Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayat-Ayat Al-Quran Ihwal Jin, Syaitan Dan Iblis

Jin, Syetan dan Iblis ialah makhluk yang namanya ini diceritakan berulang-ulang di dalam Al-Qur'an. Secara tegas dinyatakan dalam Al-Alquran bahwa "Syetan adalah MUSUH yang NYATA".

Berikut ini adalah list ayat-ayat Al-Qur'an yang mengandung kata-kata JIN, SYETAN dan IBLIS

AYAT TENTANG JIN

Jin yakni Makhluk Allah yang diciptakan oleh Allah SWT dari Api yang menyala. Mereka adalah kebanyakan pendusta, mereka menipu manusia dengan bisikan jahat dan angan-angan kosong.

Banyak insan yang disesatkan oleh jin, mereka berbohong tentang segal hal sehingga membuat manusia merasa takut, karenanya manusia terjerumus pada kesyirikan, dengan menghamba pada Jin.


Bеrіkut іnі аdаlаh ауаt-ауаt Al-Alԛurаn уаng mеngаndung kаtа JIN.

Al-An'am ayat 100
Dan mereka (orang-orang musyrik) menjadikan jin itu sekutu bagi Allah, padahal Allah-lah yang menciptakan jin-jin itu, dan mereka membohong (dengan mengatakan): "Bahwasanya Allah memiliki anak pria dan perempuan", tanpa (berdasar) ilmu pengetahuan. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari sifat-sifat yang mereka berikan.

Al-An'am Ayat 112
Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu lawan, yakni syaitan-syaitan (dari jenis) insan dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk mendustai (insan). Jikalau Tuhanmu menginginkan, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-selenggarakan.

Al-An'am ayat 128
Dan (camkan) hari diwaktu Allah menghimpunkan mereka seluruhnya (dan Allah berfirman): "Hai golongan jin, sesungguhnya kamu telah banyak menyesatkan manusia", kemudian berkatalah mitra-kawan meraka dari golongan insan: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya sebahagian dari pada kami telah mampu kesenangan dari sebahagian (lainnya) dan kami telah hingga kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami". Allah berfirman: "Neraka itulah kawasan membisu kamu, sedang kau awet di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (lainnya)". Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

Al-An'am ayat 130
Hai golongan jin dan insan, apakah belum tiba kepadamu rasul-rasul dari golongan kau sendiri, yang memberikan kepadamu ayat-ayat-Ku dan memberi peringatan kepadamu terhadap pertemuanmu dengan hari ini? Mereka berkata: "Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri", kehidupan dunia sudah mendustai mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka yaitu orang-orang yang kafir.

Al-A'raf ayat 38
Allah berfirman: "Masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan insan yang telah terdahulu sebelum kamu. Setiap sebuah umat masuk (ke dalam neraka), ia mengutuk kawannya (menyesatkannya); sehingga apabila mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu: "Ya Tuhan kami, mereka sudah menyesatkan kami, karena itu datangkanlah terhadap mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka". Allah berfirman: "Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, akan namun kau tidak mengenali"

Al-A'raf ayat 179
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) pada umumnya dari jin dan insan, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk mengerti (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (gejala kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai indera pendengaran (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu selaku binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

Hud ayat 119
Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan. (117)
Jikalau Tuhanmu mengharapkan, tentu Dia membuat insan umat yang satu, namun mereka senantiasa berselisih pertimbangan , (118) kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah membuat mereka. Kalimat Tuhanmu (keputusan-Nya) telah ditetapkan: sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) seluruhnya. (119)

Q.S. AlHijr
Dan sesungguhnya Kami sudah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. (26) Dan Kami telah membuat jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. (27)

Q.S. Al-Isra' ayat 88
Katakanlah: "Sesungguhnya bila manusia dan jin berkumpul untuk bikin yang serupa Al Alquran ini, pasti mereka tidak akan mampu bikin yang sama dengan ia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain".

Q.S. AlKahfi ayat 50
Dan (ingatlah) dikala Kami berfirman terhadap para malaikat: "Sujudlah kamu terhadap Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblіѕ. Dіа уаіtu dаrі gоlоngаn jіn, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya selaku pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka yakni musuhmu? Amat buruklah iblis itu selaku pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.

