Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui

Gambar Ilustrasi

Sahabat beriman! Alam semesta raya beserta isinya diciptakan oleh Allah swt termasuk semua makhluknya baik yang ada di bumi maupun yang ada dilangit. Akan tetapi dalam perjalanan untuk keberlangsungan hidup seluruh makhluk-Nya, Allah swt mempunyai para pembantu-pembantu untuk menangani masalah dan kebutuhan yang berkaitan dengan semua makhluknya.
Siapakah para pembantunya tersebut? Para pembantunya tersebut adalah terdiri dari kalangan para malaikat. Berapakah jumlahnya? Wallaahu A'lam. Jumlah para malaikat jumlahnya belum diketahui karena saking banyaknya. Namun dari sekian banyaknya jumlah para malaikat, hanya ada 10 yang wajib diketahui oleh umat Islam.

Berdasarkan keterangannya, bahwa malaikat tercipta dari cahaya,  malaikat tidak mempunyai nafsu sebagaimana halnya manusia. Para malaikat tidak dapat nampak terlihat bagaimana rupa wujud aslinya karena ada perbedaan dimensi dengan dimensi alam manusia. Hanya para nabi dan rasul tertentu saja yang pernah Allah perlihatkan kepada mereka bagaimana rupa malaikat dan wujud aslinya. 

Baginda nabi Muhammad saw pernah diberikan 2 kesempatan melihat wujud malaikat Jibril yang ketika itu sedang menyampaikan wahyu di Gua Hira dan di Sidratul Muntaha ketika Isra Mi'raj. Nabi Muhammad melihat bahwasannya wujud malaikat Jibril itu sayapnya membentang dari ufuk barat sampai ufuk timur alam semesta. 

Tidak terbayang bagaimana besar dan tingginya malaikat itu. Itu baru satu malaikat saja yang Allah perlihatkan, bagaimana dengan malaikat yang lainnya?

Berikut daftar 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril mengemban tugas yakni menyampaikan wahyu untuk semua para nabi dan rasul yang pernah di utus di dunia. Semua para nabi dan rasul sebelum nabi Muhammad saw, tentunya mempunyai syariat-syariat yang berbeda sebagai pedoman hidup untuk beribadah kepada Allah swt.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Jibril mengemban tugas yaitu membagi-bagikan rizki kepada seluruh makhluk termasuk manusia, jin, binatang yang ada di darat maupun yang ada di lautan serta tumbuhan. Semua diberikan rizki sesuai dengan kadar masing-masing. bahkan makhluk yang membangkang kepada Allah swt, tetap diberikan rizkinya.

Rizki yang dibagikan Malaikat Mikail seperti pembagian cahaya matahari siang dan malam, pembagian hujan, angin dan sebagainya.

3. Malaikat Israfil

Terjadinya hari akhir atau disebut dengan hari Kiamat sudah Allah janjikan dalam kitab suci al Quran, artinya waktunya sudah pasti terjadi. Akan tetapi Allah swt masih merahasiakan dan kapan waktu terjadinya. Para nabi dan rasulpun tidak menyampaikan waktu kapan terjadinya, namun para utusan tersebut hanya menyampaikan tentang ciri-ciri akan terjadinya hari Kiamat.

Ciri-ciri tentang terjadinya hari kiamat terbagi 2, yakni di awali dengan tanda-tanda kiamat yang kecil dan tanda-tanda kiamat yang besar atau disebut dengan kiamat Kubra. Mempercayai akan adanya hari kiamat termasuk rukun iman yang ke-5, maka setiap muslim wajib mempercayainya.

Malaikat Israfil sudah menunggu perintah dari Allah swt, dan bila waktunya tiba maka ia akan meniup sangkakala tersebut, dan tiupannya mampu menghancurkan semesta alam.

4. Malaikat Ijrail

Malaikat Ijrail akan mendatangi setiap jiwa untuk mengambil kembali nyawa atau ruh dari setiap raga-raga manusia bila waktu yang di tentukan sudah mencapai batas umur yang diberikan Allah swt. Adanya kematian sudah pasti akan mendatangi setiap jiwa tidak ada kecualinya. 

Bila kematian (ajal) telah tiba waktunya maka ia tidak dapat dimajukan dan tidak dapat di mundurkan kembali.

5. Malaikat Rokib

Malaikat Rokib akan mencatat seluruh amal perbuatan manusia yang baik-baik tidak ada kecualinya, meskipun kebaikan manusia itu hanya sebesar biji sawi maka ia akan di catat sebagai amal kebaikan. Amal kebaikan akan menyelamatkan di hari pembalasan bila amal kebaikannya itu lebih berat timbangannya dibandingkan dengan amal keburukan manusia dan ia akan mengantarkan manusia itu termasuk orang-orang yang selamat dan dapat memasuki Surga.

Perbuatan baik sebagai amal pahala kebaikan dapat musnah atau terhapus, jika manusia berbuat sesuatu dosa yang besar seperti bebuat kemusyrikan menyekutukan Allah swt dan keluar dari Islam (murtad).

6. Malaikat Atid

Malaikat Atid akan mencatat seluruh amal keburukan-keburukan manusia selama hidup di dunia tidak ada kecualinya. Bila manusia mengerjakan keburukan biarpun kecil sebesar biji sawi, maka ia akan di catat oleh malaikat Atid sebagai amal keburukan. 

Bila perbuatan keburukan lebih banyak dan memperberat timbangan daripada amal kebaikan, maka hal itu pertanda bahwa ia akan terlebih dahulu memasuki tempat ke Neraka. Namun perbuatan keburukan dapat terhapuskan bila manusia itu masih diberi kesempatan hidup dan cepat-cepat bertobat kembali pada Allah swt dan tidak akan mengulangi perbuatan dosa tersebut.

7. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar bertugas untuk menanyakan amal-amal keburukan kepada setiap manusia selama di dunia ketika berada di alam kubur, akan tetapi semua pertanyaan dari malaikat Munkar tersebut hanya di jawab oleh anggota tubuh seperti tangan, mata, telinga dan kaki sedangkan bibir akan di kunci.

Bila ada pertanyaan yang tidak terjawab, dikatakan bahwa malaikat Munkar tersebut akan memukul-mukul orang tersebut.

8. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir tugasnya bersanding dengan malaikat Munkar, namun malaikat Nakir akan bertanya tentang amal-amal perbuatan kebaikan yang sudah dilakukan orang tersebut selama hidup di dunia. Bila amal kebaikannya banyak, maka pertanda bahwa orang tersebut akan selamat di atas Mijan (timbangan amal).

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik sejak pertama kali ia di ciptakan sudah menunggu di pintu gerbang Neraka. Dikisahkan bahwa ia memiliki perangai yang kasar dan keras.

Sebagaimana Allah firmankan dalam kitab suci Al Quran :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Qs. At Tahrim ayat : 6)

10. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan sejak pertama kali ia di ciptakan sudah menunggu di pintu gerbang Surga. Dalam kitab al Quran di ceritakan bahwa Surga merupakan tempat yang indah dan menyenangkan bagi siapa yang kelak dapat masuk kedalamnya.

Demikian tentang 10 nama malaikat Allah swt dan tugasnya yang wajib diketahui.
Semoga dapat bermanfaat, Wallaahu A'lam.

Posting Komentar untuk "10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui"