Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 148


Allah SWT tidak pernah menyia-nyiakan kebaikan sekecil apapun yang telah diperbuat olah manusia, walaupun besarnya kebaikan itu hanya sebesar biji sawi,Allah akan tetap catatkan untuk hambanya itu sebagai pahala yang bernilai kebaikan. Apalagi untuk orang-orang yang suka mendermakan hartanya untuk infak dan sedekah dengan maksud hanya mengharap keridloan Allah Swt semata.

Dalam menjalani hidup didunia dengan tetap menjaga keyakinan dan keimanan terhadap Allah Swt memang sangatlah berat, hal ini dapat kita baca dalam kisah-kisah orang terdahulu tentang bagaimana mereka hidup dan demi mempertahankan keyakinan tersebut mereka rela mengorbankan jiwa dan raganya.

Namun sakitnya penderitaan kehidupan yang di alami mereka tersebut, seakan tidak berasa manakala hati dan pikiran mereka terpaut akan janji-janji Allah Swt bahwa Allah akan mengganti semua pengorbanan tersebut dengaan berbagai pahala yang besar nanti kelak di yaumil akhir.

Berikut adalah isi kandungan surat Ali Imran Ayat 148, berbunyi :

فَاٰتٰىهُمُ اللّٰهُ ثَوَابَ الدُّنْيَا وَحُسْنَ ثَوَابِ الْاٰخِرَةِ ۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ ࣖ

Arab Latin

Fa Aataa Humullaahu Tsawaabaddunyaa Wahusnu Tsawaabil Aakhirati, Wallaahu Yuhibbul Muhsiniina

Artinya: “Maka Allah memberi mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.” (Qs. Ali Imran ayat 148)

Penjelasan Ayat 

Dalam Qs. Ali Imran (3): 148, menjelaskan bahwa orang-orang yang ikhlas, sabar, dan tetap berjuang di jalan Allah, maka Allah Swt. memberikan balasan di dunia dan pahala kebaikan di akhirat. Oleh karena itu orang-orang yang beriman hendaklah bersyukur dan bersabar dalam setiap keadaan. 

Bersabar dan bersyukur akan dapat membentengi diri dari perilaku materialistis, hedonis, dan konsumtif. Mereka yang beriman akan selalu ikhlas menjalani kehidupan sesuai perintah Allah. Mereka yakin tidak ada yang menjadi tujuan hidup kecuali keridhaan Allah SWT.

Tafsir Ayat

Oleh karena kesungguhan, keikhlasan, keteguhan iman dan kesabaran para pengikut nabi-nabi yang terdahulu dalam menghadapi segala macam penderitaan dalam memperjuangkan kebenaran di jalan Allah, maka Allah memberikan kepada mereka balasan dunia dan pahala yang setimpal di akhirat.

Posting Komentar untuk "Isi Kandungan Surat Ali Imran Ayat 148"