Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaga Alam: Inilah Alternatif Kemasan Daging Kurban Ramah Lingkungan

Hari raya Qurban menjadi hari yang sangat mengasyikkan bagi umat Islam. Selain adanya Ibadah Haji di Mekah yang dilaksanakan oleh jutaan manusia, di setiap daerah tempat tinggal Umat Islampun, masyarakat ramai menyembelih dan membagikan hewan Qurban.

Akan tetapi, satu hal yang menjadi masalah, yaitu ketika pembagian daging kurban, penggunaan kantong plastik menjadi naik drastis.

Padahal seperti kita pahami bersama, sampah plastik sekarang menjadi perhatian dunia. Sampah plastik menjadi hal buruk bagi alam. Plastik tidak bisa terurai cepat dilingkungan. Butuh lebih dari seratus tahun untuk terurai. Akibatnya Jutaan plastik ini menjadi sampah dan menimbun tampang bumi baik di daratan dan di lautan. Hal ini hasilnya akan mempunyai dampak buruk bagi kehidupan manusia sendiri.

Mari kita hayati Firman Allah dalam Surat Ar-Rum ayat 41yang artinya berikut ini:
Tеlаh nаmраk kеruѕаkаn dі dаrаt dаn dі mаrіtіm dіѕеbаbkаn kаrеnа tіndаkаn tаngаn іnѕаn, ѕuрауа mеrеkа mеrаѕаkаn ѕеbаhаgіаn dаrі (аkіbаt) tіndаkаn mеrеkа, аgаr mеrеkа kеmbаlі (kе jаlаn уаng bеnаr).

Oleh alasannya adalah itu, kesadaran untuk meminimalisir penggunaan plastik harus terus menerus ditingkatkan. Salah satunya dikala momen Hari Raya Qurban ini, yaitu dengan cara tidak memakai kantong plastik untuk pembagian daging Qurban.

Lalu, apa alternatif pengganti kantong plastik untuk membagi daging Qurban?

Berikut ada beberapa Cara yang dapat dilaksanakan.

1. Gаntі Kаntоng Plаѕtіk Dеngаn Dаun

Kembali ke cara tradisional menjadi cara paling efektif. Dahulu sebelum adanya kantong plastik, masyarakat kita sudah menggunakan daun untuk membungkus makanan. Daun Pisang, daun pepaya dan Daun jati menjadi pilihan paling menawan, lantaran ketersediaannya yang cukup melimpah di Indonesia.


Daun Kelapa juga bisa digunakan, dengan cara menganyamnya menjadi wadah, tetapi untuk penggunaan masal kelihatannya cukup susah.


2. Gunаkаn Kоtаk Bеѕеk Bаmbu

Sudah menjadi tradisi bangsa ini menggunakan kotak besek dalam upacara-upacara tradisi. Ketersediaan di pasar yang cukup melimpah bisa dijadikan alternatif yang efektif untuk pegganti kantong plastik saat membagikan daging kurban. Agar Air dari daging tidak merembes, bisa dilapisi dengan daun di serpihan dalamnya.



3. Mеmbаwа Wаdаh Sеndіrі

Pembagian kurban kadang dilakukan dengan memanggil penduduk untuk mengambil daging sendiri. Oleh sebab itu, beri aba-aba kepada masyarakat untuk menenteng wadah sendiri, bisa dengan menghimbau penduduk untuk menenteng tas kain sendiri atau wadah yang dimiliknya di dapur.  

4. Mеnggunаkаn Kаntоng Plаѕtіk Nаbаtі.

Kini para ilmuwan dan produsen sudah mampu menciptakan plastik dengan materi dasar singkong. Plastik Singkong ini sungguh ramah lingkungan karena dapat dengan mudah terurai di alam. Plastik singkong tidak seperti plastik sintetis. Plastik ini dapat mudah hancur cuma dengan dicampur dalam air panas.



Posting Komentar untuk "Jaga Alam: Inilah Alternatif Kemasan Daging Kurban Ramah Lingkungan"