperoleh ampunan terhadap perbuatan tidak baik yang dilakukan pada tahun tersebut dan meminta supaya menerima seluruh kebaikan yang dijalankan pada tahun tersebut.

Memang, ada juga kaum muslimin yang masih mempermasalahkan doa membaca di selesai tahun, alasannya tergolong bid'ah, tidak ada permintaan dari Rasul katanya. Namun tidak sedikit pula, para salafus shalih yang berijtihad  atas perlunya berdoa di selesai tahun yang  ialah etika atau cara kaum muslimin yang perlu dicontoh.

Begini doanya.



Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan terhadap junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku laksanakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang pundak-membahu Engkau berkuasa menawarkan siksa untuk saya, dan Engkau sudah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melaksanakan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan terhadap saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang sudah saya lakukan, selama tahun ini, berbentukamal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon terhadap-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, biar berkenan menerima amal kami dan mudah-mudahan Engkau tidak memutuskan impian kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan gampang-mudahan Allah memperlihatkan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amin yaa rabbal ‘alamin.

Semoga bernafaat.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Selesai Tahun Hijriyah"