Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Forum Peradilan Di Indonesia Yang Tugasnya Berafiliasi Akrab Dengan Fiqih Yakni

Ada pertanyaan dari warganet mirip ini, forum peradilan di Indonesia yang tugasnya berafiliasi bersahabat dengan fiqih yakni... Saya agak resah Ketika Saya menerima pertanyaan ini. Mungkin saja yg dimaksud adalah forum peradilan Islam.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kami cari tahu dahulu ada berapa macam peradilan di Indonesia. Menurut Guru PPKN, ada 5 jenis peradilan di Indonesia, ialah :
- Pengadilan Sipil
- Pengadilan Militer
- Pengadilan Agama
- Pengadilan Tipikor
- Pengadilan Tata Usaha Negara

Saya nggak akan menerangkan semua peradilan tersebut, alasannya adalah blog ini bukan tempatnya membahas problem aturan. Saya diskusikan saja yang bekerjasama bersahabat dengan fiqih adalah peradilan agama.

Pengadilan agama ini digunakan untuk mengadili orang-orang yg mempunyai persoalan dengan problem agama mirip hak waris, pembagian properti, atau perceraian, sebagaimana yang diatur dalam UU No. 7 tahun 1989.

Sama mirip pengadilan biasa , pengadilan agama juga mempunyai beberapa tingkatan, merupakan pengadilan agama tingkat kabupaten atau kota dan pengadilan agama tinggi di tingkat provinsi.

Di pengadilan agama kabupaten/kota, para anggotanya berisikan pimpinan hakim, anggota hakim, panitera, sekretaris, dan juru sita. Sedangkan pada tingkat pengadilan agama tinggi, susunannya sama saja, cuma tak ada juru sita.

Nah jikalau kalian merunut penjelasan di atas, jelaslah bahwa lembaga peradilan di Indonesia yang berhubungan dengan fiqih ialah Pengadilan Agama khususnya Pengadilan Agama Islam. Berbagai jenis sengketa yg dihadapi umat Islam, pastinya solusinya yakni hukum Islam itu sendiri.

Sеbаgаі роlа, bіlа аdа wаrgа muѕlіm уаng hеndаk сеrаі, mаkа tеntu ѕаjа раrа hаkіm аkаn mеmаkаі аturаn ѕуаrіаh Iѕlаm dаlаm mеmutuѕkаn реrkаrаnуа. Mаkа dаlаm hаl іnі, ѕеmuа hаkіm hаruѕ mеngеtаhuі іlmu fіԛіh bаb munаkаhаh, ѕеhіnggа рutuѕаnnуа ѕеѕuаі dеngаn kоrіdоr ѕуаrі'аh.

Posting Komentar untuk "Forum Peradilan Di Indonesia Yang Tugasnya Berafiliasi Akrab Dengan Fiqih Yakni"