Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan Islam di Argentina


Agama Islam berkembang di wilayah Argentina tidak beda jauh dengan sejarah masuk Islam di Benua Amerika lainnya, yaitu melalui para imigran. Kedatangan para imigran muslim pertama di Argentina bersamaan dengan kedatangan para penjelajah berkebangsaan Spanyol dan Portugis di wilayah Argentina. 

Jumlah imigran muslim ini terus bertambah setelah Argentina menjadi wilayah koloni Spanyol. Sejarah masuknya Islam di Argentina dibawa oleh bangsa Spanyol yang saat itu berada di bawah kekuasaan Ratu Isabel I dan Raja Ferdinand II. Pada 1492 M, alHambra basis kerajaan Islam terakhir, diporak-porandakan Isabel dan Ferdinand. 

Mereka kemudian menghancurkan berbagai peninggalan peradaban Islam, kecuali buku pengobatan dan karya seni. Kedatangan muslim ke Argentina dimulai pada pertengahan abad ke-19. Imigrasi pertama datang dari Syiria pada tahun 1850 sampai 1860 M. 

Mereka datang ke sana untuk mencari penghidupan yang lebih baik daripada hidup di bawah kekaisaran otoman yang cenderung otoriter. Gelombang imigrasi berikutnya pada tahun 1870 M sampai Perang Dunia I. Selanjutnya pada tahun 1919-1926 M, para imigran itu datang lagi. 

Saat itu Barat sedang getol-getolnya menancapkan pengaruh kolonialisasi di Timur Tengah yang dulunya berada di bawah kekaisaran Otoman. Imigran Arab yang terkenal adalah keluarga Menem, yang berasal dari Suriah dan pemeluk Islam. 

Mantan presiden Argentina, Carlos Menem merupakan salah satu keturunan keluarga imigran Suriah. Meski leluhurnya adalah pemeluk Islam, ia sendiri merupakan seorang penganut Katolik Roma. Karena faktor agama inilah, Carlos Menem diizinkan untuk ikut mencalonkan diri sebagai presiden Argentina. 

Dalam aturan konstitusi yang berlaku, presiden Argentina haruslah seorang pemeluk Katolik Roma. Namun, aturan ini dihapuskan dalam reformasi konstitusi tahun 1994 M. Perkembangan Islam di Argentina secara perlahan mulai diterima oleh masyarakat Argentina. 

Jumlah penganut muslim di negeri itu diperkirakan mencapai 3,5 juta orang. Argentina merupakan salah satu negara yang penduduk muslimnya mengalami peningkatan cukup banyak bila dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan Amerika Latin.

Demikian pembahasan materi tentang sejarah perkembangan Islam di Argentina.

Posting Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Islam di Argentina"