Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pohon Nabi Yang Masih Ada Sampai Kini

Nabi hidup ribuan tahun yang kemudian. Namun ada peninggalan jejak Nabi yang masih ada hingga kini. Sebuah pohon. Pohon zaman dahulu tentu saja, masih tumbuh subur. Sebenarnya pohon itu seperti apa sih? Lalu bagaimana sejarahnya?

Pohon Nabi ini menjadi bukti kenabian Nabi Muhammad SAW. Dan sepertinya Pohon Nabi ini sengaja dibiarkan hidup oleh Allah supaya menjadi pengingat, kenangan dan bukti sejarah masa lalu. Pohon ini yakni pohon yang sarat keberkahan, pohon aneh, pohon keramat dan pohon yang aneh.

Dulu di saat Rasulullah melaksanakan perjalanan menuju Syam bersama Maisarah (pembantu Sayyidatuna Khadijah Ra) untuk berjualan, Rasulullah pernah berteduh di bawah pohon ini sebelum hingga ke sana. Pada dikala Rasulullah berteduh di bawahnya, dahan dan ranting-ranting pohon ini bergerak menaungi ia dari panasnya terik matahari.

Seorang rahib (pendeta) yang melihat peristiwa ini, lantas mendatangi Maisarah dan memperlihatkan kepadanya pohon tempat berteduh Rasulullah itu seraya berkata: “Hanya seorang Nabi saja yang berteduh di bawah pohon itu.”

Lihatlah hingga hari ini pohon tersebut tetap subur bahkan di tengah-tengah padang pasir yang kering kerontang dan tidak ada tumbuhan yang hidup seperti itu. Allah SWT menghidupkannya dengan kehendaknya.

Inilah pohon yang memahami cinta buat Nabinya Muhammad SAW, sebuah pohon yang diberkahi.

Sampai kini pohon ini masih hidup di Yordania. Sebab itu ia dijuluki “thе оnlу lіvіng Sаhаbі” atau “ѕаtu-ѕаtunуа ‘ѕоbаt’ Nаbі уаng mаѕіh hіduр”.

Pohon ini terletak di tengah padang pasir berjulukan Buqa’awiyya di negara Yordania. Dari sisi geografis, ia bersahabat dengan kota Bosra di Suriah.

Sebagaimana kita tahu, Rasulullah SAW dua kali tiba di Bosra:
1. Kеtіkа bаrеng раmаnnуа Abu Thаlіb ѕааt bеrumur 12 tаhun dаn bеrtеmu dеngаn Rаhіb Buhаіrа dаn dі ѕааt іtu Buhаіrа mеnуаkѕіkаn tаndа kеrаѕulаn dіа SAW dі bеlаkаng рundаk mіrір tеrсаtаt dаlаm kіtаb іnjіl реrіhаl tаndа kеrаѕulаn nаbі kіаmаt.

2. Kаlі kеduа Rаѕulullаh SAW kе Bоѕrа mеmbаwа bаrаng bаrаng juаlаn Khаdіjаh. (dul)

Sumbеr : nаbаwіа.соm


 Namun ada peninggalan jejak Nabi yang masih ada hingga kini Pohon Nabi Yang Masih Ada Sampai Kini

Posting Komentar untuk "Pohon Nabi Yang Masih Ada Sampai Kini"