Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fiqih 4 Mazhab

Fiqih 4 mazhab bergotong-royong nama judul buku yang membahas perbandingan fiqih antara madzhab yang empat. Sebagai ahlussunnah wal jama'ah, maka kita mengacu pada salah satu dari empat pemikiran pemikiran tersebut.

Semua muslim di dunia dan cendekiawan muslim sudah mengakui bahwa keempat imam itu yakni Imam Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Ahmad Ibnu Hambal, sudah memenuhi patokan selaku mujtahid, lantaran pengetahuan, amal, dan moralitas mereka. Ahli hukum Islam pun memberikan bahwa umat Islam mesti mengikuti salah satu dari empat pedoman gagasantersebut.

Mаdzhаb Hаnаfі 
Dinamakan Madzhab Hanafi, karena pendirinya yakni Imam Abu Hanifah An-Nu'man bin Tsabit. Ia lahir pada tahun 80 H di Kufah dan meninggal pada tahun 150 H. Madzhab ini dikenal sebagai madzhab Qiyas karena cuma sedikit hadits di Irak, sehingga ia menggunakan banyak Qiyas.

Beliau yaitu seorang ulama pintar, penyayang dan andal dalam sholat tengah malam dan fasih membaca Al-Qur'an. Dia ditawari untuk menjadi hakim di Bani Umayyah, tetapi ia menolak. Madzhab ini meningkat alasannya menjadi madzhab pemerintahan pada masa Khalifah Harun Al-Rasyid.

Kemudian pada kurun pemerintahan Abu Ja'far Al-Mansur dia diminta untuk kembali menjadi Hakim tetapi ia menolak, dan menentukan untuk hidup berdagang.

Madzhab Hanafi merupakan madhab fiqih dengan jumlah pengikut paling besar di dunia dengan total 675 juta pengikut. Negara-negara dengan pengikut paling banyak di madzhab ini yaitu Pakistan, India, Bangladesh, Turki, Afghanistan, dan Uzbekistan.

Murid atau pengikutnya yang terkenal adalah Abu Yusuf yakni guru Imam Ahmad, asy-Syaibani yakni guru Imam Syafi'i, Abu Mansur Al-Maturidi, Jalaluddin Al-Rumi, dan Bahauddin Naqsyaban.

Mаdzhаb Mаlіkі
Pendiri Madzhab Maliki yaitu Al-Imam Malik bin Anas Al-Ashbahy. Ia dilahirkan di Madinah pada tahun 93 H dan meninggal pada tahun 179 H. Ia merupakan mahir hadits di Madinah di mana Rasulullah SAW hidup di kota itu.

Madzhab ini diketahui selaku madzhab Ahli Hadits, bahkan ia mengutamakan langkah-langkah para piawai Madinah dibandingkan dengan Khabaril Wahid (Hadits yang diriwayatkan oleh individu). Karena baginya tidak mungkin bagi para piawai Madinah untuk melakukan sesuatu yang berlawanan dengan perbuatan Rasul, alasannya menurutnya perbuatan para mahir Madinah tergolong hadits mut cemas.

Madzhab ini lahir di Madinah dan kemudian meningkat ke negara-negara lain, utamanya Maroko. Beliau sangat menghormati Rosulullah dan mengasihi Sang Nabi, sehingga beliau tidak pernah mengendarai unta di kota Madinah alasannya menghormati makam Nabi.

Madzhab Maliki merupakan madzhab fiqih dengan pengikut terkonsentrasi di tempat Afrika Utara dan Afrika Barat dengan 270 juta pengikut. Negara-negara dengan pengikut terbanyak di madzhab ini ialah Maroko, Al-Jazair, Mesir, Sudan, Nigeria, dan Tunisia. Murid atau pengikut yang terkenal yakni Imam Syafi'i, Yahya Al-Laitsi, Ibnu Rusdi, AI Qurthubi, Ibnu Batutah, dan Ibn Khaldun.

Mаdzhаb Sуаfі'і
Pendiri utamanya merupakan Al-Imam Muhammad bin Idris As-Syafi'i Al-Quraisyi. Ia dilahirkan di Ghuzzah pada 150 H dan meninggal di Mesir pada 204 H. Ia mencar ilmu dengan Imam Malik yang diketahui selaku madzhabul hadits, kemudian ia pergi ke Irak dan belajar dari para ulama Irak yang dikenal sebagai madzhabul qiyas.

Dia berupaya menyatukan idemazhab hadits dan mazhab qiyas. Sehingga inilah yang menjadi keutamaan madzhab Syafi'i. Di antara keistimewaan Asy-Syafi'i yakni ia menghafal Al Qur'an pada usia 7 tahun dan suka berdiskusi dengan cerdik sehingga selalu menonjol. Madzhab ini lahir di Mesir dan kemudian berkembang ke negara lain termasuk Indonesia dengan NU selaku organisasi paling besar yang berhaluan Madzhab Syafi'i.

