Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri, Arab, Latin dan Terjemahannya


Hari raya Idul Fitri merupakan salah satu hari yang dipenuhi rasa syukur nikmat oleh segenap kaum muslimin dan muslimat diseluruh dunia. Setelah sebulan lamanya melaksanakan kewajiban ibadah Puasa ramadhan, sekarang tibalah waktunya perpisahan dengan salah satu bulan yang selalu dirindukan akan kedatangannya dan selalu ditangisi kepergiannya.
Sebelum merayakan hari kemenangan Idul fitri, di malam harinya bergema suara takbir saling bersahutan dari seluruh penjuru alam dalam rangka mengagung-agungkan, menyebut-nyebut dan memuji-muji nama kebesaran Allah Swt, Tuhan sang Maha Pencipta seluruh alam melalui bacaan takbir.

Kegiatan membaca dzikir atau disebut dengan takbiran dimalam hari raya idul fitri berdasarkan hukum asalnya adalah perbuatan Sunnah. Hal ini berlandaskan pada salah ayat al-Quran surat al-Baqarah ayat 185.

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ١٨٥ ( البقرة/2: 185) ...

Artinya: ... "Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur. (Al-Baqarah/2:185)

Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri

Mengutip dari liputan6.com, berikut adalah lantunan bacaan takbir hari raya Idul Fitri yang dilengkapi dengan bacaan arab, latin dan terjemahannya. Bacaan takbir Idul fitri ini juga sama dengan bacaan takbir pada saat hari raya Idul Adha.

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ 

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. La ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamdu. 

Artinya: “Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya.”

Dapat ditambahkan pula dengan melafalkan bacaan Dzikir takbir yang pernah Rasulullah Saw bacakan saat beliau berada di Bukit Shafa.

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الِلّٰهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الكَافِرُوْنَ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الاَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ

Allahu akbar kabira, walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila, la ilaha illallahu wa la na‘budu illa iyyahu mukhlishina lahud dina wa law karihal kafirun, la ilaha illallahu wahdah, shadaqa wa‘dah, wa nashara ‘abdah, wa hazamal ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wallahu akbar. 

Artinya: “Allah maha besar. Segala puji yang banyak bagi Allah. Maha suci Allah pagi dan sore. Tiada tuhan selain Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya, memurnikan bagi-Nya sebuah agama meski orang kafir tidak menyukainya. Tiada tuhan selain Allah yang esa, yang menepati janji-Nya, membela hamba-Nya, dan sendiri memorak-porandakan pasukan musuh. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar.”

Dengan tibanya hari raya Idul Fitri, semoga Allah Swt menerima semua amal peribadatan Ibadah Puasa kita dan mengampuni semua kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan dan semoga mengembalikan jiwa kembali pada jiwa yang fitrah (bersih) kembali, Aamin YRA.

Taqobbalalahu Minna Wamingkum
Siyamana Wasiyamamkum

Posting Komentar untuk "Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri, Arab, Latin dan Terjemahannya"