Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Demokrasi Yang Ada di Indonesia


Setiap negara di seluruh dunia pastinya mempunyai sistem untuk mendirikan negaranya untuk menjalankan roda pemerintahan, setiap sistem yang di anut setiap negara tentunya akan berbeda-beda menyesuaikan dengan keadaan bangsanya. Untuk bangsa yang majemuk seperti Indonesia misalnya memerlukan sistem negara yang betul-betul akan mampu menaungi dan melindungi setiap hak warganya.

Sistem negara demokrasi lahir dari sebuah peradaban yang cukup jauh yakni dari peradaban bangsa Yunani kuno, menurut kamus bahasa Demokrasi berasal dari dua kata yaitu Demos dan Kratos. Demos artinya rakyat sedangkan Kratos artinya pemerintahan atau kekuasaan. Sedangkan menurut istilah demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan yang kekuasaannya ada di tangan rakyat.

Setiap warga negara pastinya mengenal sistem pemerintahan yang di anut negaranya, seperti kita Indonesia sistem yang di anutnya adalah sistem demokrasi. Indonesia menjalankan sistem demokrasi setelah memasuki alam kemerdekaan dari penjajahan bangsa-bangsa asing. Karena seperti yang sudah diketahui bersama bahwa bangsa Indonesia itu sebelumnya adalah merupakan penganut sistem Monarki atau kerajaan.

Indonesia menjalankan sistem demokrasi dalam rangka mempersatukan suku-suku yang tersebar di berbagai belahan pulau yang tersebar banyak di Nusantara Indonesia. Salah satu cara untuk mempersatukan suku-suku bangsa itu salah satu pilihannya adalah melalui sistem demokrasi, sistem ini di anggap cocok untuk kawasan majemuk dengan banyaknya keanekaragaman suku, bahasa dan budaya seperti Indonesia.

Para pendiri bangsa Indonesia dengan bersusah payah menyusun dalam rangka untuk membentuk suatu ramuan yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar landasan negara yang akan dibentuknya, karena sebelumnya belum ada negara Indonesia namanya masih Nusantara yang berarti gugusan nusa yang banyak tersebar dikepulauan Nusantara.

Dari segenap pemikiran yang ada, maka terbentuklah sebuah susunan dasar negara Indonesia itu dalam bentuk susunan dasar negara dalam bentuk yang dinamakan Pancasila. Dengan susunan lima dasar negara yang disebut pancasila ini diharapkan dapat mempersatukan beragam suku, bahasa dan budaya yang tersebar dikepulauan Nusantara.

Berikut ini merupakan susunan Pancasila, antara lain :
  1. Ketuhanan yang maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Susunan kelima dasar dari pancasila ini, merupakan hasil yang sudah di anggap selesai oleh semua pihak karena sudah cukup menaungi seluruh keberagaman yang ada di Nusantara baik dari segi agama, suku dan budayanya. Ingin lebih jelas mengenai Pancasila silahkan baca di sini

Untuk memahami lebih jauh mengenai sistem pemerintahan yang di anut oleh setiap negara, ada baiknya kita mengenal kelebihan dan kekurangan mengenai sistem tersebut.

Kelebihan-kelebihan dalam sistem demokrasi :
  1. Dapat mewakili serta dapat menyalurkan aspirasi semua hak warga negaranya
  2. Semua kalangan dapat ikut serta dalam proses pemerintahan
  3. Tidak adanya kelas-kelas tertentu dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara
  4. Bersama-sama dapat membangun bangsa dan negaranya
  5. Dapat saling menghormati dan menghargai antar satu sama lainnya meskipun berbeda-beda
  6. Warga negara sebagai rakyat, bisa menggantikan pemimpin yang kurang cakap dibidangnya
  7. Setiap warga negara berhak menentukan nasib bangsanya sendiri
  8. Dan lain-lain
Kekurangan-kekurangan dalam sistem demokrasi :
  1. Penyelenggaraan dalam proses pemilihan calon pemimpin membutuhkan banyak biaya
  2. Menyita semua perhatian rakyat, rakyat terganggu dengan kegaduhannya
  3. Ketenangan rakyat sering terganggu dengan banyaknya pemberitaan saat kampanye
  4. Kurang memperhatikan kecakapan dan kapasitas keilmuan para kandidat
  5. Siapapun bisa mencalonkan diri menjadi kandidat wakil rakyat jika punya biaya
  6. Segala cara dilakukan demi meraih kemenangan
  7. Sering menimbulkan persaingan yang tidak sehat antar kandidat
Bagaimanapun sistem demokrasi merupakan suatu sistem yang dihasilkan dari buah pemikiran manusia, tidak menjanjikan kesempurnaan di dalamnya. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sistem demokrasi yang dipaksakan disuatu negara tertentu, tidak berjalan baik disebabkan berbeda kebutuhan dan berbeda dengan kondisi alam dan mayoritas bangsanya sendiri.

Kita ketahui bersama dan sering bertanya-tanya kenapa Inggris sebuah negara yang dikatakan maju masih menggunakan sistem Monarki kerajaan? tentu hal ini hanya pemerintah inggris yang tahu. Jika dikaji lebih mendalam ternyata pemakaian sistem monarki kerajaan itu dapat memberikan keuntungan yang lebih, dalam hal ketenangan jiwa rakyatnya.

Negara-negara yang masih menganut sistem Monarki kerajaan, rakyatnya tidak dipusingkan lagi dengan yang namanya proses-proses pemilihan umum, karena mereka sudah mengenal dengan siapa calon pemimpin bangsanya dikemudian hari. Rakyat menjadi lebih fokus bekerja menjalankan roda perekonomian dan menghasilkan Ilmuwan-ilmuwan.

Yunani merupakan negara pencetus sistem demokrasi ini, namun jika kita lihat hari ini apa yang terjadi dengan negara tersebut, ternyata menjadi sebuah negara yang tidak lagi menjadi rujukan oleh negara-negara lainnya baik dari segi keilmuwan dan pemikirannya.

Demikian bahasan singkat tentang sistem demokrasi yang ada di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Sistem Demokrasi Yang Ada di Indonesia"