Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istri Abu Lahab | Tokoh Wanita Quraisy yang Memusuhi Rasulullah


Rasulullah saw memang sangatlah pantas dijadikan suri tauladan untuk seluruh umat manusia di muka bumi ini, keluhuran akhlak budi pekertinya di akui terutama oleh seluruh umat muslim khususnya maupun non muslim. Semua cercaan, hinaan dan makian yang diterimanya selalu dibalas dengan doa-doa kebaikan bagi pelakunya.

Tulisan kali ini akan sedikit mengupas tentang orang yang tidak patut untuk di contoh, yakni seorang perempuan yang sangat membenci Islam dan terutama bagi pembawanya yakni baginda Nabi Muhammad saw yakni istri Abu Lahab, yang selalu merongrong dan mengganggu perjalanan dakwah beliau semasa di Mekkah.

Untuk mengetahui pembahasan tentang Istri Abu Lahab | Tokoh wanita Quraisy yang memusuhi Rasulullah, simaklah penjelasan selengkapnya berikut ini :

Nama lengkapnya ialah Auraa' (arwa) binti Harb bin Umayyah dia adalah istri Abu Lahab, namanya yang terkenal yang selalu melekat disebutkan padanya yaitu Ummu Jamil. Dia merupakan salah satu wanita yang terkenal di kalangan suku Quraisy karena ia memang termasuk salah satu tokoh perempuan Quraisy yang cukup punya pengaruh.

Biografi singkatnya (Ummu Jamil) istri Abu Lahab, berikut ini :

Nama ayah : Harb ibn Umayyah,
Nama anak : Utbah bin Abu Lahab dan Utaybah bin Abu Lahab,
Nama saudara kandung : Abu Sufyan,
Kakeknya : Umayyah bin 'Abd asy Syams.
Keponakan perempuan : Ramlah binti Abu Sufyan, mariam Umm Al Hakam binti Abu Sufyan
Keponakan laki-laki : Mu'awiyah bin Abu Sufyan, Yazid bin Abu Sufyan dan Utbah bin Abu Sufyan

Jika dilihat dari keturunan, maka istri Abu Lahab (Ummu Jamil) adalah dari keturunan Bani Umayyah, yang kelak dari keponakannya sendiri menjadi seorang khalifah pertama dari Dinasti Bani Umayyah yakni Mu'awiyah bin Abu Sufyan suatu kekhalifahan Islam setelah berakhirnya khulafaurrasyidin, yaitu setelah Hasan bin Ali bin Abi Thalib menyerahkan kekuasaan pada Mu'awiyah bin Abu Sufyan.

Karena istri Abu Lahab (Ummu Jamil) sebagai salah satu tokoh perempuan Quraisy, maka apa yang dilakukannya akan mudah di ingat oleh masyarakat dan tangan-tangan para sejarawan yang akan mencatat segala  tindak tanduk segala perbuatannya. Akibat tindakan keras dan rasa bencinya terhadap Nabi Muhammad saw dan agama Islam, maka Allah menurunkan surat Al Lahab, yang ditujukan untuk dirinya dan suaminya (Abu Lahab), yang berbunyi :

Artinya : Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa, tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. kelak dia akan masuk dalam api yang bergejolak. Dan begitu pula istrinya, pembawa kayu bakar yang di lehernya ada tali sabut. (Qs. Al Lahab : 1-5)

Menurut Ibnu Ishak, pada saat istri Abu Lahab (Ummu Jamil) mendengar Surat Al Lahab mengenai dirinya dan suaminya, dia segera mendatangi Nabi Muhammad saw dengan membawa segenggam batu kepada Rasulullah saw yang lagi duduk bersama Abu Bakar ra di samping bangunan Ka'bah.

Pada saat istri Abu Lahab sudah mendekati lokasi Nabi saw, ia tidak bisa melihat Nabi saw, Allah swt membutakan matanya sehingga yang dilihat hanya ada Abu Bakar ra saja. Dengan suara kesal dia bertanya : Abu Bakar dimana temanmu itu? saya dengar dia mengejek saya. Demi Allah kalau saja bertemu dia akan kupukul dia dengan batu ini. Demi Allah aku akan menjadi seorang penyair.

Kemudian dia bersyair : Aku durhaka kepada pencela dan aku tidak mau agamanya.

Setelah istri Abu lahab (Ummu Jamil) pergi lalu Abu Bakar bertanya kepada Nabi saw. Rasulullah! apakah tuan tidak melihat dia ketika dia melihat tuan? Rasulullah menjawab : Dia tidak bisa melihat saya, Allah memalingkan matanya dari saya.

Istri Abu Lahab terus menerus melakukan penentangan terhadap dakwah Rasulullah saw dengan berbagai cara, yang sebenarnya istri Abu Lahab itu masih ada kaitan tali keluarga yakni masih bibinya dan Abu Lahab itu paman Nabi saw, bahkan mereka ini merupakan mertua Nabi saw karena putri Nabi yakni Ummu Kulsum dan Ruqayah dinikahi oleh kedua putra mereka.

Tapi karena rasa kebencian yang sangat, maka putra-putranya diperintahkan untuk memutuskan hubungan yakni menceraikan putri-putri Rasulullah saw. Dengan adanya kejadian ini maka Rasulullah saw merasa sangat terpukul.

Itulah cerita mengenai istri Abu Lahab yang tidak patut untuk di contoh dalam kehidupan, karena kebencian dan kerasnya dalam menentang Nabi Muhammad saw beserta ajaran agama Islam, maka Tuhanpun mengabadikan kisahnya dalam Al Quran dengan ancaman hukuman berupa azab siksaan. Bahkan dikatakan dia kelak akan membawa kayu bakar dan dilehernya ada tali dari sabut.

Demikianlah bahasan tentang Istri Abu Lahab | Tokoh wanita Quraisy yang memusuhi Rasulullah, semoga kisah ini memberikan perenungan untuk generasi dimasa kini dan dimasa yang akan datang, dan biasanya ketika Allah swt kabarkan kisah-kisah tentang orang-orang terdahulu dalam kitab Al Qur'an, kejadian seperti itu akan terulang kembali dimasa yang akan datang di waktu yang berbeda.

Dari berbagai sumber
Wallaahu a'lam

Posting Komentar untuk "Istri Abu Lahab | Tokoh Wanita Quraisy yang Memusuhi Rasulullah"