Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengqadha Shalat Dhuhur Diwaktu Ashar

Mеngԛаdhа ѕhаlаt dhuhur dіwаktu аѕhаr ialah dibolehkan alasannya waktu shalat qadha itu tidak ditentukan mesti pada waktu yang sama. Artinya, kalau kita meninggalkan shalat dhuhur hari ini, maka bukan berarti kita mengqadha shalat dhuhur tersebut besoknya menunggu waktu dhuhur kembali. Bukan, bukan mirip itu, tetapi shalat qadha boleh dilaksanakan kapan saja, walaupun pada waktu yang diharamkan melaksanakan shalat sunat mirip sesudah shalat ashar atau sehabis shalat subuh.

Justru kita dianjurkan untuk sesegera mungkin mengqadha shalat wajib pada saat kita ingat, bukan menundanya . Mengapa demikian ? Sebab shalat yang kita tinggalkan itu mirip utang. Yang namanya utang tentu wajib kita bayar sesegera mungkin. Tentu tidak pas, kalau kita punya hutang, gaji yang kita peroleh digunakan untuk hal yang sunat. Demikian juga, kurang pas kalau kita punya utang shalat wajib, sementara mendahulukan shalat sunat, tidak melakukan qadha dulu.

adalah dibolehkan karena waktu shalat qadha itu tidak ditentukan harus pada waktu yang sa Mengqadha Shalat Dhuhur Diwaktu Ashar

Tаtа саrа mеngԛаdhа ѕhаlаt dhuhur dіwаktu аѕhаr
Kaprikornus kembali ke tema, bahwa diperbolehkan melaksanakan qadha shalat tertentu pada waktu shalat fardu lainnya. Seperti mengqadha shalat dhuhur di waktu ashar atau maghrib atau mengqodho sholat ashar di waktu maghrib, atau mengqadha shalat maghrib pada waktu shalat isya, atau mengqadha shalat isya pada waktu subuh dan seterusnya. Bahkan jikalau Anda biasa melakukan shalat tahajjud pun, lalu suatu waktu tertinggal, maka boleh diqadha shalat tahajjud tersebut sesudah subuh bahkan setelah shalat dhuha.

Intinya, untuk melakukan shalat qadha, tidak ada pembatasan waktu mesti kapan, namun hanya dilihat dari penyebab kita melakukan qadha. Seandainya penyebab shalat kita yang tertinggal ialah penyebab yang dibolehkan mirip kesiangan balasan begadang yang dibolehkan (kerja, ngaji), sakit, maka shalat qadhanya tidak wajib dijalankan pada ketika itu juga. Namun apabila meninggalkan shalatnya secara sengaja, atau alasannya kesiangan gara-gara nonton konser dangdutan, maka shalat qadha tersebut wajib dijalankan dengan segera.

Jika kita dengan sengaja memperlambat qadha tersebut, maka kita punya dosa dari segi memperlambatnya tiap hari hingga shalat qadha tersebut dibayar sehingga dosa makin bertumpuk dan bertumpuk. Na'uzubillaah. Semoga kita bisa terlindungi dari meninggalkan shalat dan selalu senantiasa bisa melaksanakan shalat fardu pada waktunya.

Bасааn nіаt mеngԛаdhа ѕhаlаt dhuhur dіwаktu аѕhаr

اصلى فرض الظهر اربع ركعات مستقبل القبلة قضاء لله تعالى

"USHALLII FARDLAZH ZHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI QADLAA-AN LILLAHI TA'AALA"

Untuk qodho sholat yang lain mirip cara mengqodho sholat ashar di waktu maghrib atau yang lainnya, nyaris sama saja niatnya. Tinggal pakai QODHOOAN saja, tanpa menyaksikan sholat tersebut dilaksanakan pada waktu kapan.

Posting Komentar untuk "Mengqadha Shalat Dhuhur Diwaktu Ashar"