Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Pola Hidup Sehat dalam Islam


Kesehatan merupakan bagian yang paling penting dalam menjalani kehidupan ini, banyak orang berani membayar dengan harga yang mahal untuk mendapatkan keinginan hidup selalu tetap sehat terutama kesehatan jasmani. Semenjak sejarah peradaban kehidupan manusia di mulai di bumi ini, beragam cara pengobatan sudah mulai dilakukan meskipun tingkat peralatan dan caranya masih di sesuaikan dengan kondisi yang sederhana menurut ukuran zaman.

Mengetahui riwayat hidup pribadi maupun bersama keluarga Rasulullah Saw, sangat banyak mengandung inspirasi untuk dijadikan contoh suri tauladan yang baik untuk dilakukan khususnya oleh setiap orang muslimin dan muslimat di seluruh dunia.

Keterbatasan ilmu pengetahuan yang kita miliki dan daya untuk menggalinya, kadang membuat kita hanya berhenti di satu pintu ilmu saja, sehingga hal-hal yang seharusnya perlu diketahui menjadi tidak pernah tergali.

Apa yang pernah keluar dari ucapan Rasulullah Saw merupakan bagian dari Wahyu Ilahi, dan apa yang dilakukan oleh Rasulullah Saw merupakan bagian dari Sunnahnya. Tulisan kali ini kita akan coba mencari tahu tentang pola hidup sehat dalam Islam.

Berikut adalah beberapa tips pola hidup sehat dalam Islam, antara lain :

1.  Makan dengan Makanan yang Halal dan Baik

Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu mengkonsumsi makan-makanan yang halal dan baik, karena ada beberapa jenis makanan yang dihalakan dibolehkan tapi tidak baik. Hal ini penting karena sari makanan dapat mempengaruhi pola pikir manusia, dan menjadi salah satu diterimanya segala amal peribadatan.

2. Selalu Membaca Do'a Sebelum dan Sesudah Melakukan Sesuatu

Do'a merupakan senjatanya orang yang beriman, maka dengan permohonan doa yang dipanjatkan kita akan selalu mengakui tentang ke-Esaan Tuhan (Allah), tiada Tuhan selain Dia, dan Dialah satu-satunya tempat bergantung semua makhluknya.

3.  Tidak Makan dan Minum Sambil Berdiri

Dalam adabnya ketika makan dan minum air sebaiknya sambil duduk, secara lahiriyah dapat kita rasakan bahwa ketika makan dan minum dilakukan sambil berdiri maka perut akan terasa sakit perih. Minum air dengan tiga kali tegukan sekali nafas, dan menghindari minum sambil bernafas.

4.  Makan dengan Menggunakan Jari Tangan Sebelah Kanan

Di dalam jari tangan manusia ini menurut para ahli terdapat zat kimia yang dapat mempercepat pembusukan terhadap makanan, jadi tidak salah jika makan akan lebih baik di lakukan dengan memakai jari tangan tidak menggunakan sendok.

5.  Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Hal ini memang cukup sulit dilakukan oleh kita manakala sedang menikmati menu makanan yang kita sukai baru setengahnya mendadak harus berhenti, tapi inilah indahnya Islam ia hadir untuk menyeimbangkan kehidupan terutama keseimbangan dalam makanan.

Membagi isi perut menjadi tiga bagian 1) untuk makanan 2) untuk minuman 3), untuk udara.

6.  Membuang Air Besar dengan Cara Jongkok

Di negara-negara bagian timur mungkin kebiasaan membuang hajat besar sambil jongkok masih banyak dilakukan, menurut para ahli pun bahwa buang hajat besar sambil jongkok akan menghindari dan mengurangi resiko terkena dari penyakit wasir atau ambeyen.

7.  Mandi Dimulai dari Bagian Bawah Tubuh

Hal ini meskipun sepele dan bahkan kita anggap remeh, ternyata mandi dengan cara yang benar akan membawa pada kebaikan pada tubuh itu sendiri. Sebelum membasuh seluruh tubuh dengan air, ada urutan-urutan yang mesti dilakukan, antara lain :
  • Mulailah mandi dengan membasuh bagian kaki tunggu hingga 10 detik
  • Dilanjutkan membasuh bagian tengah badan ke bawah tunggu hingga 10 detik
  • Kemudian basuhlah seluruh badan sebagaimana mandi biasanya
8.  Istirahat Tidur Malam yang Cukup

Dalam Islam istirahat tidurpun ada aturannya, tidak asal merem asal bisa memejamkan mata. Posisi tidur yang baik, sesuai waktunya dan berkualitas dapat meningkatkan kinerja dalam melakukan kegiatan keesokan harinya.

Berikut ini tata cara tidur dan waktu tidur yang benar :
  • Tidur dimulai dengan posisi badan miring ke kanan menghadap kiblat, dengan posisi kepala diarah bagian utara.
  • Istirahat tidur siang walau sebentar
Ketika terbangun dari tidur jangan langsung berdiri, para ahli menyarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini terlebih dahulu :
  • Ketika terbangun dari tidur, berbaringlah dulu selama 30 detik
  • Lalu duduk dahulu di tempat tidur selama 30 detik
  • Lalu duduklah di tepi kasur selama 30 detik
  • Kemudian berdiri dulu selama 30 detik
9.  Rajin Berolah Raga 
Berjalan kaki selain untuk menjalani kegiatan sehari-hari juga banyak sekali keuntungannya dari kegiatan berjalan kaki ini. Namun dalam Islam cara berjalan kakipun ada sedikit perbedaan dengan cara berjalan seperti biasanya.

Berdasarkan catatan sejarah, Rasulullah saw bila melakukan perjalanan kaki seolah-olah berjalannya itu setengah dari pada berlari, agak cepat dan posisi badannya itu lurus kedepan tidak membungkuk. dan berjalan merupakan olah raga yang umum dilakukan dan sudah terbukti hasilnya terhadap kesehatan tubuh.

10. Menjaga Kebersihan

Islam sangat menaruh perhatian pada yang namanya kebersihan, salah satu contohnya ada sebuah keterangan hadits yang menyatakan "kalaulah tidak memberatkan atas umatku niscaya aku perintahkan pada mereka untuk bersiwak setiap akan melakukan ibadah shalat". Selain itu menjaga kebersihan adalah merupakan sebagian daripada keimanan kepada Allah SWT.

Itulah 10 tips pola hidup sehat dalam Islam, selain data di atas mungkin masih ada lagi pola-pola hidup sehat yang lainnya yang pernah dilakukan oleh baginda Nabi Muhammad Rasulullah SAW yang belum diketahui. Wallahu a'lam

Posting Komentar untuk "Tips Pola Hidup Sehat dalam Islam"