Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Hari Pahlawan 10 November di Indonesia

Gambar : Tugu Pahlawan - Kota Surabaya

Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari gigihnya para pejuang bangsa yang terdiri dari berbagai golongan dan tingkat kedudukan masyarakat Indonesia, semua mengambil peranan masing-masing dalam membela untuk mempertahankan negeri tercinta Indonesia dari cengkraman tangan-tangan penjajahan bangsa-bangsa asing yang ingin menguasai sumber daya alam negeri Indonesia.

Para pahlawan yang telah gugur dimedan pertempuran, telah mengorbankan jiwa raganya demi tegaknya sebuah negeri yang damai, aman dan sejahtera sentosa demi kehidupan untuk masa depan anak-anak cucu generasi bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. 

Atas takdir Tuhan yang Maha Kuasa, maka merdekalah bangsa Indonesia ini dan terbebas dari tangan-tangan para penjajah tersebut.

Maksud dan Tujuan 

Peringatan hari pahlawan nasional Indonesia ini selalu diperingati dan jatuh pada setiap tanggal 10 november, maksud dan tujuan adanya peringatan ini agar generasi masa sekarang dapat mengenang dan menghormati semua jerih payah yang dilakukan para pendiri bangsa Indonesia yang dulu berjuang dengan sekuat tenaga yang telah mengorbankan baik jiwa dan raganya termasuk hartanya demi kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan.

Untuk menghormati akan jasa-jasa para pahlawan bangsa Indonesia, seyogyanya hidup dalam suasana kemerdekaan ini agar lebih dimanfaatkan pada hal-hal yang positif. Belajar dengan sungguh-sungguh untuk membangun bangsa Indonesia kedepan yang lebih baik. perkuat rasa kesatuan dan persatuan diantara sesama masyarakat Indonesia meskipun terdapat perbedaan suku dan budaya.

Hari Pahlawan adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Posting Komentar untuk "Sejarah Hari Pahlawan 10 November di Indonesia"