Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nabi Khidir, Nabi Yang Hidup Hingga Kiamat


іluѕtrаѕі

1. Syaidina Ali mengaku pernah menyaksikan Nabi Khidir berada di Ka’bah.

2. Salah seorang murid Syeikh Abu Hasan yaitu Al-Murshi mengaku pernah berjumpa dengan Nabi Khidir dan bahkan sudah bersalaman dengannya. Dia mengajukan pertanyaan kepada Nabi Khidir bagaimana kondisi arwah-arwah orang muslim yang sudah meninggal dunia, apakah mendapat siksaan atau tidak.

3. Abul Hasan asy-Syadzili mengaku pernah bertemu dengan Nabi Khidir di padang Aidzab.

4. Umar bin Sinan pernah berpapasan dengan Ibrahim al-Khawwash yang menceritakan bahwa dirinya pernah berjumpa dengan Nabi Khidir dalam perjalanannya.

Kira-kira berapa usia Nabi Khidir sampai ketika ini? Wallahua’lam hanya Allah yang tahu, tetapi bila diperhitungkan kira-kira sekitar lebih dari enam ribu tahun.

Aіnul Hауаt, Inіlаh Rаhаѕіа Nаbі Khіdіr Bіѕа Bеrumur Pаnjаng
Nabi Khidir adalah nabi yang masih hidup sampai kiamat tiba, Nabi ini dinamakan Khidir yang mempunyai arti hijau alasannya kedatangannya senantiasa membawa kehijauan disekitarnya, rumput yang mulanya kering akan menjadi hijau subur kalau didatangi Nabi Khidir. Berikut yaitu ulasan singkat dongeng/legenda diam-diam umur panjang Nabi Khidir AS hingga kiamat:

Adа ѕеоrаng rаjа реnguаѕа wіlауаh bаrаt dаn tіmur уаknі Rаjа Iѕkаndаr Zulkаrnаіn, rаjа іnі ѕungguh dіѕеgаnі dаn dіtаkutі ѕеbаb dараt mаnаklukаn bаnуаk ѕеkаlі wіlауаh dаrі bаrаt hіnggа tіmur. Nаmun wаlаuрun dеmіkіаn rаjа іnі tіdаk аrоgаn dаn mеruраkаn ѕаlаh ѕеоrаng hаmbа Allаh уаng tааt. Pаdа tаhun 322 SM, Rаjа Iѕkаndаr Zulkаrnаіn mеnуеlеnggаrаkаn реrjаlаnаn untuk mеngеlіlіngі bumі dаn dіtеmаnі оlеh Mаlaikat Rofi’il. Dalam perjalanannya sang raja bertanya terhadap malikat bagimana ibadahnya para penghuni langit dan malaikat pun menerangkan bahwa para penghuni langit beribadah ada yang bersujud terus sampai kiamat dan ada yng bertakbir terus sampai akhir zaman. Mendengar hal itu sang raja ingin mirip para penghuni langit yang mampu beribadah sampai kiamat.

Malaikat Rofi’il menginformasikan kepada Raja Iskandar Zulkarnain bahwa bergotong-royong Allah telah menciptakan sumber mata air yang suci, jikalau seseorang meminum air dari mata air itu maka ia akan abadi sampai kiamat kecuali bila ingin dimatikan. Namun mata air tersebut berada di kepingan belahan bumi yang sangat gelap. Mata air itu bernama Ainul Hayat, inilah mata air rahasia panjang umur dari Nabi Khidir. Raja Iskandar Zulkarnain kemudian mengumpulkan semua jago yang ada diseluruh negeri untuk menafsirkan dimana letak tepatnya Ainul Hayat berada dan salah seorang diantaranya mengetahui bahwa letaknya yaitu dibagian daerah terbitnya matahari.

Raja Iskandar Zulkarnain beserta rombongannya mencari daerah tersebut dan menemukannya, salah satu diantaranya rombongannya yaitu Nabi Khidir yang juga pernah menjabat sebagai perdana menteri. Setelah memperoleh kawasan Ainul Hayat, sang raja menjinjing pasukan khusus untuk masuk bersamanya dan dalam pasukan itu Nabi Khidir ikut bersamanya. Mereka menempuh perjalanan selama 18 hari didalam gua itu tanpa menyaksikan sinar matahari sekalipun.

Dalam perjalanan itu Nabi Khidir mendapat wahyu dari Allah bahwa Ainul Hayat terletak di tepi kanan jurang dan hanya didedikasikan untuknya saja. Setelah menerima wahyu itu, Nabi Khidir kemudian menuju ketempat Ainul Hayat sendirian dan meminumnya tanpa sepengetahuan Raja Iskandar Zulkarnain. Itulah sekilas dongeng singkat ihwal mata air Ainul Hayat yang merupakan belakang layar Nabi Khidir mampu berumur panjang hingga akhir zaman.


Posting Komentar untuk "Nabi Khidir, Nabi Yang Hidup Hingga Kiamat"