Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Mandi Sholat Jumat

Salah satu ibadah sunat yang dijalankan pada hari Jumat, khususnya bagi mereka yang hendak pergi melaksanakan sholat Jum'at ialah mandi. Mandi sunat ini dilakukan bagi jemaah yang akan melakukan sholat Jum'at, adapun bagi mereka yang tidak akan Jumatan mirip perempuan, maka tidak disunatkan mandi Jum'at.

Waktu pelaksanaanya yaitu sebelum sholat Jum'at sesudah terbit matahari hari Jum'at. Jadi jika Anda melakukannya sehabis sholat Jum'at, maka tidak tergolong mandi sunat Jum'at.

Nіаt mаndі ѕhоlаt jumаt

Niat itu ialah keharusan meskipun di dalam ibadah sunat. Begitu juga dalam mandi sunat sholat Jum'at, maka niat wajib adanya alasannya tergolong rukun. Jika kita mandi tanpa niat, maka mandi itu tidak ada bedanya dengan mandi biasa. Itulah fungsi niat, membedakan mana ibadah dan mana adab.

Niat itu tempatnya di dalam hati. Adapun pelafalan niat yang biasanya dilaksanakan sebagian umat muslim, maka itu hukumnya sunat dengan tujuan membantu kefokusan hati supaya khusyu dalam niat. Jika kita cuma niat di lisan saja tanpa niat di hati, maka sama saja dengan tidak niat yang berarti mandinya tidak jadi. Jadi memang betul juga orang yang beropini tidak butuhmelafadzkan niat, tetapi tidak betul juga kalau menilai sesat terhadap mereka yang suka melafdzkan niat.

Adapun lafadz niat yang biasa dibaca yaitu :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIHUDHUURI SHOLAATIL JUM'ATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA
Sауа nіаt mаndі untuk mеnghаdіrі ѕhаlаt Jum'аt, ѕunnаh аlаѕаnnуа аdаlаh Allаh Tа'аlа

Lalu bagaimana cara pelaksanaanya ? Pada prinsipnya prakteknya sama saja dengan mandi besar biasa saat sudah tidur dengan suami atau istri. Tidak ada perbedaan sama sekali mulai dari sunat wudhu dulu, membersihkan semua kotoran yang ada di tubuh, sunat mulai membasuh dari yang cuilan atas dahulu serta potongan kanan, membasuhnya 3 kali hingga alhasil selesai, keluar dari WC dan berdoa.

Kaprikornus mampu kita lihat bahwa niatnya yaitu niat madi sebab mau menghadiri sholat Jumat, bukan niat menghilangkan hadats besar. Lalu bagaimana kalau kebetulan malam Jumatnya telah tidur yummy sama istri hingga kesiangan ? Maka dalam hal ini Anda boleh menggabungkan niat mandi wajib menetralisir hadats besar diikuti dengan niat mau melakukan sholat Jumat. Kaprikornus Anda tidak perlu mandi 2 kali untuk keperluan itu.

Itulah yang bisa Saya sampaikan seputar niat mandi bagi mereka yang mau menghadiri sholat Jumat, bukan bagi perempuan, yang pastinya walaupun prakteknya sama, tapi tetap untuk problem niat pastilah berlainan dengan doa/niat mandi junub, mandi sholat lebaran dan mandi yang lainnya selain mandi biasa.

Selanjutnya baca :
- nіаt ѕhоlаt jumаt 

Posting Komentar untuk "Niat Mandi Sholat Jumat"