Q.S. An-Naml
Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung kemudian mereka itu dikontrol dengan tertib (dalam barisan). (17)

 Berkata Sulaiman: "Hai pembesar-pembesar (Jin), siapakah di antara kau sekalian yang sanggup menenteng singgasananya kepadaku sebelum mereka tiba kepadaku selaku orang-orang yang berserah diri". (38) Berkata 'Ifrit (yang akil) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan menenteng singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya saya betul-betul berpengaruh untuk membawanya lagi sanggup menerima amanah". (39)

Q.S. AsSajdah ayat 13
Dan kalau Kami menginginkan niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa isyarat , akan namun telah tetaplah perkataan dari pada-Ku: "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka jahannam itu dengan jin dan insan bersama-sama".

Q.S. Saba'
Dan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. (12) Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) mirip kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih. (13) Maka tatkala Kami telah memutuskan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan terhadap mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia sudah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengenali yang ghaib tentulah mereka tidak akan tetap dalam siksa yang menghinakan. (14)

Malaikat-malaikat itu menjawab: "Maha Suci Engkau. Engkaulah pelindung kami, bukan mereka; bahkan mereka telah menyembah jin; kebanyakan mereka beriman kepada jin itu". (41)

Q.S. AsShaffat
Dan mereka adakan (kekerabatan) nasab antara Allah dan antara jin. Dan sesungguhnya jin mengetahui bahwa mereka benar-benar akan diseret (ke neraka), (158) Maha Suci Allah dari apa yang mereka sifatkan, (159)

Q.S. Shad
Dan sesungguhnya Kami sudah menguji Sulaiman dan Kami jadikan (dia) tergeletak di atas kursinya selaku tubuh (yang lemah karena sakit), kemudian ia bertaubat. (34) Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". (35) Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya, (36) dan (Kami tundukkan pula kepadanya) syaitan-syaitan semuanya hebat bangunan dan penyelam, (37) dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu. (38) Inilah anugerah Kami; maka berikanlah (terhadap orang lain) atau tahanlah (untuk dirimu sendiri) dengan tiada pertanggungan jawab. (39) Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan yang akrab pada sisi Kami dan kawasan kembali yang baik. (40)

Q.S Fussilat
Dan Kami tetapkan bagi mereka teman-sahabat yang membuat mereka memandang manis apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka dan tetaplah atas mereka keputusan azab pada umat-umat yang terdahulu sebelum mereka dari jinn dan insan, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi. (25)

Dan orang-orang kafir berkata: "Ya Rabb kami perlihatkanlah terhadap kami dua jenis orang yang telah menyesatkan kami (yaitu) sebagian dari jinn dan manusia supaya kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina". (29)

Q.S. Al-Ahqaf ayat 18
Mereka itulah orang-orang yang sudah pasti ketetapan (azab) atas mereka bersama umat-umat yang telah berlalu sebelum mereka dari jin dan insan. Sesungguhnya mereka yakni orang-orang yang merugi.

Ad-Dzariyat ayat 56
 Dan saya tidak membuat jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi terhadap-Ku.


Ar-Rahman
Dia menciptakan insan dari tanah kering seperti tembikar, (14) dan Dia membuat jin dari nyala api. (15) Maka lezat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (16)

Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin. (31) Maka nikmat Tuhan kau yang manakah yang kamu dustakan? (32) Hai jama'ah jin dan insan, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (33) Maka lezat Tuhan kau yang manakah yang kau dustakan? (34) Kepada kamu, (jin dan manusia) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak mampu menyelamatkan diri (dari padanya). (35) Maka nikmat Tuhan kau yang manakah yang kamu dustakan? (36) Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak. (37) Maka lezat Tuhan kamu yang manakah yang kau dustakan? (38) Pada waktu itu insan dan jin tidak ditanya perihal dosanya. (39) Maka nikmat Tuhan kau yang manakah yang kau dustakan? (40)

Di dalam nirwana itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. (56)

Q.S. AL-Jinn
Katakanlah (hai Muhammad): "Telah diwahyukan kepadamu sebenarnya: sudah menyimak sekumpulan jin (akan Al Alquran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Alquran yang mengagumkan, (1)... dstnnya.. (Baca satu surat lengkap surat Al-Jinn - surat ke 72).

Dan bahwasanya: orang yang kurang akal dibandingkan dengan kami senantiasa menyampaikan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah, (4) dan sesungguhnya kami menerka, bahwa manusia dan jin sekali-kali tidak akan menyampaikan perkataan yang dusta terhadap Allah. (5) Dan bergotong-royong ada beberapa orang pria di antara manusia meminta tunjangan kepada beberapa pria di antara jin, maka jin-jin itu memperbesar bagi mereka dosa dan kesalahan. (6) Dan sesungguhnya mereka (jin) menyangka sebagaimana persangkaan kau (orang-orang kafir Mekah), bahwa Allah sekali-kali tidak akan menghidupkan seorang (rasul)pun, (7)


Q.S. An-Naas
Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) insan. (1) Raja manusia. (2) Sembahan insan. (3) Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, (4) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada insan, (5) dari (golongan) jin dan manusia. (6)

AYAT TENTANG IBLIS

Iblis adalah Makhluk Allah SWT dari kelompok Jin yang membangkang perintah Allah, yakni ketika Allah menyuruh untuk bersujud di hadapan Adam, Iblis menolaknya karena kesombongannya, ia merasa lebih baik dari Adam karena diciptakan dari Api. Iblis akan tetap hidup sampai hari akhir zaman tiba. Iblis dan bala tentaranya baik dari Golongan Jin dan Manusia akan terus menjerumuskan manusia semoga menempuh jalan ke Neraka.

Q.S ALBAQARAH
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu terhadap Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia tergolong golongan orang-orang yang kafir. (34)

Q.S  Al-A'RAF
Sesungguhnya Kami telah membuat kamu (Adam), kemudian Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan terhadap para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak tergolong mereka yang bersujud. (11)
Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang beliau Engkau ciptakan dari tanah". (12) Allah berfirman: "Turunlah kamu dari nirwana itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kau termasuk orang-orang yang hina". (13) Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan". (14) Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh". (15) Iblis menjawab: "Karena Engkau sudah menghukum saya tersesat, saya sungguh-sungguh akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, (16) kemudian saya akan mengunjungi mereka dari tampang dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati pada umumnya mereka bersyukur (taat). (17) Allah berfirman: "Keluarlah kau dari nirwana itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kau, betul-betul Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kau semuanya". (18)

Q.S. AlHIJR
Maka apabila Aku sudah menyempurnakan kejadiannya, dan sudah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kau kepadanya dengan bersujud. (29) Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bareng -sama, (30) kecuali iblis. Ia enggan ikut besama-sama (malaikat) yang sujud itu. (31)

Allah berfirman: "Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?" (32) Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada insan yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk" (33) Allah berfirman: "Keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kau terkutuk, (34) dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat". (35) Berkata iblis: "Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku hingga hari (manusia) dibangkitkan, (36) Allah berfirman: "(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu tergolong orang-orang yang diberi tangguh, (37) hingga hari (suatu) waktu yang sudah ditentukan, (38) Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh alasannya Engkau telah memutuskan bahwa saya sesat, tentu saya akan membuat mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di wajah bumi, dan tentu aku akan menyesatkan mereka seluruhnya, (39) kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka". (40)

Q.S. AL-ISRA'
Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kau semua terhadap Adam", lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata: "Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?" (61) Dia (iblis) berkata: "Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya kalau Engkau memberi tangguh kepadaku hingga hari akhir zaman, niscaya benar-benar akan saya sesatkan keturunannya, kecuali sebahagian kecil". (62) Tuhan berfirman: "Pergilah, barangsiapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sesungguhnya neraka Jahannam adalah balasanmu semua, selaku sebuah pembalasan yang cukup. (63) Dan hasunglah siapa yang kau sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berlangsung kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan belum dewasa dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan terhadap mereka melainkan tipuan belaka. (64) Sesungguhnya hamba-hamba-Ku, kau tidak mampu berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhan-mu selaku Penjaga". (65)

Q.S. Al-KAHF
Dan (camkan) saat Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kau terhadap Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia ialah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil beliau dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain ketimbang-Ku, sedang mereka yakni musuhmu? Amat buruklah iblis itu selaku pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim. (50) Aku tidak mendatangkan mereka (iblis dan anak cucunya) untuk menyaksikan penciptaan langit dan bumi dan tidak (pula) penciptaan diri mereka sendiri; dan tidaklah Aku mengambil orang-orang yang menyesatkan itu selaku penolong. (51)

Q.S. Thaha
Dan (camkan) saat Kami berkata kepada malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam", maka mereka sujud kecuali iblis. Ia membangkang. (116) Maka Kami berkata: "Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis) yakni musuh bagimu dan bagi isterimu, maka sekali-kali janganlah hingga ia mengeluarkan kau berdua dari surga, yang mengakibatkan kau menjadi celaka. (117) Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang, (118) dan sesungguhnya kau tidak akan merasa dahaga dan tidak (pula) akan ditimpa panas matahari di dalamnya". (119) Kemudian syaitan membisikkan anggapan jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan terhadap kau pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?" (120)

