Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa-Doa Nabi Ibrahim AS dalam Al-Quran


Kitab Al-Quran merupakan wahyu sebagai mukjizat terbesar sepanjang zaman yang diberikan kepada baginda Nabi Muhammad Saw untuk disampaikan kembali kepada seluruh umatnya diseluruh alam. Seluruh pembahasan kajian tentang kehidupan manusia baik untuk dunia dan akhirat sudah jelas dijelaskan beserta contoh-contohnya sebagai bahan pelajaran dan peringatan.

Nabi Ibrahim As merupakan salah satu Nabi yang Allah ceritakan kisahnya dalam Al-Quran, semasa hidupnya Nabi Ibrahim sering memanjatkan doa-doa kepada Allah Swt untuk kebaikan dirinya dan orang lain. Meskipun para Nabi dan Rasul itu sudah ma'sum dipastikan akan selamat hidupnya di akhirat kelak, namun nyatanya merekapun banyak berdoa kepada Allah Swt.

Berikut adalah beberapa doa-doa Nabi Ibrahim as yang pernah beliau panjatkan yang Allah abadikan dalam kitab Al-Quran melalui firman-firmannya sebagai berikut:

Qs. Surat Al-Baqarah ayat 126

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارْزُقْ اَهْلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنْ اٰمَنَ مِنْهُمْ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ قَالَ وَمَنْ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيْلًا ثُمَّ اَضْطَرُّهٗٓ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ ۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ

Artinya : (Ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Makkah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan (hasil tanaman, tumbuhan yang bisa dimakan) kepada penduduknya, yaitu orang yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari Akhir.” Dia (Allah) berfirman, “Siapa yang kufur akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka. Itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

Doa sangat baik untuk dipanjatkan ketika hendak memilih untuk tinggal di sebuah tempat agar Allah Swt senantiasa memberikan rasa aman, ketentraman, keberkahan dan kemurahan rezki.

Qs. Al-Baqarah ayat 127

وَاِذْ يَرْفَعُ اِبْرٰهٖمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَاِسْمٰعِيْلُۗ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Artinya :(Ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan fondasi Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Doa ini sangat baik untuk senantiasa dipanjatkan manakala sehabis mengerjakan sesuatu amalan kebaikan apalagi yang berkaitan dengan praktik-praktik peribadatan agar amalan yang diperbuat tersebut selalu mendapatkan ridha dan dapat diterima oleh Allah Swt.  

Qs. Al-Baqarah ayat 128

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya : Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang berserah diri kepada-Mu, (jadikanlah) dari keturunan kami umat yang berserah diri kepada-Mu, tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan manasik (rangkaian ibadah) haji, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.

Doa ini sangat baik manakala menginginkan keturunan yang shalih sholeha yang selalu taat beribadah dan selalu berserah diri hanya kepada Allah Swt.  

Qs. Al-Baqarah ayat 129

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيْهِمْ رَسُوْلًا مِّنْهُمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيْهِمْ ۗ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ

Artinya : Ya Tuhan kami, utuslah di antara mereka seorang rasul dari kalangan mereka, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Mu, mengajarkan kitab suci dan hikmah (sunah)38) kepada mereka, dan menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.”

38) Di antara arti hikmah adalah sunah, pemahaman yang mendalam atas ajaran agama, kebenaran, pembicaraan yang akurat, rasa takut kepada Allah Swt., kenabian, risalah, akal, dan keserasian antara pengetahuan dan pengamalan.

Doa ini baik pula dipanjatkan manakala menginginkan seorang pemimpin yang baik yang akan memimpin pada kebaikan dan mampu mengajarkan kebaikan seperti yang terkandung dalam Al-Quran.

Posting Komentar untuk "Doa-Doa Nabi Ibrahim AS dalam Al-Quran"