Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 183


Sahabat beriman! Kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua umat Islam terdapat dalam rukun Iman dan rukun Islam. Salah satu rukun Islam adalah diwajibkannya untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh pada bulan ramadhan, kecuali bagi wanita haid dan bagi mereka yang mendapatkan keringanan seperti yang sudah berusia lanjut dan yang sakit. 

Ibadah puasa juga pernah dilaksanakan pada zaman nabi sebelumnya seperti pada zaman nabi Daud. Kewajiban melaksanakan ibadah puasa ramadhan ini untuk seluruh kaum muslim yang ada di seluruh dunia, adapun waktunya disesuaikan dengan kondisi waktu ditempat itu, maka tak heran selalu ada perbedaan dalam mengawali dan mengakhirinya.

Berikut adalah isi kandungan surat al-Baqarah ayat 183 dan penjelasannya.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Atinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Qs. Al Baqarah : 183)

Penjelasan Tafsir Ayat

Para ulama banyak memberikan uraian tentang hikmah berpuasa, misalnya: untuk mempertinggi budi pekerti, menimbulkan kesadaran dan kasih sayang terhadap orang-orang miskin, orang-orang lemah yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya, melatih jiwa dan jasmani, menambah kesehatan dan lain sebagainya.

Uraian seperti di atas tentu ada benarnya, walaupun tidak mudah dirasakan oleh setiap orang. Karena, lapar, haus dan lain-lain akibat berpuasa tidak selalu mengingatkan kepada penderitaan orang lain, malah bisa mendorongnya untuk mencari dan mempersiapkan bermacam-macam makanan pada siang hari untuk melepaskan lapar dan dahaganya di kala berbuka pada malam harinya.

Begitu juga tidak akan mudah dirasakan oleh setiap orang berpuasa, bahwa puasa itu membantu kesehatan, walaupun para dokter telah memberikan penjelasan secara ilmiah, bahwa berpuasa memang benar-benar dapat menyembuhkan sebagian penyakit, tetapi ada pula penyakit yang tidak membolehkan berpuasa.

Keutamaan-Keutamaan Ibadah Puasa Ramadhan  

Kalau diperhatikan perintah berpuasa pada bulan Ramadan ini, maka pada permulaan ayat 183 secara langsung Allah Swt menunjukkan perintah wajib itu hanya kepada orang yang beriman saja. Disini terlihat jelas bahwa perintah ini khusus untuk orang-orang yang meyakini adanya Allah Swt dan adanya hari pembalasan.

Orang yang beriman akan patuh melaksanakan perintah berpuasa dengan sepenuh hati, karena ia merasa kebutuhan jasmaniah dan rohaniah adalah dua unsur yang pokok bagi kehidupan manusia yang harus dikembangkan dengan bermacam-macam latihan, agar dapat dimanfaatkan untuk ketenteraman hidup yang bahagia di dunia dan akhirat.

Pada ayat 183 ini Allah mewajibkan puasa kepada semua manusia yang beriman, sebagaimana diwajibkan kepada umat-umat sebelum mereka agar mereka menjadi orang yang bertakwa. Jadi, puasa sungguh penting bagi kehidupan orang yang beriman. 

Kalau kita selidiki macam-macam agama dan kepercayaan pada masa sekarang ini, dijumpai bahwa puasa salah satu ajaran yang umum untuk menahan hawa nafsu dan lain sebagainya.

Perintah berpuasa diturunkan pada bulan Sya’ban tahun kedua Hijriyah, ketika Nabi Muhammad saw mulai membangun pemerintahan yang berwibawa dan mengatur masyarakat baru, maka dapat dirasakan, bahwa puasa itu sangat penting artinya dalam membentuk manusia yang dapat menerima dan melaksanakan tugas-tugas besar dan suci.

Demikian bahasan tentang Isi kandungan surat al-Baqarah Ayat 183. 
Sumber : al Quran Kemenag

Posting Komentar untuk "Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 183"