Q.S. ASSHU'ARA
dan diperlihatkan dengan terperinci neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat", (91) dan dibilang terhadap mereka: "Dimanakah berhala-berhala yang dahulu kau selalu menyembah(nya) (92) selain dari Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?" (93) Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat, (94) dan bala tentara iblis seluruhnya. (95) Mereka berkata sedang mereka berantem di dalam neraka: (96) "demi Allah: sungguh kita dulu (di dunia) dalam kesesatan yang aktual, (97) karena kita mempersamakan kau dengan Tuhan semesta alam". (98) Dan tiadalah yang menyesatkan kami kecuali orang-orang yang berdosa. (99)

Q.S. SABA'
Dan sesungguhnya iblis sudah dapat pertanda kebenaran sangkaannya terhadap mereka kemudian mereka mengikutinya, kecuali sebahagian orang-orang yang beriman. (20) Dan tidak yaitu kekuasaan iblis terhadap mereka, melainkan hanyalah biar Kami dapat membedakan siapa yang beriman terhadap adanya kehidupan darul baka dari siapa yang tidak yakin perihal itu. Dan Tuhanmu Maha Memelihara segala sesuatu. (21)

Q.S. Shad.
kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan yaitu dia termasuk orang-orang yang kafir. (74) Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang membatasi kau sujud terhadap yang sudah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?". (75) Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan ia Engkau ciptakan dari tanah". (76) Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu yaitu orang yang terkutuk, (77) Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan". (78) Iblis berkata: "Ya Tuhanku, beri tangguhlah saya sampai hari mereka dibangkitkan". (79) Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu tergolong orang-orang yang diberi tangguh, (80) sampai terhadap hari yang sudah ditentukan waktunya (hari Kiamat)". (81) Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau saya akan menyesatkan mereka seluruhnya, (82) kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka. (83)

AYAT TENTANG SYAITAN

Syaitan atau syetan ialah suatu sifat baik dari Jin dan Manusia yang menghamba pada Iblis, yakni sifat jahat untuk menentang atau membangkang atas segala perintah Allah SWT, yang timbul dari hawa nafsu. Syetan itu bisa berasal dari Golongan Jin maupun dari Golongan Manusia.

Q.S. AL-Baqarah
Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari nirwana itu dan dikeluarkan dari kondisi semula dan Kami berfirman: "Turunlah kau! sebagian kamu menjadi musuh bagi lainnya, dan bagi kau ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup hingga waktu yang ditentukan". (36)

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu ialah musuh yang faktual bagimu.(168)

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kau ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.(208)

Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kau dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan ketimbang-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui. (268)

Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak mampu berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan karena (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, yakni disebabkan mereka berkata (beropini), sesungguhnya perdagangan itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) terhadap Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (275)

Q.S. Ali Imran
Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya saya melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengenali apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak wanita. Sesungguhnya saya telah menamai ia Maryam dan aku mohon santunan untuknya serta belum dewasa keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk". (36)

Sesungguhnya orang-orang yang berpaling di antaramu pada hari bertemu dua pasukan itu, cuma saja mereka digelincirkan oleh syaitan, disebabkan sebagian kesalahan yang sudah mereka perbuat (di masa lampau) dan sesungguhnya Allah telah memberi maaf kepada mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. (155)

Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kau takut kepada mereka, namun takutlah kepada-Ku, bila kamu betul-betul orang yang beriman. (175)

Q.S. An Nisa'
Dan (juga) orang-orang yang menafkahkan harta-harta mereka karena riya terhadap manusia, dan orang-orang yang tidak beriman terhadap Allah dan terhadap hari kemudian. Barangsiapa yang mengambil syaitan itu menjadi temannya, maka syaitan itu yakni sobat yang seburuk-buruknya. (38)

Apakah kamu tidak mengamati orang-orang yang mengaku dirinya sudah beriman terhadap apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim terhadap thaghut, padahal mereka telah diperintah mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya. (60)

Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut, alasannya adalah itu perangilah mitra-mitra syaitan itu, karena sesungguhnya akal busuk syaitan itu ialah lemah. (76)

