Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Thaharah dalam Kehidupan Umat Islam


Dalam salah satu namanya yang terdapat dalam kumpulan Asmaul Husna bahwa salah satu nama Allah Swt adalah Al-Quddus yang berarti Allah Maha Suci, hal ini mengisyaratkan bahwa Allah Swt merupakan Tuhan yang suci dan menyukai kebersihan. 

Thaharah atau kebersihan adalah salah satu ajaran Islam yang sangat ditekankan, bahkan salah satu kitab fiqih seperti "Kitab Bulughul Maram" yang disusun oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani  mengawali awal kajiannya tentang Bab Thaharah.

Allah Swt telah menjadikan thaharah (kebersihan) sebagai cabang dari keimanan (kebersihan itu sebagian dari iman). Oleh karena itu, Islam mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk senantaiasa hidup bersih, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial masyarakat. 

Adapun yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kebersihan adalah kebersihan yang mencakup seperti : kebersihan lingkungan tempat tinggal, lingkungan madrasah/sekolah, tempat ibadah, dan tempat umum dan lain sebagainya.

Kebersihan yang terpancar dari kepribadian seseorang, menjadi suatu pertanda bahwa orang tersebut telah mengamalkan salah satu amalan ajaran Islam. Dibawah ini akan dijelaskan tentang apa fungsi Thaharah dalam kehidupan umat Islam, selengkapnya.

1. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal 

Kebersihan tidak hanya terbatas pada jasmani dan rohani saja, tetapi juga kebersihan mempunyai ruang lingkup yang luas. Di antaranya adalah kebersihan lingkungan tempat tinggal kita bersama-sama ayah, ibu, kakak, adik, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, agar kita sehat dan betah tinggal di rumah, maka kebersihan, kerapian, dan keindahan rumah harus dijaga dengan baik. Dengan demikian, kebersihan lingkungan tempat tinggal yang bersih, rapi, dan nyaman menggambarkan ciri pola hidup orang yang beriman kepada Allah Swt. 

2. Menjaga kebersihan Kelas dan lingkungan Madrasah

Madrasah adalah tempat kita menuntut ilmu, belajar, sekaligus tempat bermain pada waktu istirahat. madrasah yang bersih, rapi, dan nyaman sangat mempengaruhi ketenangan dan kegairahan belajar. Oleh karena itu, para siswa hendaknya menjaga kebersihan kelas, seperti dinding, lantai, meja, kursi, dan hiasan yang ada. 

Demikian juga tentang kebersihan lingkungan madrasah, karena kelancaran dan keberhasilan pembelajaran ditunjang oleh kebersihan lingkungan madrasah, kenayamaan di dalam kelas, tata ruang yang sesuai, keindahan taman madrasah, serta para pendidik yang disiplin. Oleh karena itu, kita semua harus menjaga kebersihan, baik di rumah maupun di madrasah, agar kita betah serta terhindar dari berbagai penyakit. 

3. Menjaga kebersihan lingkungan tempat ibadah 

Kita mengetahui bahwa tempat ibadah masjid, mushalla, atau langgar adalah tempat yang suci. Oleh karena itu, Islam mengajarkan untuk merawatnya supaya orang yang melakukan ibadah mendapatkan ketenang-an, dan tidak terganggu dengan pemandangan yang kotor atau bau di sekelilingnya. 

Umat Islam akan mendapatkan kekhusyu-an dalam beribadah kalau tempatnya terawat dengan baik, dan orang yang merawatnya akan mendapatkan pahala di sisi Allah. Dengan demikian, kita akan terpanggil untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat ibadah di sekitar kita. Apabila orang Islam sendiri mengabaikan kebersihan, khususnya di tempat-tempat ibadah, ini berarti tingkat keimanan mereka belum seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. 

4. Menjaga kebersihan lingkungan tempat umum

Menjaga dan memelihara kebersihan di tempat umum dalam ajaran Islam memiliki nilai lebih besar daripada memelihara kebersihan di lingkungan tempat tinggal sendiri, karena tempat umum dimanfaatkan oleh orang banyak.

Itulah bahasan singkat tentang fungsi Thaharah dalam kehidupan umat Islam. Semoga kita termasuk orang yang senantiasa menjaga kebersihan baik raga maupun kebersihan jiwa.

Posting Komentar untuk "Fungsi Thaharah dalam Kehidupan Umat Islam"