Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cinta Menurut Islam Seperti Apa?

Cinta menurut Islam bergantung pada siapakah yang mengemudikan cintanya itu sendiri. Cinta itu adalah alat yang netral untuk mencapai tujuannya. Jika cinta ditunggangi oleh nafsu syahwat maka akan menuju kebinasaan, namun jika cinta dikemudikan oleh iman kepada Allah SWT maka akan mengantarkan manusia pada keridhaan Allah.

Cinta adalah sebuah instrumen yang sangat hebat. Cinta dapat  merubah sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat dan pahit menjadi manis. Sebaliknya juga, cinta bisa membuat sehat menjadi sakit, gemuk jadi kurus, normal jadi gila, kaya kadi miskin dan raja menjadi budak.



Seperti itulah cinta menurut Islam yang harus dilandasi keimanan kepadaNya, sehingga cintanya akan membawanya kepada kebaikan di dunia dan akherat.

Cinta menurut Islam setidaknya dibagi menjadi:
1. Cinta kepada saudara muslim
2. Cinta kepada lawan jenis
3. Cinta Kepada Allah dan RasulNya

Masalah cinta kepada lawan jenis:

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kami tidak pernah mengetahui solusi untuk dua orang yang saling mencintai semisal pernikahan.” (HR. Ibnu Majah no. 1920. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagaikan kebiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Penjelasan tentang ketiga macam cinta ini sendiri dapat kita baca di sini 

Guna lebih jelasnya tentang masalah cinta menurut Islam khususnya kepada lawan jenis, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang cinta dari berbagai sumber islam:

 bergantung pada siapakah yang mengemudikan cintanya itu sendiri Cinta Menurut Islam Seperti Apa?

Kami tidak pernah mengetahui solusi untuk dua orang yang saling mencintai semisal pernikahan

Mencari Cinta: Perspektif Islam

Presented by Shaikh Ahmad Kutty
At the IIT Ring of Love Seminar
(January 29, 2011)

Cinta dalam Islam

Islam: agama cinta - cinta  Allah dan kasih penciptaan
Cinta Kasih Allah sebagai dasar dari semua cinta
Ini adalah cinta yang abadi, karena Allah saja yang kekal, segala sesuatu yang lain menghilang
Cinta kita untuk pasangan kita harus untuk meningkatkan cinta kita dari Allah

Cinta terhadap bentuk dan Cinta kepada jiwa

Cinta terhadp bentuk adalah cinta penampilan, cinta tubuh, dan cinta fisik
Ini adalah sumber dari penipuan
Penampilan menipu, dan akhirnya memudar
Ironisnya, kebanyakan orang bingung dengan kenyaatan ini
Orang-orang berimana diajarkan untuk melihat ke jiwa

Cinta bentuk

Kebanyakan orang pergi mencarinya, karena mereka hanya hidup dalam dimensi fisik mereka saja
Karena menipu, itu seperti mencari air di fatamorgana
Itulah sebabnya Nabi berdoa: 'Berilah aku mencintaimu lebih dari aku mencintai untuk diri hamba  sendiri atau keluarga hamba ... atau ... untuk air dingin saat haus

Cinta Dalam Jiwa

Cinta sejati: cinta didirikan pada cinta Allah?
Nabi (saw) ingin kita mencarinya dalam pernikahan
Nikahilah seseorang yang benar-benar beriman dan berakhlak, jika tidak, Anda membuka jalan untuk 'berkotor-kotor'.

Iman (deen) dan karakter (khuluq)

Iman bukan sekedar ritual
Ini adalah individu yang diubah oleh cinta Allah
Kita harus membedakan antara religiusitas dan keimanan
Ini adalah orang dengan hati yang penuh kasih

Apa itu karakter (khuluq)?

