Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nabi Isa AS Beserta Mukjizatnya


Nabi Isa AS, merupakan seorang Nabi yang terlahir dari seorang wanita yang masih gadis ia bernama Maryam, yang suci yang tanpa didahului dengan adanya sebab hubungan bercampurnya antara seorang suami istri (ayah dan ibu), beliau dilahirkan murni atas kehendak Allah swt untuk membuktikan kemahakuasaa-Nya.

Pembahasan selengkapnya tentang kisah nabi Isa as beserta mukjizatnya, akan di jelaskan selengkapnya dibawah ini.

Ibu Nabi Isa AS bernama Siti Maryam, ia merupakan seorang gadis yang baik budi pekertinya. Setelah beranjak dewasa Maryam selalu mengurung diri didalam tempat ibadah dan sama sekali tidak pernah berhubungan dengan orang lain yang ada disekitar lingkungannya.

Suatu waktu Nabi Zakaria menengok ditempatnya Maryam, lalu beliau heran terkejut karena melihat banyak aneka buah-buahan terdapat dikamar itu, Siti Maryam lantas menjelaskan bahwa semua itu pemberian dari Allah swt.

Ketika melihat hal itu Nabi Zakaria percaya dengan hal itu, karena tidak mustahil Siti Maryam yang suci, bertaqwa, taat dan tunduk atas segala perintah dari Allah swt mendapatkan karunia berupa makanan-makanan yang berasal dari surga.

Kelahiran Nabi Isa AS

Pada suatu waktu Siti Maryam kedatangan Malaikat yang menjelaskan bahwa Maryam akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang kelak akan menjadi seorang Nabi dan Rasul sebagai utusan Allah swt untuk menyampaikan risalah kenabian.

Kemudian Siti Maryam merasa heran atas kabar ini, bagaimana bisa ia seorang gadis perawan dan belum menikah punya suami akan punya anak. Malaikat itu menjawab jika Allah menghendaki sesuatu maka cukuplah berkata : Kun fayakun, jadilah, maka kehendaknya akan jadi.

Tidak berapa lama setelah ada kabar itu Maryampun hamil, setelah ketahuan Maryam hamil maka sontak menjadi bahan pergunjingan di lingkungan masyarakat sekitarnya. Masyarakat menuduh Maryam telah berbuat sesuatu yang serong dengan seorang laki-laki.

Tuduhan semacam itu merupakan ujian yang paling berat dirasakan bagi Maryam dan ujian semacam ini harus dihadapi dengan keimanan yang teguh. Lalu Maryam mengasingkan diri dari keramaian untuk menghindari cemoohan masyarakat.

Ia melahirkan Nabi Isa dibawah pohon Kurma yang diberkati Allah swt. Dengan selamat Siti Maryam telah melahirkan bayi (Nabi Isa alaihissalam), setelah cukup pulih kesehatannya Maryam kembali ke rumahnya dengan membawa bayinya.

Ketika kembali sampai dirumahnya Siti Maryam mendapatkan banyak pertanyaan, dari masyarakat seperti pertanyaan bagaimana bisa seorang gadis perawan yang tekun beribadah bisa hamil dan mempunyai anak?

Mendapatkan pertanyaan seperti itu Maryam tidak bisa menjawab, ia malah menjawab, tanyakanlah pada bayi itu! kata Siti Maryam kepada orang-orang di sekelilingnya. Orang-orang menganggap Maryam agak tak waras, lalu mereka bertanya kepada bayi itu.

Atas kuasa Allah swt tak disangka bayi itu bisa bicara dan menjawab pertanyaan orang-orang itu. Bayi itu menjawab : Aku adalah hamba Allah, akan diturunkan kepadaku Kitab Injil, Allah telah memilihku untuk menjadi seorang Nabi, menjadikanku orang yang mendatangkan berkah dan mengajarkan kebaikan, memerintahku unutk mendirikan shalat dan membayar zakat selama hidupku. berbuat baik pada orang tuaku, aku tidak sombong pada orang lain dan tidak tenggelam dalam maksiat. Allah memberiku keselamatan pada hari lahirku dan kematianku dan juga pada hari kebangkitan dihari Kiamat.

Dengan jawaban seperti ini, akhirnya orang-orang yakin bahwa Ssiti Maryam memang suci bersih atas tuduhan orang-orang selama ini. Semenjak itu Nabi Isa tumbuh dan sejak kecil Isa sudah menampakkan diri sebagai manusia yang istimewa kecerdasannya luar biasa.

Nabi Isa AS di angkat menjadi Nabi

Ketika menginjak umur 30 tahun ia diangkat sebagai Nabi dan Rasul, sebelum itu ia telah belajar tentang kitab Taurat dan Injil. Setelah Isa diangkat sebagai Nabi dan Rasul mulailah ia menyebarkan agama Islam kepada kaumnya.

