Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Selesai Solat Dhuha

Disamping harus mengetahui permulaan waktu dhuha, bagi kita umat Islam yang akan melaksanakan sholat dhuha, maka sudah sebaiknya untuk mengerti kapan waktu akhir solat dhuha, sehingga di mana pun kita berada, baik di rumah, di tempat kerja atau bahkan sedang di perjalanan, di ketika sudah masuk waktu solat dhuha, maka kita bisa langsung melaksanakan sholat dhuha pada waktunya.

Kalau zaman dulu, umat Islam memakai posisi matahari dengan cara melihatnya pribadi dengan mata kepala sendiri untuk mengetahui waktu sholat dhuha, maka sungguh mujur bagi umat Islam zaman now, yang semua itu dapat dipermudah oleh para andal dengan mengkonversinya menjadi daftar atau agenda waktu sholat pakai ukuran jam dan menit.

Untuk mengetahuinya pun sangat mudah, sebab umumnya jadwal waktu sholat tertera dalam almanak atau kalender Islam berdasarkan wilayahnya masing-masing. Belum lagi yang gandrung atau sudah melek internet, maka semua jadwal sholat bisa diunduh dengan gratis dari aneka macam website yang menyediakannya.

Namun demikian, tak salahnya Saya menerangkan batasan waktu untuk sholat dhuha yang Saya ambil refrensinya dari kitab Nihaayatuz Zain halaman 102. Di dalam kitab itu dibilang bahwa waktu sholat dhuha ialah dari mulai meningginya matahari (sinar matahari sudah terasa panas) sampai tergelincirnya matahari (menjelang waktu zhuhur).

Jadi maksud tergelincir di sini yakni tergelincir sebelum masuk waktu pertengahan di mana matahari pas ada di atas kepala kita. Beberapa jago hisab memperhitungkan bahwa tenggat waktu simpulan solat dhuha ini bila dijumlah dengan jam ialah sekitar 15 menit sebelum waktu zhuhur.

Adapun awalnya sholat dhuha yakni 15 menit sehabis terbit matahari. Makara kita diperbolehkan melaksanakan sholat dhuha di rentangan waktu tersebut. Dengan demikian, haram hukumnya melakukan sholat dhuha jikalau dilaksanakan sebelum 15 menit setelah terbit matahari dan pada dikala 15 menit sebelum waktu zhuhur yakni waktu istiwa.

 Disamping harus mengetahui awal waktu dhuha Waktu Akhir Solat Dhuha

Namun demikian, waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat dhuha yaitu pada final seperempat siang yang pertama yakni sekitar jam 9-nan. Mengapa ? Supaya di dalam semua kepingan seperempat siang terdapat satu macam sholat. Mari kita sebutkan satu per satu.
- di seperempat hari pertama diawali dengan sholat subuh
- di seperempat hari ke dua ada sholat dhuha
- di seperempat hari ke 3 ada sholat zhuhur dan
- di seperempat hari ke 4 ada sholat ashar

Jadi kalau kita melaksanakan sholat dhuha di tamat sepermpat hari yang pertama atau di awal sepermpat hari yang ke dua, maka masing-masing seperempat hari-hari kita (siang) terisi dengan melaksanakan sholat.

Itulаh іѕu уаng mаmрu Sауа ѕаmраіkаn іhwаl bаtаѕаn реrmulааn wаktu ѕhоlаt dhuhа ѕеrtа wаktu аkhіr ѕhоlаt dhuhа. Sеmоgа bеrgunа. Wаllаhu а'lаm.

Posting Komentar untuk "Waktu Selesai Solat Dhuha"