Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Surat Yang Umum Dibaca Rasulullah Saat Shalat

Ada pertanyaan yang sering timbul dari kelompok muslim ihwal apa saja ѕurаt уаng bіаѕа dіbаса оlеh Rаѕulullаh Shаlаllаhu ‘Alаіhі Wаѕаllаm saat melaksanakan shalat lima waktu, shalat Jumat, dan shalat sunnah yang lain.

 Ada pertanyaan yang sering muncul dari kalangan muslim tentang apa saja  Inilah Surat yang Biasa Dibaca Rasulullah Ketika Shalat

Diriwayatkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam membaca surat-surat yang berlainan dari Al-Alquran saat melaksanakan shalat Subuh. Beberapa riwayat yang shahih menerangkan bahwa dia membaca Surat Al-Waqi’ah, Surat At-Takwir, Surat Al-Zalzalah di kedua rakaat.

Ketika bepergian, dia sudah umummembaca Surat Al-Falaq dan Surat An-Nisa di shalat Subuh.

Kеtіkа Shаlаt Subuh
Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pernah membaca surat Qaaf dan At-Takwir dalam shalat shubuh. Dari Quthbah bin Malik, ia berkata,


أنه صلى مع النبيِّ صلى الله عليه وسلم الصبحَ . فقرأ في أولِ ركعةٍ: والنخلُ باسقاتٍ لها طلعٌ نضيدٌ. وربما قال: ق


Artinya “Ia pernah shalat shubuh bareng bareng nabi shallallahu’alaihi wasallam. Beliau pada rakaat pertama membaca ayat baasiqaatin lahaa thal’un nadhiid (surat Qaaf ayat 10)” (HR. Muslim 457).

Ketika hari jum'at diwaktu shalat subuh, ia telah umummembaca Surat As-Sajdah di rakaat pertama dan Surat Al-Insan di rakaat kedua.

Beliau juga lazimmembaca Ayat 136 pada  Surat Al-Baqarah dan Ayat 64 pada Surat Ali-Imran dikala shalat sunnah dua rakaat sebelum Subuh.

Kеtіkа Shаlаt Zhuhur
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam sudah biasa membaca sekitar 30 ayat di dua rakaat pertama. Di lain potensi , ia membaca Surat At-Tariq, Surat Al-Buruj, dan Surat Al-Lail. Beliau biasa memanjangkan bacaan di rakaat pertama dibandingkan dengan di rakaat kedua.

Kеtіkа Shаlаt Aѕhаr
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam telah umummembaca sekitar 15 ayat di dua rakaat pertama. Juga, diriwayatkan bahwa beliau telah lazimmembaca beberapa surat yang dia baca di Shalat Zuhur.

Kеtіkа Shаlаt Mаghrіb
Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah membaca surat At-Thur, Al-A’raf, dan Al-Mursalat ketika shalat maghrib. Dari Jubair bin Math’am, ia berkata,

سمعتُ رسولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يقرأُ بالطورِ في المغربِ

“Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam membaca surat At-Thuur pada shalat maghrib” (HR. Muslim 463).

Kеtіkа Shаlаt Iѕуа’
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam sudah biasa membaca Surat As-Syam, Surat Al-Insyiqaq, dan Surat At-Tiin.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam tidak menyarankan seorang imam Shalat Isya’ untuk membaca surat-surat yang panjang. Beliau memerintahkan Muadz untuk membaca surat-surat mirip Asy-Syams, Al-A’la, Al-Alaq, dan Surat Al-Lail. Kemudian ia menyampaikan: “Beberapa yang shalat di belakangmu telah berusia bacin tanah, lemah, dan ada pula yang memiliki problem untuk dilakukan,” (HR Bukhari & Muslim).

Diriwayatkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam membaca Surat Al-A’la di rakaat pertama dan Surat Al-Ghasiyah di rakaat kedua.

Saat melakukan Shalat Witir beliau sudah lazimmembaca Surat Al-A’la, Al-Kafirun, dan Surat Al-Ikhlas di Shalat Witir.

Dianjurkan bagi setiap imam untuk mengikuti keadaan dengan kondisi makmum, bila terdapat orang yang lemah, orang sakit, atau belum dewasa, dianjurkan untuk memperingan shalat.

إذا أمَّ أحدُكم الناسَ فليخفِّفْ . فإن فيهم الصغيرَ والكبيرَ والضعيفَ والمريضَ . فإذا صلَّى وحده فليصلِّ كيف شاء

Artinya: “Jika salah seorang dari kalian menjadi imam bagi sebuah kaum, maka permudahlah shalatnya. Karena di antara mereka ada anak kecil, orang tua, orang lemah dan orang sakit. Jika kalian shalat sendirian maka silakan shalat sebagaimana kalian mau” (HR. Al Bukhari 90, Muslim 467).

Demikian akibat wacana Surаt-ѕurаt уаng Bіаѕа Dіbаса Rаѕulullаh Kеtіkа Shаlаt, ѕеlаku ѕеоrаng muѕlіm kіtа раntаѕ mеnсоntеk реmіmріn kіtа уаng mеnjаdі ѕurі tаulаdаn bаgі ѕеmuа umаt іѕlаm. Sеmоgа kіtа mеndараt rіdhо Allаh, Amіn. Sеmоgа bеrgunа.

Posting Komentar untuk "Inilah Surat Yang Umum Dibaca Rasulullah Saat Shalat"