Khuluq berbeda dari khalq;
Khuluq adalah inner beauty yang hanya dirasakan melalui intuisi
Yang memiliki tanda-tanda yang jelas: ciri-ciri karakter
Kesadaran akan Tuhan, dapat dipercaya, rendah hati, penuh kasih, peduli, riang, penyabar: ciri-ciri karakter profetik

Cinta dan asmara

Cinta lahir dari pengetahuan tentang karakter (khuluq), berakar dalam kasih Allah, adalah cara yang harus dicari
Hal ini berbeda dari kencan, karena Islam menentang segala bentuk isolasi antara laki-laki dan perempuan
Ini adalah murni akan menghancurkan.
Penghubung atau asmara terlarang tidak disetujui dalam Islam

Menemukan pasangan hidup

Internet chat room bukan tempat yang ideal, untuk itu sulit untuk membedakan khuluq, temukan melalui
1. Anjuran Ortu
2. Anjuran teman atau sesepuh
3. Memilih melalui pengalaman berpartner
4. jangan mengesampingkan hal-hal diatas, kecocokan adalah yang paling penting

Pertanyaan untuk diajukan

Asumsikan: tidak ada yang sempurna
Pertanyaan untuk ditanyakan:
Satu visi dari peran pria / wanita dalam masyarakat
Faktor agama: kaku atau jalan tengah?
Visi dan kepentingan spiritual umum
Perbedaan dan bagaimana berurusan dengannya
Kemitraan yang ideal: kesempatan untuk tumbuh bersama-sama untuk memenuhi satu potensi seseorang yang diberikan Tuhan
(sumber: islam.ca)


Perkawinan dan Cinta dalam Islam

Pernikahan dalam Islam :

 Seorang Jurist (ahli hukum) ditanya bagaimana Anda menjadi begitu kaya , ia mengatakan bahwa ia awalnya sangat miskin sekali dan suatu ketika menemukan sebuah kalung yang sangat indah dan mahal di jalan dan ia berjuang dengan niat dan kemudian ia mendengar suara orang berteriak dan mencari kalung ini sehingga ia kembalikan kalung itu tanpa mengambil uang yang ditawarkan kepadanya.

Kemudian setelah suatu ketika ia bepergian di laut merah dan kapal tenggelam dan ia berhasil mencapai pulau dengan berpegangan pada sepotong kayu . Dia mulai membantu anak-anak dan orang tua belajar Quran dan dasar-dasar agama karena mereka adalah Muslim , sehingga orang-orang dari pulau memintanya untuk menikahi seorang gadis dari komunitas mereka dan dia setuju .

Ketika pada hari pernikahan dia melihatnya dia tidak bisa melepaskan pandangan mata dari sang perempuan. Jadi orang-orang sekelilingnya bertanya mengapa ia terkejut melihatnya , sehinga dia mengatakan bukan dia, tapi aku tahu kalung dia pakai dan ia menceritakan seluruh cerita dan orang-orang sangat terkejut senang mendengar bahwa cerita dari ayah gadis yang disebutkan adalah tentang orang yang jujur ​​ini.

Kemudian setelah kematiannya ia mewarisi kalung itu dan menjadi sangat kaya dengan menjual itu .

Salah satu poin yang sangat penting yang disebutkan dalam bagian ini doa yang tulus kepada Allah ( swt ) . Ketulusan memainkan peran besar dalam sukses dalam pernikahan dan akan insyaAllah membawa banyak harmoni dalam kehidupan dan di antara keduanya. Jangan pernah meremehkan kekuatan sebuah doa yang tulus.

Cinta dalam Islam

Rasa cinta tidak dikutuk dalam Islam, apa yang dikritik dan yang membuat haram adalah tindakan yang tidak diperbolehkan dan yang mengarah kepadanya.

Selama haji, Ibn Abbas ra melihat seorang pemuda di Arafah dan dia melihat kekasihnya yang telah menikah dengan orang lain dan pemuda itu pingsan di Arafah. Rasulullah saw berkata bahwa hal yang terbaik bagi orang-orany yang cinta adalah pernikahan.

Cinta adalah sebuah emosi paling kuat dalam hati tetapi tumbuhnya bisa dikendalikan. Cinta harus dikontrol dan diarahkan ke arah yang benar.

Imam Ahmad bin Hanbal diminta untuk menjelaskan tentang hadits nabi saw bahwa " ... Jangan biarkan dirimu dengan fitnah yang tidak bisa kamu tanganni.." dan dia mengatakan cinta adalah contoh dari hal itu.

Jika cinta tidak dijaga dalam kontrol bisa menyebabkan kesulitan besar. Cinta harus dipegang dalam tempat yang tepat (misalnya, suami/istri). Allah SWT berfirman ".. Dia menempatkan cinta dan belas kasih dalam hati mereka.."(Q.S. ArRuum:21).

Ini adalah salah satu pilar dalam pernikahan, Nabi SAW bersabda, "Aku dipenuhi cinta untuknya (yaitu Khadijah ra)".

