Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Jin, Iblis dan Setan Menurut Islam


Allah Swt merupakan Tuhan yang telah menciptakan makhluk hidup di dunia ini tidaklah hanya satu atau beberapa jenis makhluk saja untuk mendiami planet bumi ini saja, melainkan di luar angkasa raya pun mungkin ada makhluk hidup lainnya. karena keterbatasan jangkauan ilmu pengetahuan akal manusia kita tidak cukup mampu mengetahui seluruhnya. 

Di dalam kitab suci Al-Quran, diketemukan ada nama-nama makhluk lain selain manusia yang sering disebutkan dalam berbagai ayat dan surat yakni tentang Jin, Iblis dan Setan (Syaiton). tentunya dari setiap makhluk tersebut memiliki perbedaan-perbedaan antara satu sama lainnya.

Allah swt tidaklah menciptakan suatu makhluk dengan kesia-kesiaan melainkan ada tujuan dan akan ada pertanggung jawaban kelak, jika amanah waktu kehidupan yang telah diberikan sudah berakhir.

Sesungguhnya makhluk Jin dan Manusia ini bukan saja makhluk yang hanya dibiarkan begitu saja untuk tinggal dan menikmati semua kenikmatan dan kesenangan yang ada dibumi ini, melainkan dua jenis golongan ini dibebankan untuk beribadah menyembah hanya kepada Allah semata Tuhan Yang Maha Esa.

Apa sebenarnya perbedaan antara Jin, Iblis dan Setan menurut Islam? Berikut adalah perbedaan Jin, Iblis dan Setan menurut Islam selengkapnya.

Apa itu Jin ?

Jin adalah makhluk yang diciptakan dari api yang sangat panas, ia juga mempunyai jenis kelamin ada yang laki-laki ada yang perempuan. Dari kalangan Jin juga ada yang patuh terhadap perintah Tuhan dan ada juga yang mengingkari dan membangkang atas perintah Tuhan. Jin yang ingkar dan membangkang perintah Tuhan maka disebut Iblis atau Setan.

Apa itu Iblis atau Setan ?

Nama asli dari pada Iblis adalah Azazil, Azazil ini merupakan bapaknya dari bangsa Jin yang ada di sekitar kita dan hidup berdampingan dengan kita namun tidak kelihatan. Bahwa Azazil ini juga adalah pemimpin dari kelompok Setan dari kalangan Jin dan manusia yang menjadi pengikutnya. Azazil ini pernah jadi imamnya para Malaikat.

Sebelum dilaknat oleh Allah swt dan masih bernama Azazil, bentuk fisiknya rupawan dan menjadi kebanggaan di antara kalangan para Malaikat, namun setelah durhaka kepada Allah, dan Allah memanggilnya dengan panggilan Iblis, maka bentuk fisiknya berubah menjadi sesuatu yang buruk bila dilihatnya.

Iblis meminta kepada Allah swt agar menangguhkan ajalnya sampai hari kiamat, permintaannya ini dikabulkan oleh Allah swt, sebagai balasan atas kebaikan dan kepatuhannya yang pernah dilakukan untuk beribadah kepada Allah swt sebelum nabi Adam di ciptakan.

Permintaan Iblis supaya berumur panjang terdapat dalam Qs. Al-Hijr ayat 36.

قَالَ رَبِّ فَاَنْظِرْنِيْٓ اِلٰى يَوْمِ يُبْعَثُوْنَ

Artinya : "Berkata Iblis : Ya Tuhanku, kalau begitu maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari manusia dibangkitkan.

Kemudian Allah Swt menjawab, terdapat dalam Qs. Sad ayat 85.

لَاَمْلَـَٔنَّ جَهَنَّمَ مِنْكَ وَمِمَّنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ اَجْمَعِيْنَ

Artinya : "Sesungguhnya aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka semuanya.

Setelah nabi Adam di ciptakan oleh Allah, Iblis menjadi makhluk pembangkang, maka ia dikutuk oleh Allah dan di usir dari surga, kelak di setelah terjadi hari kiamat Iblis dan setan akan dimasukan kedalam neraka bersama orang-orang yang berdosa. Oleh sebab itulah Iblis dan setan akan mencari teman sebanyak-banyaknya dari kalangan Jin dan manusia agar menjadi penghuni neraka.

Iblis adalah makhluk yang berasal dari kalangan bangsa Jin, namun sudah ingkar dan membangkang terhadap perintah-perintah dari Tuhan (Allah swt). Iblis dan keturunannya adalah makhluk yang sangat durhaka dan jahat, tidak ada kebaikannya sama sekali. Pekerjaan Iblis dan setan menggoda manusia agar tersesat dan jatuh dalam lembah dosa.

 Ciri-ciri Fisik Iblis
  • Mukanya seperti Babi hutan
  • Kepalanya seperti kepala Unta
  • Dadanya seperti daging menonjol di atas punggung
  • Wajah di antara dada dan kepala seperti Kera
  • Matanya terbelah sepanjang permukaan wajahnya
  • Lubang hidungnya terbuka bagai ketel bekam
  • Bibirnya seperti bibir Lembu
  • Taringnya keluar seperti taring Babi hutan
  • Berjanggut sebanyak tujuh helai
Apa itu Setan (Syaiton) ?

Adapun Setan merupakan sebuah julukan (gelar) bagi kalangan bangsa Jin dan manusia yang ingkar, yang pekerjaannya suka menggoda. Ciri-ciri Setan baik dari kalangan Jin dan manusia adalah menggoda, guna menyesatkan dan menjauhkan manusia dari jalan kebenaran supaya terjatuh kedalam lembah dosa dan maksiat agar nantinya bersama-sama mereka masuk kedalam api neraka.

Penutup

Dari keterangan di atas maka sebenarnyanya Jin, Iblis dan Setan itu berasal dari jenis makhluk golongan yang masih sama tetapi beda kelompok, kemudian muncul nama lain disebabkan karena perbuatannya yang telah durhaka akibat pembangkangannya kepada Tuhan (Allah). Nama-nama itu merupakan pemberian langsung dari Allah swt yang termaktub dalam kitab Al-Quran. 

Itulah bahasan singkat tentang perbedaan Jin, Iblis dan Setan menurut Islam, dengan adanya kisah ini semoga kita semakin memperteguh rasa keimanan kita kepada Tuhan (Allah swt). Wallaahu a'lam

Posting Komentar untuk "Perbedaan Jin, Iblis dan Setan Menurut Islam"