Hal pertama yang ia serukan adalah agar kaum Yahudi dan orang-orang Israil untuk kembali kepada Allah swt. Nabi Isa mengajak menyadarkan mereka yang telah berani merubah-rubah isi daripada kitab Taurat yang diberikan kepada Nabi Musa alaihissalam.

Dalam kitab Injil yang diajarkan oleh Nabi Isa adalah mengenai kabar tentang akan adanya Nabi sesudahnya, yakni sebagai Nabi penutup yang tidak akan ada lagi Nabi utusan yang namanya Ahmad atau Muhammad. Hal ini terdapat dalam kitab Al Quran, yang berbunyi :

وَإِذۡ قَالَ عِيسَى ٱبۡنُ مَرۡيَمَ يَٰبَنِيٓ إِسۡرَٰٓءِيلَ إِنِّي رَسُولُ ٱللَّهِ إِلَيۡكُم مُّصَدِّقٗا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيَّ مِنَ ٱلتَّوۡرَىٰةِ وَمُبَشِّرَۢا بِرَسُولٖ يَأۡتِي مِنۢ بَعۡدِي ٱسۡمُهُۥٓ أَحۡمَدُۖ فَلَمَّا جَآءَهُم بِٱلۡبَيِّنَٰتِ قَالُواْ هَٰذَا سِحۡرٞ مُّبِينٞ ٦

Artinya : Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)". Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata" (Qs. Ash Shaff ayat 6).

Ajaran Nabi Isa alaihissalam diteruskan lagi oleh para sahabatnya dan murid-muridnya kepada kaumnya. kedatangan Nabi Isa dengan membawa ajaran yang bersih dan benar, membuat tokoh-tokoh agama setempat dari kalangan para rahib bani Israil terancam soal kedudukannya.

Mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS

Maka mereka meminta bukti kebenaran kenabian beliau selaku utusan Allah. Atas permintaan tersebut maka Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Isa untuk meneguhkan ajarannya. Adapun mukjizat-mukjizat Nabi Isa As, antara lain :
  1. Nabi Isa membuat mainan burung dari tanah liat, kemudian setelah ditiup mainan burung itu dapat hidup dan terbang atas seizin Allah.
  2. Nabi Isa dapat menyembuhkan orang yang buta
  3. Nabi Isa dapat menyembuhkan orang yang sakit sopak
  4. Nabi Isa dapat menghidupkan orang yang mati
  5. Nabi Isa dapat menceritakan jenis makanan yang dimakan orang-orang dirumah mereka dan juga makanan yang mereka simpan.
  6. Nabi Isa dapat menurunkan makanan dari langit untuk menuruti kaumnya yang minta hidangan dari surga.
Ketika melihat perkembangan Nabi Isa dengan ajarannya, pemerintah Romawi menjadi tidak menyukai kehadiran Nabi isa yang dianggapnya akan membahayakan kekuasaan mereka, maka disusunlah rencana untuk membinasakan Nabi Isa As.

Dalam masa pencariannya para tentara romawi akhirnya mereka menemukan tempat persembunyian Nabi Isa akibat diberitahukan oleh salah seorang muridnya. Salah seorang murid yang berkhianat itu bernama Yudas Iskhairot.

Nabi Isa AS Diangkat ke Langit

Tetapi Allah swt melindungi Nabi Isa dengan cara diangkatnya kelangit. sedangkan Yudas  yang telah berkhianat diserupakan wajah dan penampilannya mirip seperti Nabi Isa, maka akhirnya tanpa ampun Yudaslah yang ditangkap kemudian disalib oleh para tentara Romawi.

Keterangan ini mungkin mungkin berbeda dengan keyakinan menurut agama selain agama Islam, namun inilah keterangan yang disampaikan melalui kitab Al Quran kepada Nabi Muhammad saw dan untuk kaum muslimin.

Nabi Isa alaihissalam kelak akan diturunkan lagi kedunia menjelang hari Kiamat untuk menunaikan tugasnya yakni membunuh Dajjal sang pembawa fitnah terbesar di pintu gerbang kota Lud Palestina.

Demikianlah pembahasan tentang kisah Nabi Isa as beserta mukjizatnya yang di milikinya, seorang Nabi yang terlahir tanpa ayah, yang dilahirkan dari rahim seorang gadis perawan (Maryam) yang suci, semoga dengan adanya kisah ini dapat menambah wawasan kita mengenai keislaman kita.
Wallaahu A'lam

Posting Komentar untuk "Kisah Nabi Isa AS Beserta Mukjizatnya"