Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutan Nama-Nama Lain Kitab Suci Al-Quran


Kitab suci al-Qur'an merupakan kitab terakhir yang Allah turunkan ke dunia untuk memberikan bimbingan dan petunjuk kepada seluruh hambanya yang termasuk umat Islam. Walaupun kitab al-Quran adalah kitab terakhir, namun seluruh kaum muslimin diwajibkan mempercayai adanya kitab-kitab yang pernah Allah turunkan kepada para utusannnya sebelum al-Quran.

Al-Quran menurut bahasa artinya "Bacaan", sebab al-Quran satu-satunya kitab suci yang paling banyak dibaca orang diseluruh belahan dunia. Membaca al-Quran meskipun belum mengerti akan artinya, namun hal tersebut sudah termasuk ibadah. Dengan membacanya akan seolah-kita sedang berhadapan dengan sang Khalik yakni Allah Swt.

Berikut adalah Nama-nama lain dari Al-Quran yang paling populer

1. Al-Qur'an

Nama al-Qur’an adalah paling populer dan paling sering dilekatkan. Kita tentu masih ingat bahwa al-Qur’an artinya bacaan atau yang dibaca. Adapun beberapa ayat yang di dalamnya terdapat istilah al-Qur’an adalah sebagai berikut:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya : Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).... (Qs. al-Baqarah ayat 185)

وَاِذَا قُرِئَ الْقُرْاٰنُ فَاسْتَمِعُوْا لَهٗ وَاَنْصِتُوْا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya : Jika dibacakan Al-Qur’an, dengarkanlah (dengan saksama) dan diamlah agar kamu dirahmati. (Qs. al-A'raf ayat 204)

مَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْاٰنَ لِتَشْقٰٓى ۙ

Artinya : Kami tidak menurunkan Al-Qur’an ini kepadamu (Nabi Muhammad) supaya engkau menjadi susah. (Qs. Taha ayat 2)

Di samping nama al-Qur’an yang telah disebut dalam ayat-ayat di atas masih banyak lagi ayat-ayat al-Qur’an yang di dalamnya terdapat nama alQur’an, seperti : QS Yunus [10]: 37, QS al-Hijr [15]: 87, QS an-Nahl [16]: 97, QS al-Hijr [17]: 9, QS al-Hasyr [59]: 21, dan QS al-Buruj [85]: 21.

2. Al-Kitab

Artinya "Buku". maksudnya adalah kitab yang yang tidak ada keraguan padanya yang jadi petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. 

ذَٰلِكَ ٱلۡكِتَٰبُ لَا رَيۡبَۛ فِيهِۛ هُدٗى لِّلۡمُتَّقِينَ

Artinya : Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (Qs. Al-Bakarah ayat 2)

نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَاَنْزَلَ التَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَۙ

Artinya : Dia menurunkan kepadamu (Nabi Muhammad) Kitab (Al-Qur’an) dengan hak, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, serta telah menurunkan Taurat dan Injil. (Qs. Ali Imran ayat 3)

3. Al-Furqan

Artinya "Pembeda".  Maksudnya adalah yang membedakan yang benar dari yang salah atau yang bathil. 

تَبَارَكَ ٱلَّذِي نَزَّلَ ٱلۡفُرۡقَانَ عَلَىٰ عَبۡدِهِۦ لِيَكُونَ لِلۡعَٰلَمِينَ نَذِيرًا .

Artinya : Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. (Qs. Al-Furqan ayat 1)

4. Az-Zikr

Artinya "Pemberi peringatan". Maksudnya adalah karena isi didalam al-Quran banyak ayat yang mengandung peringatan-peringatan. 

إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ

Artinya : Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Qs. Al-Hijr ayat 9)

5. At-Tanzil

Artinya "yang diturunkan". Nama ini terdapat dalam Qs. Asyu'araa ayat 192

وَإِنَّهُۥ لَتَنزِيلُ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

Artinya : Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. (Qs. Asyu'araa ayat 192)

Berikut adalah nama-nama dari kitab Al-Quran yang lainnya

1. An-Nur, artinya "Cahaya". Maksudnya adalah karena al-Quran dapat menerangi hati manusia yang gelap gulita atau yang sedang mengalami hilang arah tujuan hidup.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدۡ جَآءَكُم بُرۡهَٰنٞ مِّن رَّبِّكُمۡ وَأَنزَلۡنَآ إِلَيۡكُمۡ نُورٗا مُّبِينٗا

Artinya : Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran). (Qs. An-Nur ayat 174)

2. Al-Huda, artinya "Petunjuk". Maksudnya adalah karena kitab al-Quran merupakan pegangan hidup atau pedoman kehidupan untuk seluruh manusia khususnya untuk umat Islam. 

وَأَنَّا لَمَّا سَمِعۡنَا ٱلۡهُدَىٰٓ ءَامَنَّا بِهِۦۖ فَمَن يُؤۡمِنۢ بِرَبِّهِۦ فَلَا يَخَافُ بَخۡسٗا وَلَا رَهَقٗا

Artinya : Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk (Al-Qur'an), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan. (Qs. Al-Jin ayat 13)

3. As-Syifa, artinya "Obat". Maksudnya adalah sebab kitab suci al-Quran dapat dijadikan sebagai obat penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman yang sedang menderita, seperti : terkena musibat, menderita tekanan batin, kesedihan dan juga kebingungan.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُم مَّوۡعِظَةٞ مِّن رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٞ لِّمَا فِي ٱلصُّدُورِ وَهُدٗى وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ

Artinya : Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Qs. Yunus ayat 57).

4. Al-Mau'idhah, artinya "Nasihat". Nama ini terdapat dalam Qs. Yunus ayat 57
5. Al-Hukm, artinya "Peraturan/Hukum". Nama ini terdapat dalam Qs. Ar-Ra'du ayat 37

وَكَذَٰلِكَ أَنزَلۡنَٰهُ حُكۡمًا عَرَبِيّٗاۚ وَلَئِنِ ٱتَّبَعۡتَ أَهۡوَآءَهُم بَعۡدَ مَا جَآءَكَ مِنَ ٱلۡعِلۡمِ مَا لَكَ مِنَ ٱللَّهِ مِن وَلِيّٖ وَلَا وَاقٖ

Artinya : Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (Qs. Ar-Ra'du ayat 37)

6. Al-Hikmah, artinya "Kebijaksanaan". Nama ini terdadpat dalam Qs. Al-Israa' ayat 39

ذَٰلِكَ مِمَّآ أَوۡحَىٰٓ إِلَيۡكَ رَبُّكَ مِنَ ٱلۡحِكۡمَةِۗ وَلَا تَجۡعَلۡ مَعَ ٱللَّهِ إِلَٰهًا ءَاخَرَ فَتُلۡقَىٰ فِي جَهَنَّمَ مَلُومٗا مَّدۡحُورًا

Artinya : Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah). (Qs. Al-Israa' ayat 39)



7. Ar-Rahmat, artinya "karunia". Nama ini terdapat dalam Qs. An-Naml ayat 77

وَإِنَّهُۥ لَهُدٗى وَرَحۡمَةٞ لِّلۡمُؤۡمِنِينَ

Artinya : Dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Qs. An-Naml ayat 77)

8. Ar-Ruh, artinya "Ruh". Nama ini terdapat dalam Qs. Asy Syuura ayat 52

وَكَذَٰلِكَ أَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡكَ رُوحٗا مِّنۡ أَمۡرِنَاۚ مَا كُنتَ تَدۡرِي مَا ٱلۡكِتَٰبُ وَلَا ٱلۡإِيمَٰنُ وَلَٰكِن جَعَلۡنَٰهُ نُورٗا نَّهۡدِي بِهِۦ مَن نَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِنَاۚ وَإِنَّكَ لَتَهۡدِيٓ إِلَىٰ صِرَٰطٖ مُّسۡتَقِيمٖ

