Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Kandungan Surat Az-Zariyat Ayat 56


Manusia dan seluruh alam semesta yang telah Allah Swt ciptakan ini tidaklah berupa hal yang sia-sia, akan tetapi punya maksud dan tujuan yang sebenarnya. Salah satu di antara tujuan diciptakannya manusia beserta makhluk dari Jin ini adalah agar mereka beribadah kepada Allah Swt. Akan tetapi manusia dan Jin ini diberikan nafsu dan akal pikiran sehingga bisa menjadi makhluk yang salih dan juga bisa kufur.

Berikut isi kandungan surat az-Zariyat ayat 56 selengkapnya.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ ٥٦ ( الذّٰريٰت/51: 56)

Terjemahan Ayat

"Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku. (Az-Zariyat/51:56)

Tafsir Penjelasan Ayat

Pada Ayat ini menegaskan bahwa Allah tidaklah menjadikan jin dan manusia melainkan untuk mengenal-Nya dan agar menyembah-Nya. Dalam kaitan ini Allah swt berfirman:

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوْٓا اِلٰهًا وَّاحِدًاۚ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۗ سُبْحٰنَهٗ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ ٣١

Artinya : Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada tuhan selain Dia. Mahasuci Dia dari apa yang mereka persekutukan. (Qs. at-Taubah/9: 31)

Pendapat tersebut sama dengan pendapat az-Zajjaj, tetapi ahli tafsir yang lain berpendapat bahwa maksud ayat tersebut ialah bahwa Allah tidak menjadikan jin dan manusia kecuali untuk tunduk kepada-Nya dan untuk merendahkan diri. Maka setiap makhluk, baik jin atau manusia wajib tunduk kepada peraturan Tuhan, merendahkan diri terhadap kehendak-Nya. 

Menerima apa yang Dia takdirkan, mereka dijadikan atas kehendak-Nya dan diberi rezeki sesuai dengan apa yang telah Dia tentukan. Tak seorang pun yang dapat memberikan manfaat atau mendatangkan mudarat karena kesemuanya adalah dengan kehendak Allah.

Ayat tersebut menguatkan perintah mengingat Allah swt dan memerintahkan manusia agar melakukan ibadah kepada Allah swt. (Az-Zariyat/51:56)

Sumber : al-Quran kemenag  

Posting Komentar untuk "Isi Kandungan Surat Az-Zariyat Ayat 56"