Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prestasi Khalifah Umar Bin Abdul Aziz


Dinasti Umayyah adalah penerus pemerintahan yang telah dibangun sebelumnya yakni dari pemerintahan yang sebut dengan Khulafaurrasyidin. Dinasti Umayyah lahir atas kesepakatan damai yang dilakukan antara Hasan Bin Ali dengan Muawiyah bin Abu Sufyan, dibawah pemerintahan Dinasti Umayyah banyak menorehkan prestasi-prestasi dari para khalifahnya terutama pada masa khalifah Umar bin Abdul Aziz.

Walaupun masa pemerintahannya relatif singkat, yaitu sekitar tiga tahunan, namun begitu banyak perubahan yang beliau lakukan. Selama masa pemerintahannya, Umar melakukan berbagai perbaikan dan pembangunan sarana pelayanan umum, seperti perbaikan lahan pertanian, penggalian sumur baru, penginapan bagi musafir dan lain-lain. Diantara sebagian prestasi khalifah Umar bin Abdul Aziz adalah:

a. Kodifikasi Hadis 

Usaha yang dilakukan oleh khalifah Umar dilatar belakangi oleh banyak syuhada penghafal hadis dan banyaknya hadis maudhu (hadis: palsu) beredar di masyarakat yang semakin membuat rancu mana hadis yang shohih dan tidak. 

Dari situlah muncul kesadaran khalifah untuk membukukan hadis secara lebih sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan, karena dalam ada hadis Nabi yang berbunyi Barangsiapa yang secara sengaja berdusta dan menyandarkannya kepadaku, neraka adalah tempat yang pantas untuk dia kembali. 

Untuk mengumpulkan hadis Umar bin Abdul Aziz memerintahkan kepada Gubernur Madinah, Abu Bakar bin Muhammad Amr bin Hazm supaya membukukan hadis-hadis Nabi yang terdapat pada para penghafal. 

Ulama yang di tunjuk oleh khalifah untuk melakukan pengumpulan hadis dari para penghafalnya adalah Abu Bakar bin Muhammad Amr bin Hazm dan Muhammad ibnu Syihab al-Zuhri.

b. Menghapus Diskriminasi pada Kaum Mawali

Usaha yang khalifah Umar bin Abdul Aziz memberikan perhatian yang lebih megenai konflik antara bangsa arab dan mawali yang pada masa khalifah sebelumnya muncul fanatik yang berlebih atau yang dikenal arabisme dan disertai penghinaan terhadap kelompok lain yang memunculkan konflik. 

Melalui usaha yang dilakukan oleh Khalfah Umar berhasil meminimalisir gesekan gesekan yang muncul dan kontribusi yang paling besar dalam pegkodifikasiaan hadis serta dialektika yang melingkupinya. 

Khalifah Umar bin Abdul Aziz memberikan perhatian lebih dalam hal ilmu pengetahuan dengan mengirimkan utusan untuk belajar di luar dan menciptakan ahli ahli ilmu tertentu yang semakin banyak dan mendalam. 

Jadi, setiap ketetapan yang diambil oleh setiap Khalifah dilatarbelakangi oleh berbagai hal yang ada sekitarnya, begitu juga berbagai ketetapan yang diambil oleh khlifah Umar bin Abdul Aziz pasti ditentukan oleh berbagai hal yang ada disekitarnya semisal toleransi antar kelompok.

Demikian bahasan singkat tentang Prestasi Khalifah Umar Bin Abdul Aziz semoga dapat dijadikan pelajaran untuk kita semuanya.

Posting Komentar untuk "Prestasi Khalifah Umar Bin Abdul Aziz"