Dan apabila tiba terhadap mereka suatu isu ihwal keamanan ataupun cemas, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengenali kebenarannya (akan mampu) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). (83)

dan aku betul-betul akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan mendelegasikan mereka (memotong telinga-pendengaran binatang ternak), kemudian mereka benar-benar memotongnya, dan akan saya suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), kemudian sungguh-sungguh mereka meubahnya". Barangsiapa yang membuat syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang kasatmata. (119)

Syaitan itu memberikan janji-janji terhadap mereka dan menghidupkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak prospektif terhadap mereka selain dari tipuan belaka. (120)

Q.S. AL-Maidah
Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menjadikan permusuhan dan kebencian di antara kau lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengenang Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari melaksanakan pekerjaan itu). (91)

Q.S. Al-An'am
Maka mengapa mereka tidak memohon (terhadap Allah) dengan tunduk merendahkan diri dikala datang siksaan Kami terhadap mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras, dan syaitanpun menampakkan terhadap mereka kebagusan apa yang senantiasa mereka kerjakan.(43)

Dan apabila kamu menyaksikan orang-orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka sehingga mereka membahas obrolan yang lain. Dan jika syaitan membuat kamu lupa (akan larangan ini), maka janganlah kamu duduk bareng orang-orang yang zalim itu sehabis teringat (akan larangan itu).(68)

Dan di antara hewan ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kau mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang faktual bagimu. (142)

Q.S. Al-A'raf
Maka syaitan membisikkan asumsi jahat kepada keduanya untuk menampakkan terhadap keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: "Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)". (20)

maka syaitan membujuk keduanya (untuk menyantap buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: "Bukankah Aku sudah melarang kau berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: "Sesungguhnya syaitan itu yakni lawan yang nyata bagi kamu berdua?" (20)

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kau dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan terhadap keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya menyaksikan kau dan suatu kawasan yang kamu tidak bisa menyaksikan mereka. Sesungguhnya Kami telah membuat syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman. (27)

Dan bacakanlah terhadap mereka info orang yang sudah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami (wawasan perihal isi Al Kitab), kemudian beliau melepaskan diri dari pada ayat-ayat itu, lalu ia disertai oleh syaitan (hingga dia terpengaruhi), maka jadilah dia tergolong orang-orang yang sesat. (175)

Dan bila kau ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah terhadap Allah. (200)

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat terhadap Allah, maka ketika itu juga mereka menyaksikan kesalahan-kesalahannya. (201)

Q.S. Al- Anfal
(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kau mengantuk selaku suatu penenteraman ketimbang-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kau dengan hujan itu dan menetralisir dari kau gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu). (11)

Dan ketika syaitan membuat mereka memandang baik pekerjaan mereka dan menyampaikan: "Tidak ada seorang manusiapun yang dapat menang terhadapmu pada hari ini, dan sesungguhnya saya ini yakni pelindungmu". Maka tatkala kedua pasukan itu sudah dapat saling lihat menyaksikan (berhadapan), syaitan itu balik ke belakang seraya berkata: "Sesungguhnya saya berlepas diri daripada kamu, sesungguhnya saya dapat menyaksikan apa yang kamu sekalian tidak mampu melihat; sesungguhnya saya takut terhadap Allah". Dan Allah sangat keras siksa-Nya. (48)

Q.S. Yusuf
Ayahnya berkata: "Hai anakku, janganlah kau ceritakan mimpimu itu terhadap saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan)mu. Sesungguhnya syaitan itu yakni lawan yang nyata bagi manusia". (5)

Dan Yusuf berkata terhadap orang yang diketahuinya akan selamat diantara mereka berdua: "Terangkanlah keadaanku terhadap tuanmu". Maka syaitan membuat dia lupa menerangkan (kondisi Yusuf) kepada tuannya. Karena itu tetaplah beliau (Yusuf) dalam penjara bertahun-tahun lamanya. (42)

Dan ia memaksimalkan kedua ibu-bapanya ke atas singgasana. Dan mereka (seluruhnya) merebahkan diri seraya sujud terhadap Yusuf. Dan berkata Yusuf: "Wahai ayahku inilah ta'bir mimpiku yang dahulu itu; sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya suatu realita. Dan sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari rumah penjara dan dikala menjinjing kamu dari dusun padang pasir, setelah syaitan merusakkan (korelasi) antaraku dan saudara-saudaraku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (100)


Posting Komentar untuk "Ayat-Ayat Al-Quran Ihwal Jin, Syaitan Dan Iblis"