Artinya : Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. (Qs. Asy Syuura ayat 52)

9. Al-Bayan, artinya "Penerang". Nama ini terdapat dalam Qs. Ali Imran ayat 138

هَٰذَا بَيَانٞ لِّلنَّاسِ وَهُدٗى وَمَوۡعِظَةٞ لِّلۡمُتَّقِينَ

Artinya : (Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (Qs. Ali Imran ayat 138)

10. Al-Kalam, artinya "Ucapan/firman". Nama ini terdapat dalam Qs. At-Taubah ayat 6

وَإِنۡ أَحَدٞ مِّنَ ٱلۡمُشۡرِكِينَ ٱسۡتَجَارَكَ فَأَجِرۡهُ حَتَّىٰ يَسۡمَعَ كَلَٰمَ ٱللَّهِ ثُمَّ أَبۡلِغۡهُ مَأۡمَنَهُۥۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمۡ قَوۡمٞ لَّا يَعۡلَمُونَ

Artinya : Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui. (Qs. At-Taubah ayat 6)

11. Al-Busyra, artinya "Kabar Gembira". Nama ini terdapat dalam Qs. An-Nahl ayat 102

قُلۡ نَزَّلَهُۥ رُوحُ ٱلۡقُدُسِ مِن رَّبِّكَ بِٱلۡحَقِّ لِيُثَبِّتَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَهُدٗى وَبُشۡرَىٰ لِلۡمُسۡلِمِينَ

Artinya : Katakanlah: "Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)"

12. Al-Basha'ir, artinya "Pedoman". Nama ini terdapat dalam Qs. Al-Jaatsiyah ayat 20

هَٰذَا بَصَٰٓئِرُ لِلنَّاسِ وَهُدٗى وَرَحۡمَةٞ لِّقَوۡمٖ يُوقِنُونَ

Artinya : Al Quran ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini. (Qs. Al-Jaatsiyah ayat 20)

13. Al-Balagh, artinya "Penyampaian/kabar". Nama ini terdapat dalam Qs. Ibrahim ayat 52

هَٰذَا بَلَٰغٞ لِّلنَّاسِ وَلِيُنذَرُواْ بِهِۦ وَلِيَعۡلَمُوٓاْ أَنَّمَا هُوَ إِلَٰهٞ وَٰحِدٞ وَلِيَذَّكَّرَ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَٰبِ

Artinya : (Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran. (Qs. Ibrahim ayat 52)

14. Al-Qaul, artinya "Perkataan/Ucapan". Nama ini terdapat dalam Qs. Al-Qashash ayat 51

وَلَقَدۡ وَصَّلۡنَا لَهُمُ ٱلۡقَوۡلَ لَعَلَّهُمۡ يَتَذَكَّرُونَ

Artinya : Dan sesungguhnya telah Kami turunkan berturut-turut perkataan ini (Al Quran) kepada mereka agar mereka mendapat pelajaran. (Qs. Al-Qashash ayat 51)

Membaca kitab suci al-Quran yang dilakukan dengan penuh kekhusuan, akan mendatangkan ketenangan pada kondisi hati dan jiwa manusia. Apalagi jika sebelum membacanya kita memperhatikan hal-hal lainnya sebagai bentuk adab sebelum membaca kitab Al-Quran.

Salah satu adab yang harus diperhatikan sebelum kita akan membaca kitab suci al-Quran itu salah satunya adalah terlebih dahulu mensucikan kondisi tubuh dari segala kotoran dan najis, baik yang menempel dibaju atau kena pada kulit tubuh dengan cara wudhu ataupun mandi.

Dari berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Sebutan Nama-Nama Lain Kitab Suci Al-Quran"