Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Lapis Langit dan Penghuninya


Para Nabi dan Rasul merupakan orang-orang yang diberikan keistimewaan melebihi orang-orang pada umumnya, namun meski demikian mereka masih tetap sebagaimana manusia pada umumnya seperti masih bekerja. Ada yang menjadi pertukangan, berdagang, bercocok tanam dan sebagainya seperti halnya manusia lain pada umumnya yang masih membutuhkan perbekalan untuk menjalani kehidupan.

Pembahasan mengenai 7 lapis langit dan penghuninya, berkaitan erat dengan terjadinya sebuah peristiwa maha besar dalam sejarah ajaran agama Islam yang sangat jauh dari jangkauan daya nalar akal pikiran manusia pada umumnya yaitu peristiwa terjadinya Isra' dan Mi'raj Nabi Muhammad saw, yakni sebuah perjalanan singkat dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso kemudian naik ke lapisan langit dan ke Sidratul Muntaha yang terjadi pada tanggal 27 bulan Rajab.

Jarak antara Masjidil Haram ke Masjidil Aqso adalah 1250 km, lalu naik ke langit sampai ke langit ke tujuh lalu ke Sidratul Muntaha, yang ukuran jaraknya tidak terhingga menurut ukuran kita. Sedangkan peristiwa maha besar itu hanya berlangsung semalaman dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mempercayai dan memahami tentang peristiwa itu.

Orang yang paling pertama mempercayai peristiwa ini adalah sahabat Abu Bakar, karena rasa keimanan yang kuat inilah maka Abu Bakar di digelari dengan sebutan  Ash Shidiq, lalu kemudian disusul oleh orang-orang yang lemah dari kalangan hamba sahaya.

Dari ribuan kisah yang sampai kehadapan kita tentang perjalanan para Nabi dan Rasul dalam mengemban misinya yakni untuk berdakwah dalam rangka menyampaikan risalah kenabiannya, selalu saja orang-orang yang di anggap lemah dari segi kedudukan dan kekayaan yang paling dahulu mengimani, mempercayai dan mengikuti para utusan Allah itu.

Lain halnya dengan orang-orang yang mempunyai kedudukan dan limpahan kekayaan, rata-rata mereka menolak ajakan Nabi mereka dengan tegas bahkan sampai memusuhinya.

Tujuh Nabi Yang Tinggal di Langit

Untuk lebih jelasnya mengenai siapa saja nama-nama para nabi itu, kita sebutkan satu persatunya mengenai 7 lapis langit dan penghuninya berikut ini :
  1. Langit pertama, dihuni oleh Nabi Adam Alaihissalam
  2. Langit kedua, dihuni oleh Nabi Yahya dan Nabi Isa Alaihissalam
  3. Langit ketiga, dihuni oleh Nabi Yusuf Alaihissalam
  4. Langit keempat, dihuni oleh Nabi Idris Alaihissalam
  5. Langit kelima, dihuni oleh Nabi Harun Alaihissalam
  6. Langit keenam, dihuni oleh Nabi Musa Alaihissalam
  7. Langit ketujuh, dihuni oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam
Itulah tujuh para Nabi yang pernah Rasulullah saw temui pada saat berlangsungnya peristiwa Isra' dan Mi'raj. sebagai manusia biasa yang di beri akal pikiran tentunya kita bertanya apakah para nabi yang di sebutkan di atas itu masih hidup sampai sekarang? Untuk jawaban yang paling tepat adalah Wallahu a'lam, hanya Allahlah yang mengetahuinya.

Tetapi hadits-hadits yang membahas tentang akhir zaman memberikan sedikit bocoran, salah satunya bahwa nanti setelah mendekati Akhir Zaman atau sebelum terjadinya hari kiamat besar terjadi akan diturunkan ke dunia ini seorang Nabi lagi, yakni seorang Nabi yang dulu pernah hidup di dunia ini yang di angkat oleh Allah swt ke langit, namanya adalah Nabi Isa Alaihissalam yakni nabi yang pernah bertemu dengan baginda Nabi Muhammad saw di lapisan langit kedua pada saat terjadinya Isra' Mi'raj.

Jadi menurut uraian di atas bahwa kemungkinan 8 (delapan) Nabi penghuni tujuh lapisan langit itu masih hidup sampai sekarang. Dengan tanpa adanya keimanan yang mendalam, kita tidak mungkin mempercayai hal-hal semacam itu karena hal seperti itu jauh dari daya nalar pemikiran akal manusia seperti kita ini.

Dengan bantuan kemajuan Tekhnologi yang ada saat ini, masih belum bisa mendeteksi dan menemukan dimana sebenarnya letaknya lapisan-lapisan langit itu, bahkan Allah swt dari sejak al Quran di wahyukan kapada nabi Muhammad saw sejak 1400 tahun lalu, Allah swt telah memberikan tantangan kepada seluruh umat Jin dan manusia supaya melintasi penjuru langit dan bumi.

Tantangan dari Allah itu termaktub dalam Qs Ar Rahman ayat 33, berbunyi :
Hai jama'ah Jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. Qs. Ar Rahman : 33
Dari sejak ayat ini diturunkan sampai sekarang belum terdengar kabar ada manusia yang bisa menemukan dimana sebenarnya batas-batas langit itu, tapi kalau sekedar informasi bahwa manusia sekarang sudah bisa pergi ke ruang angkasa yang dinamakan Astronot bahkan sudah bisa menginjakan kakinya di bulan, namun kabar mengenai cerita inipun sampai sekarang masih dalam perdebatan.

Dari peristiwa terjadinya Isra' dan Mi'raj inilah kita akhirnya dapat mengetahui bahwa sesungguhnya para utusan sebelum Nabi Muhammad saw itu benar-benar ada, Allah swt sengaja membuktikannya agar tidak hanya ada dalam kisah-kisah yang disebutkan dalam Al Quran.

Dengan adanya peristiwa ini pula kita mempunyai kewajiban untuk selalu menunaikan ibadah shalat yang lima waktu.

Itulah pembahasan mengenai 7 lapis langit dan penghuninya dari langit pertama sampai langit yang ketujuh, semoga dengan mengetahui perkara seperti ini kita semua semakin dapat memperkokoh rasa keimanan kita kepada Allah swt, yang benar hanya dari Tuhan yang salah karena keawaman kita.

Wallaahu a'lam.

Posting Komentar untuk "7 Lapis Langit dan Penghuninya"