Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fiqih 4 Mazhab

Ahlussunnah wal Jama'ah mengacu pada salah satu dari empat pemikiran pemikiran. Semua muslim di dunia dan para ulama telah mengakui bahwa keempat imam itu adalah Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Ahmad Ibnu Hambal sudah memenuhi persyaratan selaku mujtahid.

Hal itu lantaran tingginya wawasan, amal, dan budbahasa mereka. Para ahli hukum menyatakan bahwa umat Islam harus mengikuti salah satu dari empat anutan gagasantersebut. Untuk mendukung penyebaran idemereka utamanya yang ada kaitannya dengan fiqih, maka banyaklah kitab fiqih 4 mazhab yang ditulis oleh para ulama yang konsentrasi pada pengkajian gagasantersebut.

Tujuan penulisan kitab fiqih 4 mazhab tersebut bukanlah untuk mencampuradukkan pedoman masing-masing mazhab, namun untuk menampilkan penjelasan, kenapa masalah ini hukumnya A menurut Imam A dan hukumnya B berdasarkan Imam B, dengan memberikan alasannya masing-masing.

Buku fiqih 4 mazhab sangat sesuai dipelajari oleh para ustadz atau guru atau umat Islam yang sudah punya dasar ilmu syariat salah satu mazhab dan biasa diterapkan dalam ibadahnya. Lalu untuk apa kitab fiqih 4 mazhab itu dipelajari tanpa diamalkan ?

Sebenarnya bagi mereka yang sudah faham syariat, maka boleh saja berpindah dari satu mazhab ke mazhab lain, dengan syarat satu paket ibadah. Misalnya lantaran kondisi tertentu, mereka yang bermazhab Syafi'i yang tayamumnya mesti dengan tanah, maka boleh berijtihad terhadap Imam Hambali yang mengizinkan bertayamum pada permukaan benda misanya dingklik kapal melayang.

Namun pastinya, Anda mesti tahu ilmu tayamum, syarat tayamum, yang membatalkan tayamum dan semua yang berafiliasi dengan sholat menurut Mazhab Hambali. Karena kita mau melaksanakan sholat dengan tayamum menurut Mazhab Hambali, maka segala hal yang berhubungan dengan sholatnya pun, termasuk rukun sholat, syarat sholat, yang membatalkan sholat dan yang lain, mesti menurut Mazhab Hambali.

Tidak bisa kita bertayamum berdasarkan Madzhab Hambali tetapi praktek sholat berdasarkan ketentuan Madzhab Syafi'i. Itulah sebabnya, kitab fiqih 4 mazhab ini, sebaiknya dipelajari oleh mereka yang sudah faham salah satu mazhab.

ah mengacu pada salah satu dari empat aliran pemikiran Fiqih 4 Mazhab


Jika Anda sudah siap mau mempelajari fiqih 4 mazhab, Anda bisa beli kitab-kitab perbandingan mazhab. Jika belum bisa Bahasa Arab, silahkan beli buku terjemahannya yang sudah banyak dijual di pasaran.

Bаhkаn dі Gооglе Plау рun tеrѕеdіа, wаlаuрun tеrbаtаѕ іѕіnуа, tіdаk ѕеlеngkар kаlаu Andа bеrbеlаnjа bukunуа уаng bеrjіlіd-jіlіd. Atаu kаlаu mаu gаrаtіѕаn, ѕіlаhkаn саrі dаn dоwnlоаd kіtаb/buku tеrjеmаhаn fіԛіh 4 mаzhаb bаhаѕа Indоnеѕіа рdf dі іntеrnеt.

Posting Komentar untuk "Fiqih 4 Mazhab"