Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Larangan Selfie Menjulurkan Lidah Menurut Islam

Larangan Selfie Menjulurkan Lidah Menurut Islam Larangan Selfie Menjulurkan Lidah Menurut Islam
SELFIE merupakan acara yang kini tidak mampu dihindarkan. Bukan cuma para cukup umur, orang renta pun juga masih saja ada yang melakukannya. Entah mengapa hal ini kian menjadi, seperti halnya budaya yang terus dikembangkan. Termasuk berbagai macam gaya berselfie yang beragam. Salah satunya gaya menjulurkan pengecap.
Tahukah Anda, bahwa ternyata berfose atau selfie dengan menjulurkan pengecap, sama halnya dengan anjing.  Anda pasti sudah tahu hewan yang dagingnya diharamkan dalam Islam ini bukan? dan, apakah Anda tahu mengapa anjing senantiasa menjulurkan lidahnya?
Sedikitnya ada 3 alasan anjing menjulurkan pengecap diantaranya:
1. anjing tersebut kehausan.
2. anjing tersebut kepanasan.
3. anjing tersebut sedang memberi tanda bahwa ia minta disetubuhi sang pejantan (ini dijalankan oleh anjing betina).
Jika kita kaitkan dengan orang-orang yang senang berselfie, terutama gaya menjulurkan lidah, juga menandakan ada tiga kemungkinan ia melaksanakan hal itu. Bisa jadi ia kehausan, kepanasan atau bagi seorang perempuan sedang memberi kode pada lelaki. Mengapa demikian?
Dalam salah satu hadits dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasûlullâh SAW bersabda, “Jіkа ѕеѕеоrаng dаrі kаmu ѕujud, mаkа jаngаnlаh іа turun ѕujud ѕеbаgаіmаnа mеndеkаmnуа оntа. Hеndаklаh іа mеlеtаkkаn kеduа tаngаnnуа ѕеbеlum kеduа lututnуа.”
Dalam hadis yang lain Rasulullah SAW bersabda perihal seseorang yang ibarat kebiasaan suatu kaum.
Dari Ibnu Umar berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Bаrаngѕіара mіrір ѕuаtu kаum, mаkа bеlіаu tеrgоlоng kеlоmроk mеrеkа,” (HR. Abu Dаwud, Al-Lіbаѕ, 3512. Al-Albаnу bеrkаtа dаlаm Shаhіh Abu Dаwud, Hаѕаn Shаhіh nо. 3401)
Hadits yang pertama dengan sungguh terang bahwa seorang muslim dihentikan meniru sikap binatang saat shalat. Dan pada hadis yang kedua Rasulullah SAW menyatakan apabila kita mengikuti, menjiplak kebiasaan atau sikap suatu kaum maka kita termasuk golongan atau kepingan dari kaum tersebut. Jadi, apa relevansinya?
Nah, hadits tersebut mengisyaratkan dilarangnya seseorang menjiplak perilaku binatang. Salah satunya menjulurkan lidah. Sebab, perbuatan itu senantiasa dikerjakan oleh anjing, dan pasti Anda tidak mungkin mau jika disamakan dengan anjing bukan?
Allah SWT telah menunjukkan anugerah terhadap kita berupa akal untuk berpikir. Jika memang Anda yakni pemikir yang baik, maka Anda tidak akan mungkin melakukan sesuatu mirip apa yang dikerjakan oleh binatang. Tentu, menjadi hal yang tidak layak kalau Anda mengikuti sikap binatang, yang pada dasarnya hanya mengikuti naluri dan hawa nafsu semata.
Oleh karena itu, sebagai makhluk yang berakal dan mempunyai keimanan terhadap Allah SWT, sudah sepantasnya kita tidak melakukan hal yang hina. Terutama bagi Anda kaum perempuan, akan terlihat rendah sekali harga diri Anda jika berselfie dengan gaya demikian. Sudah sepatutnya kita mempertahankan kehormatan diri, sebagai manusia yang dijadikan khalifah di wajah bumi, panutan makhluk-makhluk lain yang berada di alam semesta ini. Wallahu ‘alam

Sumber: infoislamdaily/islampos.com/selfie-julurkan-lidah-ternyata-232475

Posting Komentar untuk "Larangan Selfie Menjulurkan Lidah Menurut Islam"