Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan Islam di Somalia


Negara Somalia terletak di ujung Afrika berada di perairan Samudera India dan Afrika Timur. Ibu kota Somalia adalah Mogadishu. Luas wilayah negeri ini mencapai 637.657 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 99% pemeluk agama Islam. Islam masuk dan tersebar di Somalia melalui hijrahnya orang-orang Arab dari wilayah Amman, Hadramaut, dan Yaman. 

Selain itu, Islam juga tersebar melalui jalur hubungan perdagangan yang tidak pernah putus sepanjang sejarah antara negeri Arab dengan Afrika Timur. Di negeri ini Islam terus berkembang sepanjang abad ke4 dan abad ke-5 H secara damai melalui perantara kabilah-kabilah yang datang dari Ihsa'. 

Kerajaan Islam pertama di Somalia adalah Kerajaan Iffah yang diserang oleh orang-orang Ayyubiyah pada abad ke-8 H/ 14 M. Pasca runtuhnya Kerajaan Iffah atas serangan orang-orang Ayyubiyah, kaum muslimin mendirikan kerajaan Adaal. 

Perselisihan dan peperangan terus berlangsung antara orang-orang Somalia dengan Ayyubiyah sampai Inggris dan Italia menjajah negeri ini pada tahun 1355 H/ 1936 M. Negara ini merdeka pada tahun 1380 H/1960 M, Abdullah Usman menjadi presiden pertama di Republik ini. 

Pada tahun 1389 H/1969 M terjadi kudeta militer di bawah pimpinan Muhammad Said Bari. Muhammad Said Bari saat menjadi presiden membentuk sistem kepartaian baru lewat kediktatorannya. Namun, partai yang dibentuknya itu kalah pada tahun 1412 H/1991 M, lalu terpilihlah Ali Mandi sebagai presiden pemerintahan transisi. 

Pemimpin lokal bernama Muhammad Farah Aidid menolak pemerintahan transisi itu, sehingga terjadi konflik bersenjata dan perang saudara di negeri ini. Terjadinya perang saudara menyebabkan kekosongan tanpa pemerintahan pusat. 

Kelompok-kelompok bersenjata yang saling bertikai tersebut menguasai wilayah-wilayah yang berbeda. Mereka menentukan sendiri batas wilayah di negeri ini. Akibat perang saudara, rakyat Somalia berada dalam kesengsaraan yang berkepanjangan.

Demikian pembahasan singkat tentang materi sejarah perkembangan Islam di Somalia.

Posting Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Islam di Somalia"