Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang One Day One Juz Sendirian


Minggu ini, sedang hot masalah ODOJ (One Day One Juz/ Satu Hari Satu Juz) di pemberitaan Islam di Indonesia. Hal ini terjadi berkenaan dengan Grand launching program One Day One Juz yang digagas oleh rumah Quran. Dengan kehadiran 30ribu orang lebih di acara tersebut yang diadakan di Masjid Itiqlal, menjadikan acara ini mendapatkan penghargaan Rekor Dunia oleh MURI. Dari unsur dakwah acara seperti ini sangat bagus karena akan menimbulkan semangat budaya untuk selalu membaca Alquran. Namun disisi lain, yaitu sisi pelaksanaan ada pihak yang tidak suka dengan caranya karena tidak dicontohkan oleh Rasul.

Terlepas dari kontroversi, sekarang kita lihat dari sisi positifnya, ini tentu menjadi panggilan bagi umat Islam untuk sering-sering membaca AlQuran dan jika mungkin menggunakan target satu hari satu juz seperti apa yang dilakukan dalam program ODOJ tersebut. 

Program ODOJ sendiri kami yakin niat utamanya adalah dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat  muslim terhadap AlQuran. Dengan ada meningkatkan minat ini, tentu harapannya banyak masyarakat muslim yang lebih dekat kepada AlQuran. Meski mungkin awalnya masih belajar membaca, dengan adanya target tentunya akan mempercepat proses belajar.

Dengan lebih dekat kepada AlQuran (dg sekedar membaca), maka akan meningkat untuk lebih mengenal (dengan membaca terjemahannya) hingga akhirnya bisa memahami (dengan mempelajari keilmuannya) dan kemungkinan ini membutuhkan proses untuk melakukannya. Maka sangat diharapkan program ini tidak hanya sekedar trend saja tanpa peningkatan kualitas bacaan maupun keilmuannya.





Dalam pelaksanakan ODOJ sendiri melibatkan jaringan komunikasi menggunakan media online. Tentu hal ini akan menjadi kendala bagi yang tidak memilik jaringan internet. Namun, tentu bukan menjadi masalah karena kami yakin misi utama program ini adalah Dakwah mengajak kita untuk membaca AlQuran. Tanpa ikut bergabung melalui jaringan Internet, kita juga bisa membentuk kelompok sendiri ataupun bisa di lakukan sendirian, asalkan berniat dan bersungguh-sungguh.

Kita bisa melakukan ODOJ sendirian dengan niat dan kesungguhan. Untuk dapat melakukannya sendirian kita harus mengalokasikan waktu dalam sehari kita khusus untuk membaca AlQuran. Kita bisa meluangkan waktu selama 10-15 menit untuk setiap selesai shalat fardhu dengan target membaca 2-3 lembar (4-6 halaman). Atau kita bisa menyediakan waktu khusus untuk menyelesaikan 1 juz misalnya setelah shalat Magrib dan setelah shalat Isyak. Untuk membaca satu juz waktu perkiraan untuk menyelesaikannya dengan kecepatan bacaan standar sekitar 1 jam bagi yang sudah lancar membaca.

Cara membaca AlQuran secara sendirian sebaiknya dilakukan ketika memang kita sudah lancar membaca tulisan Arab. Bagi yang masih belum benar dalam membacanya, masih banyak kesalahan dalam membaca masih terbata-bata atau masih salah dalam panjang pendeknya, sebaiknya membentuk kelompok dengan setidaknya ada satu orang yang telah lancar membaca AlQuran. Ini akan menjadi semacam kelompok Belajar membaca AlQuran. Baru setelah memang kita sudah lancara membaca AlQuran kita bisa melakukan ODOJ sendirian asalkan dengan niat yang sungguh-sungguh.

Posting Komentar untuk "Cara Gampang One Day One Juz Sendirian"