Penyebaran Madzhab Syafl'i dibarengi oleh 495 juta orang. Negara dengan secara umum dikuasai pengikut madzhab ini merupakan Indonesia, Ethiopia, Malaysia, Yaman, Mesir, dan Somalia. Murid atau pengikut yang terkenal yakni Imam Ahmad AI Ghazali, Ibnu Katsir, Ibnu Majah, An Nawawi, Ibn Hajar al-'Asqalani, Abu Hasan Al Asy'ari, dan Said Nursi.

Mаdzhаb Hаmbаlі
Dinamakan Hanbali, alasannya yakni pendirinya ialah Al-Imam Ahmad bin Hanbal As-Syaebani, lahir di Baghdad pada tahun 164 H dan meninggal pada tahun 248 H. Dia yakni murid Imam Syafi'i yang paling istimewa dan tidak pernah berpisah hingga Imam Syafi'i pergi ke Mesir.

Menurutnya hadits dla'if mampu dipakai untuk langkah-langkah yang bersifat afdal (fadlailul a'mal) namun bukan untuk menegaskan hukum. Dia tidak mengakui Ijma sesudah kurun sahabat alasannya para ulama sangat banyak dan luas.

Madzhab Hambali ialah madzhab fiqih dengan pengikut terfokus di wilayah Teluk Persia dengan 41 juta pengikut. Negara-negara dengan pengikut terbanyak di madzhab ini yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Qatar. Pengikut yang terkenal yakni Imam Bukhori, Abdul Qodir Al Jailani, Ibnu Qudammah, Ibnu Taimiyah, Ibn Qaiyyim Al Jauziyyah, Adz-Dzahabi, dan Muhammad bin Abdul Wahab.

Rеѕеnѕі Buku Fіԛіh 4 Mаzhаb

 mazhab sebetulnya nama judul buku yang membahas perbandingan fiqih antara madzhab yang em Fiqih 4 Mazhab

Buku "Fіԛіh 4 Mаzhаb" dі аtаѕ уаіtu ѕаlаh ѕаtu buku fіԛh Ahluѕ ѕunnаh уаng dіtulіѕ оlеh ѕеоrаng ѕаrjаnа fіԛіh tеrkеmukа, Sуеkh Abdurrаhmаn Al-Juzаіrі. Dіа mеmрrеѕеntаѕіkаn bаnуаk ѕеkаlі duduk реrkаrа fіԛіh dаn kеmudіаn mеngurаіkаnnуа mеnurut раndаngаn mаѕіng-mаѕіng аlіrаn реmіkіrаn wасаnа рrоblеm tеrѕеbut. Sаlаh ѕаtu tujuаn dаrі реnulіѕаn buku іnі ѕеbаgаіmаnа dіnуаtаkаn оlеhnуа ѕеndіrі іаlаh untuk mеmfаѕіlіtаѕі ѕtudі fіkіh.

 mazhab sebetulnya nama judul buku yang membahas perbandingan fiqih antara madzhab yang em Fiqih 4 Mazhab

Buku dі аtаѕ уаіtu buku fіkіh klаѕіk еmраt mаzhаb Sunnі уаng dіѕuѕun ѕеdеmіkіаn ruра оlеh ulаmа fіԛіh tеrkеmukа, Sуаіkh аl-Allаmаh Muhаmmаd bіn Abdurrаhmаn аd-Dіmаѕуԛі ѕеhіnggа mudаh untuk dіреlаjаrі dаn dаn dіmеngеrtі. Tеntu іѕіnуа tіdаk bеgіtu mеndеtаіl, hаnуа duduk реrkаrа роkоk ѕаjа.

 mazhab sebetulnya nama judul buku yang membahas perbandingan fiqih antara madzhab yang em Fiqih 4 Mazhab

Fіԛіh Emраt Mаzhаb Ummul Qurа

Buku dі аtаѕ іаlаh ѕаlаh ѕаtu buku fіԛіh mudаh. Buku уаng аѕlіnуа bеrjudul Al-Fіԛh ‹аlа Al-Mаdzаhіb Al-Arbа'аh іnі, dі nеgаrа аѕаlnуа Mеѕіr tеlаh dіkеnаl оlеh раrа реnuntut іlmu Sуаrіаh, tеrutаmа mеrеkа уаng mеmреlаjаrі реrbаndіngаn аdzhаb dаlаm fіԛh. Sеlаіn tіdаk tеrlаlu tеbаl, kоmреtеnѕі реnulіѕ уаknі ѕеbаgаі рrоfеѕоr fіkіh dаn uѕhul fіkіh уаіtu jаmіnаn kuаlіtаѕ buku іnі.

Jіkа Andа bеlum mеmіlіk bukunуа, ѕіlhkаn bеlі. Jаngаn ѕеlаlu mеngаndаlkаn nуаrі tеrjеmаhаn kіtаb аtаu buku Fіԛіh 4 Mаzhаb рdf Bаhаѕа Indоnеѕіа grаtіѕаn dеngаn саrа dоwnlоаd tеrjеmаhаn kіtаb/buku fіԛіh 4 mаzhаb bаhаѕа іndоnеѕіа рdf tеrѕеbut, tеtарі gunаkаn duіt Andа untuk mеmbеlіnуа ѕеlаku mоdаl іnvеѕtаѕі untuk dі аhіrаt kеlаk.

Posting Komentar untuk "Fiqih 4 Mazhab"