Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Raja Dunia Yang Pernah Berkuasa Menurut Islam


Dalam kehidupan manusia diperlukan yang namanya kepemimpinan, apalagi dalam Islam kepemimpinan itu merupakan sesuatu yang wajib ada. Meskipun manusia adalah salah satu makhluk yang bisa berfikir karena dibekali oleh akal, namun tetap saja dalam praktik kehidupannya masih memerlukan bimbingan dan arahan dari orang-orang tertentu yang memiliki kelebihan-kelebihan dalam hal kebijaksanaan untuk memimpin.

Istilah kepemimpinan itu ada beberapa macam, seperti : Raja, Khalifah, Sultan, Amir, Kaisar, Presiden dan lain sebagainya. Semua sebutan istilah itu artinya sama saja yakni "pemimpim". Namun dalam praktik pelaksanaannya ada perbedaan-perbedaan dalam menjalankan roda dan tujuan pemerintahan yang dibangunnya.

Berikut penjelasan tentang 4 raja dunia yang pernah berkuasa menurut Islam. selengkapnya.

Dalam pembahasan tentang 4 raja dunia berikut ini, nama raja firaun tidaklah disebut-sebut, padahal sebagaimana yang diketahui bahwa firaun merupakan sebuah dinasti kerajaan yang di anggap sangat besar, namun ternyata ada yang lebih jauh lebih besar dari kerajaan firaun meskipun firaun disebut dalam al-Quran.

Tentu kita penasaran dan ingin mencari tahu tentang siapa saja 4 raja dunia yang pernah berkuasa itu? Karena jumlah para raja (penguasa) itu sangat banyak tak terhitung jumlahnya, maka terkerucutlah hanya menjadi 4 raja saja yang di anggap layak mampu memimpin rakyat dan bangsanya kepada kejayaan yang lebih besar di atas muka bumi ini.

Mengutip dari laman konsultasisyariah.com disebutkan bahwa adanya keterangan tentang adanya 4 raja dunia telah disebutkan dalam banyak riwayat, diantaranya sebagai berikut :

1. Riwayat dari Muawiyah Radhiyallaahu 'anhu.

Artinya : Raja bumi ada 4, Sulaiman bin Daud, Dzul Qarnain, seseorang dari penduduk Halwan, dan satu orang lagi. (HR. Hakim dalam al Mustadrak 4143 tanpa komentar dari Ad Dzahabi)

2. Riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallaahu 'anhu, secara marfu' (Sabda Nabi Shalallaahu alaihi Wasallam) :

Artinya : Raja bumi ada 4, dua mukmin dan dua kafir. Untuk dua raja mukmin Dzulqarnain dan Sulaiman. Sedangkan 2 raja yang kafir : Namrudz dan Bukhtanashar. Dan bumi akan dikuasai dari seseorang ahli baitku. (Disebutkan Ibnul Jauzi dalam al Muntadzam fi at Tarikh).

3. Riwayat dari Ulama Tabi'in, Muhajir bin Jabr (salah satu murid senior Ibnu Abbas, mengatakan :

Artinya : Raja seluruh bumi, dari timur sampai barat ada 4 orang, dua mukmin dan dua kafir. Dua raja mukmin Sulaiman bin Daud dan Dzulqarnain. Dua raja kafir, Bukhtanashar dan Namrud bin Kan'an. (Riwayat Thabari dalam tafsirnya, 5/433).

Dalam keterangan dari tiga riwayat di atas dapat diketahui tentang siapa saja mereka itu?

1. Raja Sulaiman bin Daud As.

Sulaiman merupakan seorang nabi utusan Allah Swt sekaligus sorang raja untuk kalangan bani Israil. Nabi Sulaiman telah disebutkan oleh Allah dalam al Quran sebanyak 17 kali, salah satu ayatnya menyebutkan bahwa beliau merupakan salah satu hamba terbaik dan rajin bersyukur.

Allah SWT berfirman :

وَوَهَبۡنَا لِدَاوُۥدَ سُلَيۡمَٰنَۚ نِعۡمَ ٱلۡعَبۡدُ إِنَّهُۥٓ أَوَّابٌ ٣٠

Artinya : Dan Kami karuniakan kepada Daud, Sulaiman, dia adalah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya) . (Qs. Shad ayat : 30)

2. Raja Dzulqarnain

Dzulqarnain merupakan salah satu raja yang dikisahkan dalam kitab Al Quran yang terdapat dalam surat al-Kahfi. Allah SWT berfirman :

وَيَسۡ‍َٔلُونَكَ عَن ذِي ٱلۡقَرۡنَيۡنِۖ قُلۡ سَأَتۡلُواْ عَلَيۡكُم مِّنۡهُ ذِكۡرًا ٨٣ إِنَّا مَكَّنَّا لَهُۥ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَءَاتَيۡنَٰهُ مِن كُلِّ شَيۡءٖ سَبَبٗا ٨٤

Artinya : Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulkarnain. Katakanlah: “Aku akan bacakan kepadamu cerita tantangnya” Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu. (Qs. Al-Kahfi: 83-84)

Dzulqarnain mengajak rakyatnya untuk memeluk agama Islam dan juga memerangi kaum yang menolak Islam.

3. Raja Namrud bin Kan'an

Namrud merupakan sorang raja yang kafir yang pernah menguasai timur dan barat. Dia mengaku-ngaku sebagai tuhan yang harus di sembah oleh rakyatnya. Dia pernah berdebat dengan nabi Ibrahim tentang masalah ketuhanan yang akhirnya dia kalah. Dia inilah raja yang diceritakan Allah dalam Al Quran.

Berikut firman Allah Swt dalam Qs. Al Bakarah ayat 258. Yaitu :

أَلَمۡ تَرَ إِلَى ٱلَّذِي حَآجَّ إِبۡرَٰهِ‍ۧمَ فِي رَبِّهِۦٓ أَنۡ ءَاتَىٰهُ ٱللَّهُ ٱلۡمُلۡكَ إِذۡ قَالَ إِبۡرَٰهِ‍ۧمُ رَبِّيَ ٱلَّذِي يُحۡيِۦ وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا۠ أُحۡيِۦ وَأُمِيتُۖ قَالَ إِبۡرَٰهِ‍ۧمُ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَأۡتِي بِٱلشَّمۡسِ مِنَ ٱلۡمَشۡرِقِ فَأۡتِ بِهَا مِنَ ٱلۡمَغۡرِبِ فَبُهِتَ ٱلَّذِي كَفَرَۗ وَٱللَّهُ لَا يَهۡدِي ٱلۡقَوۡمَ ٱلظَّٰلِمِينَ ٢٥٨

Artinya : “Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: “Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan,” orang itu berkata: “Saya dapat menghidupkan dan mematikan”. Ibrahim berkata: “Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat,” lalu terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (Qs. al-Baqarah: 258)

4. Raja Bukhtanashar

Dia merupakan raja yang menjajah bangsa Israil, membunuh banyak umat Islam dari kalangan bani Israil. Ulama Tabi'in, Said bin Musayib, mengatakan bahwa :

Bukhtanashar menyerang Syam, membakar Baitul Maqdis, dan membunuh mereka. Kemudian dia datang ke Damaskus dan membunuh ribuan umat Islam di kalangan Bani Israil.
(Tafsir Ibnu Katsir, 5/48)

Itulah bahasan singkat tentang 4 Raja dunia yang pernah berkuasa menurut Islam. Semoga ada Ibrah dan manfaatnya.
Wallaahu a'lam.

Posting Komentar untuk "4 Raja Dunia Yang Pernah Berkuasa Menurut Islam"