Cinta terjadi sangat cepat tapi tumbuh sangat lambat (misalnya seperti pohon atau tanaman yang akarnya tumbuh cepat namun membutuhkan beberapa waktu untuk tumbuh).

Ibnu Taimiyah berkata cinta itu mustahil untuk didefinisikan. Ibn Al-Qayyim mengatakan semua huruf datang dari bagian antara tenggorokan dan bibir dan cinta (yang dalam bahasa arab: hubbun) terbentuk dari dua huruf yang datang dari dua tempat itu (yaitu tenggorokan dan bibir) sehingga kita memerlukan semua huruf yang diucapkan dari antara tenggorokan dan bibir untuk menggambarkan perasaan cinta.

Dalam konteks tertentu (dalam bahasa arab) kata hubbun (cinta) digunakan utuk kesucian/gigi putih, unta yang tidak bisa dipindahkan dan air yang memancar.

Tanda-tanda cinta adalah 'detak jantung yang lebih cepat; tidak bisa mengucapkan kata-kata dengan benar; bergetar dan berkeringat. Tanda-tanda ini semakin jelas terutama ketika melihat orang yang dicintainya. Sebagian orang berkata gejala orang yang sangat takut dan sedang jatuh cinta adalah sama.


Rasulullah SAW sebagai Suami

Ummul Mukminin: Khadijah RA

 bergantung pada siapakah yang mengemudikan cintanya itu sendiri Cinta Menurut Islam Seperti Apa?

Muhammad saw adalah orang kepercayaan kahdijah, yaitu As- Shadiq wal Ameen. Muhammad membawa bisnis Kahdijah ke tingkat lain dan membuat banyak keuntungan.

MUhammad saw berasal dari keluarga yang dihormati, memiliki paras yang sangat tampan dan seorang pemuda yang mulia. Khadijah ra jatuh cinta kepada orang mulia ini. Lalu ia mengirim utusannya untuk mengutarakan keinginannya agar Muhammad saw menikahinya, meski umurnya lebih muda darinya namun kasih sayangnya untuk Muhammad sangat kuat.

Kahdijah mendekati ayahnya dan mengutarakan keinginannya ini, namun sang ayah berkata bahwa tidak akan membiarkannya menikah dengan anak yatim ini (rasul saw). ORang-orang arab menganggap anak yatim sebagai orang yang sangat tidak terhormat karena mereka tidak tumbuh untuk belajar sopan santun dan beretika dari keluarga bangsawan seperti orang tua mereka. Inilah alasan ayah khadijah melarang menikah dengan Muhammad. Tapi cintanya kepada Muhammad saw tidak menghalangi niatnya.

Nabi SAW selalu menyebut nama khadijah selama 20 tahun sepeninggalnya dan selalu mengingatnya. Andai khadijah masih hidup, nabi tidak akan menduakaannya. Namun sebagai seorang nabi, Rasul harus menikahi banyak istri untuk menjadi peran model untuk kita semua.

Pernah rasul berkunjung ke para sahabat saat idul Fitri. Salah satunya Hala, adik Khadijah (ra), setelah sekitar 15 tahun berkunjung ke ruma Nabi dan ketika Nabi mendengar suaranya dari kamar lain, Nabi bangun dan berseru 'Khadijah (ra)! Aisyah berkata aku merasa sangat cemburu pada saat itu. Dia (khadijah) adalah sahabat terbaiknya (saw). Dalam riwayat lain nabi saw bersabda " dia (khadijah) percaya pada ku dan mendukungnya saat ketika tidak ada yang melakukannya."

Ketika Quraish menolak untuk berurusan dengan umat Islam, Nabi saw dan beberapa sahabat tinggal di luar Mekah. Khadijah tetap bersama Nabi saw.  Suatu malam khadijah begitu lapar sehingga ia bangun di malam hari dan berjalan keluar dan mendapatkan sesuatu yang lembuat di tanah dan dia mengambilnya dan memakannya, kemudian dia mengatakan bahkan sampai hari ini dia tidak apa yang dia makan malam itu. Bahkan dalam situasi dimana Rasul harus menderita menghadapi pengasingan yang dilakukan oleh orang Quraish, Khadijah yang orang yang mulia dan terkaya dari Mekah masih tetap bersama nabi saw.
Sumber: nurayn.org

Posting Komentar untuk "Cinta Menurut Islam Seperti Apa?"